Wisata Indonesia

Hutan Pinus Poncosumo Surga Wisata Alam nan Cantik di Lumajang

Hutan Pinus Poncosumo destinasi dengan panorama keindahan alam yang memukau, terletak di Desa Sumberwuluh. Tepatnya di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Wisata hutan ini menawarkan pesona alam yang menakjubkan bagi para pecinta alam yang haus petualangan.

Dibuka pertama kali pada momen Natal 2023 dan Tahun Baru, Hutan Pinus Poncosumo langsung ramai dikunjungi oleh wisatawan. Lokasinya yang mudah dijangkau, bahkan dengan kendaraan pribadi, menjadi salah satu faktor yang menarik minat pengunjung.

Artikel menarik lainnya: Menjelajahi Keindahan Alam di Taman Wisata Lyza Stabat

Daya Tarik  Hutan Pinus Poncosumo

Ketika memasuki hutan ini, pengunjung akan disambut oleh deretan pohon pinus yang menjulang tinggi, menciptakan pemandangan yang begitu memesona dan mempesona. Udara segar dan sejuk menyelimuti kawasan ini, berkat rindangnya pepohonan dan gemericik air sungai yang mengalir di tengah hutan.

Salah satu daya tarik utama Hutan Pinus Poncosumo adalah aliran sungai yang melintasi hutan yang bikin tempat ini menarik untuk bermain air dan bersantai. Wisatawan bisa piknik di tepi sungai sambil menikmati keindahan alam sekitar. Beberapa warung makan juga telah tersedia di lokasi untuk memenuhi kebutuhan kuliner para pengunjung.

Berbagai aktivitas menarik dapat dilakukan di Hutan Pinus Poncosumo, seperti berkemah, berfoto di spot-spot indah, bermain air di sungai yang jernih, dan menjelajahi kecantikan hutan pinus dengan berjalan kaki atau bersepeda. Bagi para yang suka alam terbuka, berkemah di tengah hutan pinus menjadi pengalaman yang sangat menarik.

Berikut ini daya tarik wisata di hutan ini.

  1. Area camping ground yang telah disediakan memungkinkan pengunjung untuk mendirikan tenda dan menikmati malam yang tenang di bawah bintang-bintang.
  2. Hutan Pinus Poncosumo juga menawarkan spot-spot foto yang instagramable tersebar di seluruh hutan. Sehingga wisatawna bisa mengabadikan momen-momen berharga mereka.
  3. Kalau wisatawan mau menyegarkan diri, sungai yang mengalir di tengah hutan menawarkan kesempatan untuk bermain air dan merasakan kesegaran alam. Airnya yang jernih dan sejuk akan membuat siapa pun merasa rileks dan terhindar dari stres.
  4. Bisa menjadi tempat menjelajahi keindahan alam dengan berjalan kaki atau bersepeda. Aktivitas ini memungkinkan pengunjung untuk lebih dekat dengan alam dan menikmati keindahan hutan pinus secara langsung.

Biaya Berkemah Hutan Pinus Poncosumo

Keistimewaan Hutan Pinus Poncosumo adalah bisa berkemah di tengah hutan. Wisatawan bisa membawa tenda sendiri atau menyewa tenda yang telah disediakan oleh pengelola.

Tarifnya hanya Rp 10.000 per tenda, atau Rp 65.000 untuk menyewa tenda yang dilengkapi dengan matras dan perlengkapan keamanan.

Ingat, para wisatawan haru menjaga kebersihan selama berkunjung. Pengelola telah berupaya untuk menjaga kebersihan dengan mengadakan pengelolaan sampah melalui Bank Sampah Desa Sumberwuluh. Oleh karena itu, pengunjung diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mematuhi peraturan yang berlaku.

Alamat Hutan Pinus Poncosumo

Lokasinya berada di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB, kecuali pada Sabtu malam dan Minggu, ketika jam buka diperpanjang hingga pukul 21.00 WIB.

Jadi, kalau mau melihat keindahan alam yang luar biasa dan menikmati ketenangan yang hanya bisa ditemukan di tengah hutan, datanglah dan kunjungi Hutan Pinus Poncosumo. Datanglah pada pagi atau sore hari, saat cuaca tidak terlalu panas, sehingga bisa menikmati semua keindahan yang ditawarkan.

Artikel menarik lainnya: Merasakan Keceriaan di Wisata Rita Park Tegal Wisata Rekreasi untuk Semua Umur

One thought on “Hutan Pinus Poncosumo Surga Wisata Alam nan Cantik di Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *