Fri. Apr 12th, 2024
    Dimana Provinsi Letak Wisata Alam Raja AmpatDimana Provinsi Letak Wisata Alam Raja Ampat

    Dimana Provinsi Letak Wisata Alam raja ampat? Kepulauan Raja Ampat adalah kumpulan empat gugusan pulau yang saling dekat dan letaknya di bagian barat Kepala Burung (Vogelkoop) di Pulau Papua. jika dilihat dari segi administrasi, gugusan pulau ini masuknya ke Kabupaten Raja Ampat, di Provinsi Papua Barat.

    Keempat gugusan pulau ini dinamakan sesuai dengan pulau terbesarnya, antara lian: Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, sama Pulau Batanta.

    Mitos dan Latar Belakang Sejarah Wisata Alam Raja Ampat

    Munculnya Raja Ampat cerita mitosnya adalah ada seorang perempuan yang menemukan tujuh telur. Nah, empat butir telur sudah menetas menjadi empat pangeran yang akhirnya terpisah. Mereka menjadi raja di Waigeo, Salawati, Misool Timur, dan Misool Barat. Sementara itu, tiga butir telur lainnya berubah jadi hantu, seorang perempuan, dan sebuah batu.

    Seiring berjalannya waktu, wilayah Raja Ampat dihuni sama orang-orang bangsawan yang mdngikuti sistem adat Maluku. Dalam sistem ini, masyarakatnya diatur oleh para raja. Setelah kelima kesultanan Islam di Maluku berdiri, Raja Ampat diklaim menjadi bagian dari Kesultanan Tidore. Ketika Kesultanan Tidore dikalahkab Belanda, Kepulauan Raja Ampat diklaim masuk wilayah Hindia-Belanda.

    Dari Sorong ke Raja Ampat Naik Apa?

    Apabila mau ke Kepulauan Raja Ampat, lebih mudah dari Bandara Frans Kaisiepo Biak. Tapi sebelumnya, harus naik pesawat dulu ke Kabupaten Sorong lewat Kota Jayapura. Nah, setelah sampe di Kabupaten Sorong, wisatawna bisa melanjutkan perjalanan ke Kepulauan Raja Ampat naik kapal laut atau pesawat perintis.

    Berangkat Memakai Penerbangan ke Raja Ampat dari Kota Sorong

    Wisatawan yang mau terbang ke Kota Waisai, ada dua maskapai yang bisa dipilih, yaitu Wings Air dan Susi Air. Keduanya nyediain penerbangan ke sana.

    Penerbangan biasanya langsung dari Bandara Domine Eduard Osok, Sorong ke Bandara Marinda Raja Ampat. Jaraknya juga tidak terlalu jauh, hanya sekitar 69 km. Jadi, bisa disimpulkan naik pesawat bisa lebih cepat sampai tujuan.

    Harga tiket pesawat dari Sorong ke Raja Ampat juga tidak terlalu mahal. Sekitar 750 ribu rupiah per orang. Jadwalnya tergantung cuaca, jadi mending tanya langsung ke kantor maskapainya untuk memesan tiketnya.

    Sorong ke Wisata Alam Raja Ampat Menggunakan Kapal Ferry

    Jika wisatawan mau menaiki kapal feri, harus dari bandara dulu ke Pelabuhan Sorong. Perjalanan dari Sorong ke Raja Ampat biasanya butuh sekitar 2 jam dengan kapal feri.

    Pelabuhan berada tidak terlalu jauh dari bandara Sorong, cuma sekitar 10 menit perjalanan. Tetapi bisa menaiki angkot trayek A atau B, atau pake taksi.

    Soal harga tiket kapal feri Sorong – Raja Ampat, kelas ekonominya sekitar Rp 100 ribu. Kalau mau  kelas VIP, ongkosnya sekitar Rp 215 ribu rupiah. Jika lebih cepet, bisa naik kapal feri cepat dengan harga tiket mulai dari Rp 130 ribu.

    Jadwal keberangkatan biasanya terdapat dua kali jadwal keberagkatan, jam 09.00 dan jam 14.00 buat Senin sampai Jumat. Sedangkan hari Sabtu, jadwalnya jam 09.00 dan jam 12.00.

    Artikel menarik lainnya: Yacht Charter Raja Ampat Indonesia Libur Mewah dengan Kapal Pesiar

    Daya Tarik Ekosistem Laut Wisata Raja Ampat

    Seperti diketahui Raja Ampat itu mempunyai empat pulau, yaitu Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Penduduk kebanyakan menjadi nelayan. Nah, yang bikin Raja Ampat jadi indah adalah alam dan ekosistem lautnya yang terjaga. Raja Ampat disebut salah satu dari 10 perairan terbaik di dunia, termasuk spesies lautnya, mencapai 75% dari seluruh dunia!

    Data tarik tempat menyelam yang terkenal di Raja Ampat, seperti Kabui Passage, Dermaga Pulau Arborek, Sauwandarek, Yenbuba, Dinding Friwen, dan masih banyak lagi. Keren banget, deh, keindahan bawah lautnya. Makanya, banyak turis asing yang pengen banget ke Indonesia buat liat pemandangan bawah lautnya yang memikat.

    Tidak hanya itu, pemandangan di atas air juga enggak kalah keren. Terdapat pulau-pulau batu yang kelilingin air biru, jika dilihat dari atas bukit, pemandangannya seperti surga. Wisatawan yang mau menikmati pemandangan harus memiliki fisik kuat untuk trekking ke puncak bukitnya. Jangan sampai terletawat kesempatan buat mampir ke Raja Ampat.

    Demikian artikel tentang Dimana Provinsi Letak Wisata Alam raja ampat. Raja Ampat memiliki luas 4,6 juta hektar laut dan daratannya. Di alamnya terdapat sekitar 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, dan ribuan spesies lainnya yang tinggal di sana. Selain itu, pantai-pantainya indah, pasir putih halus, dan ebing-tebing tinggi yang menakjubkan.

    Artikel menarik lainnya: Pantai Teluk Asmoro Malang Rekomendasi Tempat Liburan Seperti Raja Ampat

    4 thought on “Dimana Provinsi Letak Wisata Alam Raja Ampat?”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *