Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Wisata Indonesia

Destinasi Wisata Santorini Yunani, Objek Wisata Letusan Vulkanik, Keindahan Pantai, dan Desa yang Unik

Keindahan abadi Wisata Santorini Yunani berhasil menarik ribuan pengunjung setiap tahun. Sehingga tidak heran jika pulau ini menjadi salah satu tujuan wisata teratas di dunia. Lanskap vulkaniknya yang unik, tebing terjal, kondisi alam dan pantai yang indah dikombinasikan dengan sejarah dan tradisinya yang kaya membuat Santorini menjadi tujuan utama wisata Yunani.

Santorini menjadi berbentuk bulan setengah ketika terjadi letusan gunung berapi yang pada 1.650 SM. Adapun penyebutan resmi Santorini itu bernama Thira. Pada zaman dahulu, faktanya, sebuah mitos menceritakan bahwa Santorini muncul dari laut dengan cara yang ajaib.

Namun, letusan gunung berapi yang bergitu besar membuat setengah pulau menghilang, permukiman Minoa Akrotiri tertutup abu. Dampak letusan mencapai pantai utara Kreta dan menghancurkan kota-kota Minoa di sana, termasuk Istana Knossos yang begitu terkenal.

Gunung berapi Santorini tetap aktif dan letusan masih terjadi selama berabad-abad. Yang terakhir adalah ketika pulau-pulau vulkanik kecil muncul dari dasar kaldera tahun 1956. Pulau kecil Nea Kameni muncul, tepat di seberang desa kaldera. Gunung berapi ini dapat dikunjungi dengan perahu atau wisata jet ski dan wajib didatangi di Santorini.

Daya Tarik Wisata Santorini Yunani

Hal yang paling menakjubkan tentang Santorini adalah arsitektur bangunan tepat di tepi kaldera. Desa-desa yang indah ini membedakan rumah-rumah dari gua erupsi, jalan-jalan beraspal, gereja-gereja yang indah dan terutama pemandangan Laut Aegea yang menakjubkan.

Faktanya, arsitektur pulau yang luar biasa menjadikannya lokasi yang bagus untuk parkour, olahraga baru yang mengesankan ini. Dari Oia, wisatawan akan menikmati matahari terbenam paling romantis dalam hidup Anda, dengan matahari berwarna oranye yang terbenam ke laut. Karena suasana tersebut, Santorini telah menjadi tempat pernikahan yang populer dan sekaligus tujuan bulan madu.

Keindahan destinasi wisata Santorini Yunani telah menginspirasi banyak penulis dan seniman serta pembuat film memilih pulau ini untuk syuting film mereka. Banyak orang juga meyakini adanya hubungan antara pulau Santorini dan Atlantis, walaupun teori ini diyakini sebagai mitos saja.

Selain berkeliling di desa-desa kaldera, yang juga patut dikunjungi di Santorini adalah pantai-pantai indah di sisi selatan pulau, termasuk Pantai Merah, Kamari, dan Perissa, dan elah berkembang menjadi kawasan resor pantai yang besar.

Mengapa Harus Mengunjungi Wisata Santorini Yunani?

Santorini adalah destinasi wisata paling terkenal di Yunani dan menjadi tujuan musim panas nomor satu di seluruh dunia. Keindahan pulau ini tidak ada bandingannya dengan kaldera yang menakjubkan dan hasil letusan gunung berapi berabad-abad yang lalu. Sehingga menghasilkan pemandangan laut paling menakjubkan sejauh mata memandang.

Selain itu, desa-desa yang dibangun dengan garis arsitektur Cycladic yang bersih dan sederhana, situs kuno yang penting, gereja kubah biru tradisional, dan pantai pasir hitam, membuat kedatangan ke Santorini sebagai pengalaman yang pasti diingat seumur hidup.

Mengapa Santorini menjadi destinasi wisata Yunani yang harus dikunjungi, berikut penjelasannya:

  • Wisata pulau yang terkenal: Tujuan liburan yang paling terkenal dan hotel-hotel di Santorini yang terkenal tidak ada bandingannya.
  • Keindahan yang unik: Pulau ini terkenal di seluruh dunia karena alasan keindahannya yang menakjubkan dan salah satu tempat paling spektakuler di dunia.
  • Cuaca sering cerah: Cuaca hangat dan cerah dari Mei hingga Oktober. Sedangkan, pada musim dingin cukup sejuk.
  • Desa tradisional: Desa Santorini sebagian besar dibangun di tepi tebing besar yang menawarkan pemandangan laut yang menakjubkan. Rumah-rumah bercat putih, gereja berkubah biru dan gang-gang sempit beraspal adalah karakteristik arsitektur tradisional nan cantik.
  • Destinasi Santorini terletak dalam jarak yang relatif dekat dengan pulau-pulau Yunani lainnya. Semua terkait dengan baik bisa didatangi dengan feri. Rute paling populer dari Santorini adalah ke Mykonos, Kreta dan Paros.
  • Gunung Berapi yang masih aktif: Orang tertarik datang ke tempat ini karena keberadaan Gunung Berapi yang masih aktif. Selain itu, destinasi yang tidak boleh dilewatkan adalah Situs Kuno Akrotiri.
  • Tempat wisata Yunani yang mudah dikunjungi: Santorini memiliki Bandara Internasional dan juga dapat dicapai dengan feri dari Athena dan pulau-pulau lain di Laut Aegea.

Wisata menarik lainnya: Penginapan dan Sewa Kapal di Taman Laut Bunaken

Di manakah lokasi Destinasi Wisata Santorini?

Letaknya berada di sisi selatan laut Aegea, di wilayah pulau Cyclades, antara pulau Ios dan Anafi. Bagi Anda yang ingin berwisata ke sana waktu terbaik untuk mengunjungi Santorini antara bulan April dan Oktober.

Santorini adalah sebuah pulau kecil tetapi ada banyak hal untuk dilihat, destinasi wisata desa dan pantai. Berkunjunglah 2 hingga 5 hari di pulau itu.

Tahukah Anda secara Geografi, Santorini terdiri dari kepulauan setengah lingkaran pulau vulkanik yang terletak di Laut Aegea selatan. Dalam bahasa Yunani, Santorini juga dikenal sebagai Thira atau Thera.

Luas pulau ini adalah 96 km persegi, sedangkan garis pantai di sekitar pulau membentang hampir 69 km. Ibukota Santorini adalah Fira dan seluruh penduduknya sekitar 13.500 orang.

Demikian penjelasan mengenai Destinasi Wisata Santorini, sebagai objek wisata yang paling terkenal di Yunani. Pergilah liburan dan jangan lupa bahagia hari ini.

Artikel menarik lainnya: Tempat Wisata di Tomohon Dari Valentine Hills Hingga Pasar Extreme

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close