Wed. May 15th, 2024
    Desa Wisata Tanah Kuning KaltaraDesa Wisata Tanah Kuning Kaltara

    Desa wisata Tanah Kuning berada di Kecamatan Tanjung Palas Timur, Bulungan. Destinasi ini meraih penghargaan sebagai juara harapan dalam kategori suvenir pada malam penganugerahan Desa Wisata (ADWI) 2023.

    Prestasi ini merupakan pencapaian luar biasa bagi Desa Tanah Kuning. Lalu, diharapkan menjadi inspirasi bagi desa-desa wisata lainnya di Kalimantan Utara sebagai potensi pariwisata.

    Penghargaan yang diterima oleh Desa Tanah Kuning dalam kategori suvenir adalah bukti nyata dari komitmen masyarakat setempat. Salah satu daya tarik utama desa ini adalah suvenir berupa yang pembuatannya sangat rumit.

    Artikel menarik lainnya: Teras Bali Menikmati Kuliner dengan Sensasi Pulau Dewata di Pekalongan

    Daya Tarik Desa Wisata Tanah Kuning Kaltara

    Pengelolaan daya tarik suvenir dari masyarakat Desa Tanah Kuning telah dilatih dari Dinas Pariwisata Kalimantan Utara. Nantinya diharapkan Bisa menunjukkan betapa pentingnya peran desa wisata dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan pengelolaan pariwisata yang berkelanjutan.

    Selain suvenir, Desa Tanah Kuning memiliki daya tarik lain. Wisata pantai di desa ini selalu ramai dikunjungi setiap akhir pekan.

    Desa Tanah Kuning menjadi destinasi utama rekreasi akhir pekan bagi penduduk Ibukota Provinsi Kalimantan Utara. Sehingga, dapat menikmati keindahan pantai dan laut. Desa wisata ini menawarkan berbagai jenis homestay yang berlokasi di tepi pantai dengan harga beragam.

    Kehidupan masyarakat Desa Tanah Kuning berpusat di sepanjang pantai, yang merupakan salah satu tepi dari Laut Sulawesi. Potensi wisata di desa ini juga mencakup Makam Kramat yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

    Pantai yang digunakan oleh masyarakat setempat sebagai tempat untuk beraktivitas sebagai nelayan. Mereka juga mengadakan acara tahunan pesta pantai yang dikenal dengan nama Mappandre Tassi.

    Desa Tanah Kuning sedang mengembangkan manajemen pengelolaan wisata serta pengembangan arah wisata desa ke depan. Pembangunan wahana pantai, homestay, cafe, restoran di tepi pantai adalah bukti nyata dari komitmen tokoh-tokoh masyarakat desa.

    Alamat Desa Wisata Tanah Kuning Kaltara

    Bagi wisatawan yang mau datang Desa Tanah Kuning, ada dua jalur yang dapat ditempuh. Antara lain: Jalur darat dari ibu kota Provinsi Kalimantan Utara, Tanjung Selor, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Sementara itu, wisatawan dari jalur laut memulai perjalanan dari Kota Tarakan, yang hanya memakan waktu sekitar 1,5 jam.

    Desa Wisata Tanah Kuning Kaltara telah membuktikan destinasi lokal yang menarik dengan potensi pariwisata yang menarik. Penghargaan ADWI 2023 yang mereka terima adalah pengakuan atas dedikasi dan kerja keras mereka dalam pariwisata lokal.

    Artikel menarik lainnya: Elite Park Zoo Serang Tempat Wisata Kebun Binatang Mini Edukasi Bagi Anak-Anak

    2 thought on “Desa Wisata Tanah Kuning Kaltara Sebagai Peraih Juara Harapan ADWI 2023”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *