Sat. Apr 20th, 2024
    Foto Desa Wisata Sanankerto di Malang. Sumber IG @https://jadesta.kemenparekraf.go.id/Foto Desa Wisata Sanankerto di Malang. Sumber IG @https://jadesta.kemenparekraf.go.id/

    Desa wisata Sanankerto di Malang ini merupakan wilayah yang memiliki kelebihan 115 jenis bambu. Juga arboretum terbesar di Indonesia yang menjadi daya tarik utama.

    Koleksi jenis bambu  di Ekowisata Boonpling Malang menjadi modal utama Desa Sanankerto untuk menarik  wisatawan. Selain itu, Boonpring juga memiliki danau buatan yang di antara pepohonan bambu.

    Desa Wisata Sanankerto merupakan salah satu dari 50 Desa Wisata Terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Desa Wisata adalah program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

    Prestasi Ekowisata Boonpring di Desa Wisata Sanankerto Malang

    Mengutip Kompas.com, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kerto Rajarjo di Desa Sanankerto, Kecamatan Tureng, Kabupaten Malang, Jawa Timur berpartisipasi dalam Upacara Penghargaan Kepemimpinan Pembangunan Pedesaan dan Pemberantasan Kemiskinan (RDPE) ASEAN ke-5 atau Rural Development Received Leadership Penghargaan, Pengentasan Kemiskinan ASEAN ke-5.

    Penghargaan diberikan untuk Usulan Layanan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Jawa Timur dalam  Percepatan Pemulihan dan Penguatan Program ASEAN untuk Pembangunan Pedesaan Berkelanjutan dan Pengentasan Kemiskinan, atas Mengembangkan wisata Boonpring di desa itu.

    Penghargaan diserahkan pada Kamis (12 Mei 2022) langsung Kepada Kepala Desa Sanankerto di Wisata Boonpring Hal yang membuat desa ini istimewa adalah terdapat 115 jenis bambu  di kawasan wisata Boonpling. Bmbu berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dan beberapa jenis  berasal dari luar negeri, seperti Jepang dan China.

    Wisata Boonspring tidak hanya menawarkan keindahan  pohon bambu, tetapi juga wahana seperti kolam renang, spot selfie dan danau buatan.

    Sekilas Tentang Desa Wisata Sanankerto di Malang

    Didirikan pada tahun 2017, BUMDes Kerto Raharjo  memiliki berbagai unit usaha yang berkembang dan bermanfaat bagi penduduk setempat. Salah satu bidang usahanya adalah destinasi wisata Boon Pring yang  dikunjungi ribuan wisatawan setiap harinya.

    Selain itu, terdapat unit usaha grosir sembako, koperasi karyawan, Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS 3R), biokonversi lmbah organik, event organizer dan agen BRILink.

    Unit usaha ini dapat menampung 110 karyawan. 42  di antaranya adalah karyawan tetap dan sisanya adalah pekerja lepas. Pekerja Freelance artinya  datang sesuai  jadwal kerja, jadi dia bekerja setiap hari.  Selain pekerja perumahan, tempat wisata Boon Pring yang dikelola BUMDes Kerto Raharjo ini menyediakan tempat usaha yang menjual makanan bagi warga desa.

    Artikel menarik lainnya: Travel Jogja Surabaya Via Tol dan Terdekat Terbaik Serta Pilihan Mobil Hiace

    Daya Tarik Hutan Bambu Desa Sanankerto

    Keindahan Boon Pring Andeman atau Hutan Bambu di desa Sanankerto dengan lebih dari 115 jenis bambu. Lokaisnya cukup cantik menjadi spot foto. Uniknya.

    Bambu yang menjadi ciri khas desa ini memiliki nilai kreatif. Warga memanfaatkan bambu yang ada sebagai oleh-oleh dan oleh-oleh khas desa Sanankerto. Souvenir dibuat dari bambu. Selain itu, ada juga  batik dengan corak yang bagus.

    Artikel menarik lainnya: Pantai Kondang Merak 2022 Tempat Wisata di Pantai Laut Lepas

    2 thought on “Desa Wisata Sanankerto Malang Destinasi Ekowisata Boonpring Potensi 115 Spesies Bambu”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *