Sat. May 25th, 2024
    Desa Wisata Pulesari Jogja. Sumber IG @desawisatapulesariDesa Wisata Pulesari Jogja. Sumber IG @desawisatapulesari

    Desa Wisata Pulesari adalah desa yang dikembangkan dari dari potensi lokal yang dimiliki oleh masyarakat. Mereka mengenalkan ragam budaya, pesona alam, kuliner, nilai sejarah, dan budaya yang dikelola dalam daya tarik wisata.

    Tempat yang bisa menjadi destinasi liburan dnegan beraneka ragam aktivitas rekreasi. Desa Pulelesari adalah salah satu desa wisata yang paling banyak dikunjungi di Wonokerto. Pengunjung juga bervariasi, mulai dari anak -anak hingga orang dewasa serta lanjut usia.

    Pada tahun 2018u, Desa Wisata Pulesari emperoleh Juara I Festival Desa Wisata Kategori Mandiri Kabupaten Sleman.  Potensi alam dan budaya menjadi unggulan dengan cuaca yang sejuk ala desa-desa sauna kaki gunung dan udara yang bersih.

    Daya Tarik yang ditawarkan Desa Wisata Pulesari Jogja dengan Wisata Budaya Lokal

    Wisata Budaya adalah manifestasi dari sebuah desa yang selalu menjaga nilai-nilai yang berlaku pada masyarakat. Kegiatan melibatkan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada. Sehingga keberadaan desa wisata ini dapat diketahui dan diakui masyarkat luas dan membuat wisatawan datang dan menikmati suasana pedesaan.

    Wisatawan akan dikelakna nilai budaya lokal, dari Tarian, Kerajinan, Kuliner, dan Wisata Keluarga dengan keramahan penduduk lokal.

    Wisatawan yang datang dapat memetik salak dari pohon sendiri dan makan di kebun. Selain itu, bisa membeli salak untuk oleh-oleh. Kunjungan ke taman adalah bahwa wisatawan mengetahui budidaya Salak Pondoh dan cara pemeliharaan agrobisnis di perkebunan.

    Desa Wisata Pulesari telah berdiri sejak 2012, dengan mengembangkan ide-ide kreatif dalam mengolah mengolah Salak karena sebagai potensi agrowisata. Masyarakat membuat Salak dengan beragam olahan, seperti dodol Salak, Wingko, Bakpia, Peserta, Nastar, Bakwan, kolak, dan lainnya.

    Merasakan Outbond di Desa Wisata Pulesari

    Kondisi alam pedesaan di Pulesari memiliki wahana outbound yang disenangi pengunjung yang datang biasanya, secara rombongan atau sekeluarga. Namun, tak jarang ada yang datang perorangan.

    Pengunjung dapat menikmati keindahan alam pedesaan dengan mengikuti aliran sungai yang sangat menarik. Ainya mengalir dari Gunung Merapi sehingga membuat suasana yang menarik di lokasi wisata pedesaan ini.

    Pengunjung bisa memilih paket outbond, seperti fun fime, treking, sampai ke wisata sungai. Kegiatan yang umumnya diminati adalah river treking. Wisatawan dibawa menyusuri sungai yang masih alami melewati titian bambu, jembatan goyang, spiderman web, tangkap air, hingga air terjun dan gua.

    Mengunjungi Goa-Goa sebagai Wisata Sejarah

    Pengunjung juga bisa meraskaan nilai wisata sejarah di Desa Pulesari, dengan mendatangi goa-goa di sana. Ada setidaknya 8 goa bersejarah, seperti, hoa Goa Dampar, Goa Canguk, Goa Grenjeng, Goa Wayang, Goa Gedhe, Goa Ular, Goa Bedhog dan Goa Leri.

    Harga Tiket Masuk Desa Wisata Pulesari

    Paket wisata berbeda dan sesuai dengan keinginan pengunjung. Adapun harganya, sebagai berikut:

    • Paket Tradisi 1 Rp. 55.000
    • Tradisi 2 Rp. 75.000
    • Paket Tradisi 3 Rp. 95.000
    • Tradisi 4 Rp. 105.000

    Pengunjung bisa datang dari pagi yang dibuka pada hari Senin – Jumat dari pukul 07.00-17.00 wib. Sedangkan pada hari Sabtu-Minggu selama 24 jam.

    Menariknya, wisatawan bisa menginap dengan harga bervariasi yang menawarkan nuansa pedesaan yang indah.  Wisatawan dapat tinggal sementara di rumah -rumah penduduk di sekitarnya.

    Sehingga dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat desa dan mengetahui kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat pedesaan. Fasilitas penginapan, berupa Rumah Gaya Pedesaan Sederhana, kamar tidur, Tempat, bantal, dan Kamar Mandi.

    Wisata menarik lainnya: Harga Tiket Lembah Indah Malang, Daya Tarik dan Fasilitasnya

    Alamat Desa Wisata Pulesari

    Desa wisata Pulesari Jogja berlokasi di di Dusun Pulesari, Desa Wono Kerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Apabila mau pergi kesana, datang dari kawasan Malioboro berjarak sekitar 21 km atau menempuh waktu 40 menit.   Rutenya melewati Jalan Magelang – Yogyakartayang bisa dimasuki dengan sepeda motor dan mobil sampai ke area parkir Desa Wisata Pulesari.

    Dusun Pulesari terletak di kaki gunung merapi pada ketinggian 400-900 m dari permukaan air laut. Sebagian besar wilayah merupakan area adalah pertanian.

    Demikian penjelasan mengenai  Desa Wisata Pulesari Jogja dengan Daya Tarik Wisata Budaya, Outbond, dan Sejarah. Desa yang memiliki banyak potensi yang membuat banyak orang untuk datang berkunjung ke sana.

    Artikel menarik lainnya: Citayam Fashion Week Jeje dan Bonge di Daerah Mana dan Naik Apa ke SCBD Sudirman

    One thought on “Desa Wisata Pulesari Jogja dengan Daya Tarik Wisata Budaya, Outbond, dan Sejarah”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *