Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Wisata Indonesia

Desa Wisata Panusupan Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah Destinasi Panorama Alam yang Indah

Desa Wisata Panusupan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah adalah tujuan tempat liburan bernuansa alam eksotis yang ramai dikunjungi wisatawan. Obyek wisata alam yang tak pernah luput dari perbincangan dan ramai didatangi di akhir pekan dan musim liburan.

Objek wisata ini memiliki beberapa spot menarik yang terletak di Desa Wisata Purbalingga yang hits dan sangat populer di kalangan wisatawan lokal sampai luar daerah. Spot yang menarik Seperti gardu pandang, wisata air, spot foto unik, dan tempat foto selfie dari atas jembatan-jembatan kayu.

Jembatan di Puncak Sendaren Desa Wisata Panusupan

Letak Jembatan di Puncak Sendaren dibangun di lokasi  dengan ketinggian sekitar 682 Mdpl. Sehingga para wisatawan di tempat wisata Purbalingga ini layaknya berada di atas awan. Tempat ini bisa digunakan sebagai tempat foto selfie mirip gardu pandang dan melihat matahari terbenam.

Selain itu, pengunjung bisa berfoto di rumah susuh atau yang dikenal dengan rumah mungil di atas pohon. Desainnya seperti sarang burung. Wisatawan bisa datang mengabadikan foto-foto selfie yang cantik dan indah.

Jembatan Cinta Pring Wulung

Spot Jembatan Cinta Pring Wulung Desa Wisata Panusupan memiliki bentuk yang unik dan dibuat dari bahan dasar bambu. Tempat itu dibuat mirip gambar hati dengan panjang 280 m. Spot wisata ini berlokasi di area persawahan yang memiliki latar belakang wisata alam pegunungan.

Tempat wisata keluarga di Purbalingga juga disedikan fasilitas taman bermain bagi anak-anak dan wisata edukasi pertanian. Selain itu, terdapat taman bunga yang terletak di puncak bukit, yaitu Taman Puncak Srimbar Jaya.

Di sana terdapat bunga yang bermekaran dan terdapat pemandangan Rembang dari puncak bukit. Tempat ini sangat tepat untuk mengabadikan momen foto-foto di lokasi ini.

Jembatan Pelangi Desa Wisata Panusupan

Pengunjung bisa mendatangi Jembatan Pelangi. Sesuai namanya,  jembatan ini dicat tampak layaknya pelangi. Seluruh jembatan terlihat berwarna-warni dan dihiasi payung -payung yang cantik. Lokasinya berada di Sungai Gintung, Sumingkir, Kec Rembang, Kab. Purbalingga dan wisatawan bisa menyeberang dengan jembatan tersebut.

Wisata Air untuk Pemandian, Curug Pesantren, dan Spot Susur Sungai

Desa Panusupan dikembangkan pula wisata berupa Air Terjun Pesantren, susur Sungai Watu Mujur, dan Curug Karang. Wisatawan bisa merasakan dinginnya air di lokasi pemandian alam di antara suasana alam yang indah.

Kalau mau melihat air terjun, pengunjung bisa melihat Curug Pesantren yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Namun, harus melakukan perjalanan sekitar 20 menit dari tempat parkir. Bagi orang yang suka tantangan bisa mencoba spot Wisata Susur Sungai Watu Mujur. Orang yang mencobanya akan dipandu oleh Team Batur Adventure yang aman dan nyaman.

Spot Rumah Pohon Igir Wringin

Lokasi rumah Pohon Igir Waringin menawarkan sensasi wisata berada pada ketinggian dengan suguhan panorama kota Purbalingga dan Gunung Slamet. . Jadi, selain Puncak Sanderan dan puncak Batur, spot Igir Wringin layak dikunjungi terutama bagi pengunjung yang ingin treking dan hiking.

Petilasan Ardilawet Berziarah di Makan Syech Jambukarang

Lokasi Petilasan Ardilawet berada di spot wisata religi yang terdapat makam Syech Jambukarang. Banyak peziarah mendatangi  tempat ini. Dari cerita mitos, ada orang yang percaya kalau berdoa di makam ini, maka doanya cepat diijabah. Selain itu, Ardilawet serung menjadi lokasi treking dan hiking oleh para wisatawan dengan panorama alam yang cantik.

Lokasi Desa Wisata Panusupan Kabupaten Purbalingga

Desa Wisata Panusupan terletak di Kecamatan Rambang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Jalan menuju lokasi menghabiskan waktu sekitar 30 menit memakai kendaraan pribadi dari pusat Kota Purbalingga. Jarak tempat wisata alam Panusupan ini sekitar 30 km dari pusat Kota Purbalingga.

Pengunjung biasanya lebih suka datang dari rute jalur Owabong, Mrebet, melalui Bobotsari. Lalu, melalui Kecamatan Karang Anyar dan Karang Moncol, kemudian sampailah di Desa Panusupan.

Artikel menarik lainnya: Wisata Air Terjun Grojogan Watu Purbo Sleman Yogyakarta

Harga TIket Masuk Wisata Panusupan yang Murah dengan Fasilitas Yang Baik

Tempat liburan Desa Wisata Panusupan bisa dimasuki dengan harga tiket masuk Rp.5.000/orang. Nilai yang cukup murah untuk menikmati berbagai macam spot foto yang menarik di sana. Selain itu, pengunjung membayar biaya parkir motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Jam operasional tempat wisata ini buka dari jam 07.00-18.00 WIB.

Desa Wisata Panusupan Rembang Purbalingga memiliki fasilitas yang cukup baik, seperti tempat parkir, warung, spot foto instagramable, gazebo, toilet dan mushola.

Demikian informasi mengenai Desa Wisata Panusupan Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah. Bagi pengunjung yang ingin berwisata datanglah pada pagi dan sore hari, karena kondisi lebih cantik dan indah. Ingat selalu menjaga protokol kesehatan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Artikel menarik lainnya: Wisata Bahari Tlocor Sidoarjo Destinasi dengan Pemandangan Laut dan Pohon Mangrove

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close