Wisata Indonesia

Desa Wisata Ketapanrame Pilihan Destinasi Nomor 1 Liburan di Mojokerto Jawa Timur

Desa Wisata Ketapanrame berada terletak di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Dengan ketinggian 700-1200 meter di atas permukaan laut. Wilayahnya yang dikelilingi oleh perbukitan telah diakui sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Jatim.

Prestasinya terlihat dari penghargaan Desa Wisata Terbaik 2023 pada acara Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kegiatannya dilakukan di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Desa Ketapanrame mendapatkan gelar Desa Wisata Terbaik pada Minggu (27/8/2023).

Artikel menarik lainnya: Bikin Miris Bobby Nasution Akan Menutup Medan Zoo

Kelebihan Desa Wisata Ketapanrame Nomor 1 di Mojokerto

Desa Wisata Ketapanrame mempunyai daya tarik yang luar biasa dengan alam nan kaya melimpah. Seperti pegunungan, hutan, air terjun, hingga sawah yang luas, desa ini menyajikan keindahan alam yang memukau.

Desa Ketapanrame menjaga budaya dan tradisinya yang terjadi, contohnya upacara adat bersih desa dan seni tari tradisional. Masyarakat Desa Ketapanrame dikenal ramah dan memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan.

Daya Tarik Destinasi Wisata di Desa Ketapanrame

Desa Wisata Ketapanrame menawarkan berbagai destinasi wisata menarik, antara lain:

  • Wisata Alam: Air Terjun Dlundung, Air Terjun Talang, dan Kebun Kopi.
  • Wisata Budaya: Upacara adat bersih desa dan seni tari tradisional.
  • Wisata Edukasi: Taman Ghanjaran dan Museum Kopi.

Potensi Desa Wisata Ketapanrame

Desa wisata di Mojokerto ini memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi wisata yang lebih maju dengan keunggulan berupa:

  • Lereng Gunung dan Ketinggian Wilayah: Terletak di lereng gunung dengan ketinggian sekitar 800 – 1.000 mdpl, Desa Ketapanrame menjadi ideal untuk pengembangan wisata alam, seperti trekking dan wisata edukasi.
  • Suhu Dingin: Suhu yang dingin, berkisar antara 18-21 derajat Celsius, memberikan pengalaman wisata yang unik.
  • Potensi Alam dan Budaya Terjaga: Dengan keberadaan pegunungan, hutan, air terjun, sawah, budaya, dan tradisi yang masih terjaga, desa ini memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata alam dan budaya yang menarik.
  • Pelayanan Ramah Masyarakat: Kehangatan dan keramahan masyarakat dapat dikembangkan menjadi fasilitas dan layanan wisata yang berkualitas.

Pilihan Menginap Ala Stacation

Para wisatawan yang berwisata ke Desa Ketapanrame, bisa melakukan staycation atau menginap di sini. Desa ini menyediakan pilihan bermalam yang mencakup kemping dan homestay.

Untuk wisatawan yang mau merasakan nuansa alam yang lebih intens saat bermalam, pilihan kemping di Camping Ground Sumber Gempong. Fasilitas di area kemping meliputi kamar mandi umum, mushola, persewaan alat, tempat makan, dan bahkan area WiFi.

Jika mau fasilitas yang lebih lengkap, tersedia juga beberapa homestay di Desa Ketapanrame. Harga menginap di homestay bervariasi, mulai dari Rp 180 ribu hingga Rp 350 ribu.

Alamat Desa Wisata Ketapanrame

Desa Ketapanrame berlokasi di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Areannya memiliki luas sekitar 345.642 hektar. Desa ini berjarak 45 kilometer dari Ibu Kota Kabupaten Mojokerto dan 60 kilometer dari Ibu Kota Provinsi Jawa Timur, Surabaya.

Dengan daya tariknya Desa Wisata Nomor 1 di Mojokerto yang unik dan potensinya yang besar, Desa Wisata Ketapanrame berpeluang menjadi destinasi wisata andalan di Jawa Timur. Dengan pengelolaan yang cermat, desa wisata Mojokerto ini dapat terus berkembang menjadi destinasi wisata yang unggul dan diminati pengunjung.

Artikel menarik lainnya: Jalur Rute Transjakarta Bus Wisata dengan Biaya Gratis

One thought on “Desa Wisata Ketapanrame Pilihan Destinasi Nomor 1 Liburan di Mojokerto Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *