Sun. May 26th, 2024
    Desa Wisata Kalakijo di BantulDesa Wisata Kalakijo di Bantul

    Desa Wisata Kalakijo merupakan destinasi wisata kuliner di Kabupaten Bantul. Perkembangan desa ini salah satu contoh sukses pengembangan wisata swadaya masyarakat.

    Sebagai pusat kuliner Ingkung Ayam terkemuka, Kalakijo telah menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung. Karena ingin mendapatkan pengalaman kuliner yang lezat dan daya tarik pesona alamnya.

    Artikel menarik lainnya: Pondok Wisata Bakung Resort: Tempat Penginapan Keluarga Eksklusif di Jambi

    Sejarah Awal Mula Munculnya Desa Wisata Kalakijo

    Desa Wisata Kalakijo dimulai pada sekitar tahun 2014 ketika satu rumah makan yang membuat menu andalan “ingkung” didirikan di Desa Kalakijo. Rumah makan ini dikelola milik pribadi oleh Bapak Sigit dengan nama “Ingkung Omah Duwur”. Letaknya berada di bagian tepi barat Jalan Rutan Pajangan.

    Beberapa tahun berlalu, dan muncul ide cemerlang dari Bapak Sareh Sapardi, yang saat itu menjabat di Dukuh Kalakijo. Ide tersebut adalah menciptakan rumah makan dengan menu “ingkung” yang dikelola oleh masyarakat setempat, terutama di Desa Kalakijo.

    Bapak Sareh Sapardi mengadakan kerjasama dengan Organisasi Hozizora, yang merupakan organisasi yang didirikan oleh Mbak Meiga dengan fokus pada pendidikan.

    Mereka melakukan survei untuk menentukan lokasi untuk membangun Desa Wisata Kalakijo. Akhirnya, dipilihlah tanah yang saat ini menjadi “Warung Ingkung Kuali 1,” yang menjadi titik awal pembentukan.

    Selanjutnya tahun 2017, fasilitas kemah dan kegiatan outbond dibangun di Desa Wisata untuk memperkaya potensi Desa Kalakijo. Setelah pembangunan selesai, paket wisata outbond dan kemah dibuka untuk pengunjung.

    Pada tahun 2018, “Ingkung Kuali 1” membuka cabangnya, yaitu “Ingkung Kuali 2,” yang beroperasi di dalam sebuah hotel dan dikelola oleh Mbak Meiga. Selanjutnya, “Ingkung Kuali 3” yang diberi nama “Ingkung Gotong Royong” juga dibuka, berlokasi di timur gapura Kalakijo. Dan tidak berhenti di situ, “Ingkung Kuali” kemudian membuka cabang ke-4.

    Saat ini, memiliki 8 rumah makan dengan menu utama “ingkung,” dan belum termasuk area sekitarnya. Hal ini menjadikan Kalakijo sebagai pusat kuliner khas Jogja yang terkenal dan terus berkembang.

    Daya Tarik Kuliner di Desa Wisata Kalakijo

    Desa Wisata Kalakijo merupakan destinasi yang sangat memanjakan lidah dengan kuliner lezat. Ditambah pesona alam dan budaya yang kaya. Kalakijo menjadi contoh sukses bagaimana sebuah komunitas masyarakat dapat bersatu untuk mengembangkan wisata lokal.

    Jadi, jika datang ke Bantul, jangan lupa mampir ke Desa Wisata Kalakijo dan nikmati kelezatan Ingkung Ayam serta pesonanya yang memikat. Daya tarik utama Desa adalah kuliner khas Ingkung Ayam.

    Desa ini sudah lama terkenal dengan sentra kuliner Ingkung Ayam di Bantul. Dengan semangat “Gotong Royong Majukan Desa Wisata,” masyarakat Kalakijo melakukan promosi dan mengembangkan Ingkung Kuali, makanan andalan mereka.

    Meskipun Ingkung Kuali sudah ada sejak zaman nenek moyang, dulu hanya dimasak saat ada acara hajatan. Namun sekarang, wisatawan dan masyarakat setempat dapat menikmati kelezatan Ingkung Kuali kapan saja.

    Ingkung Ayam adalah hidangan ayam utuh yang dimasak dengan bumbu areh, disajikan bersama nasi hangat, sambal, dan lalapan. Proses pengolahan dan penggunaan alat masak yang masih tradisional memberikan cita rasa yang enak di lidah.

    Alamat Desa Wisata Kalakijo

    Desa Wisata Kalakijo berada di Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Cara menuju Desa Wisata Kalakijo, kalau datang dari Jalan Bantul, cobalah mengambil arah ke barat dari perempatan Masjid Agung Manunggal Bantul. Ikuti jalan tersebut hingga ke LP Pajangan, dan Desa Wisata Kalakijo pun ditemukan.

    Desa Wisata Kalakijo memiliki berbagai fasilitas, antara lain: Bambu Hall, tempat kemah, kegiatan outbond yang seru, homestay yang nyaman, parkiran yang luas, toilet yang bersih, serta penerapan protokol kesehatan.

    Selain kuliner, tempat wisata di Bantul ini menawarkan berbagai aktivitas dan hiburan, seperti kerajinan sarang burung dan jemuran bambu, kerajinan batik, cemilan emping melinjo, serta kesenian seperti Tari Kijoko Sung dan Gejog Lesung.

    Artikel menarik lainnya: Harga Sewa Kamar dan Fasilitas Grand Royal Denai Hotel Bukittinggi

    2 thought on “Desa Wisata Kalakijo Menikmati Kelezatan Kuliner di Kabupaten Bantul”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *