Wisata Indonesia

Desa Wisata Jambu Kediri Jawa Timur, Terdapar Sejuta Ikan, Alpukat Aligator, dan Lainnya

Desa Wisata Jambu Kediri Jawa Timur adalah desa wisata edukasi, serta mampu memberdayakan berbagai macam potensi setempat. Destinasi yang menawarkan pariwisata berdasarkan Edukai dan agro-pariwisata. Mereka menggunakan sumber daya alam dan manusia yang ada, terdapat 6 lokasi wisata dengan 20 paket pendidikan pariwisata.

Sektor pertanian adalah sumber utama desa. Beras dan budidaya tani secara otomatis adalah sumber pendapatan utama bagi warganya. Kemudahan akses ke air mendorong penduduk untuk merawat tanaman di ladang.

Desa Wisata Jambu diciptakan pada tahun 2018 yang terletak di Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri, yang pernah memenangkan hadiah untuk kategori desa terbaik pada 2018 dan Penghargaan Anugerah Desa pada tahun 2019.

Daya Tarik Desa Wisata Jambu Kediri Terdapat Kebun Bibit

Kebun Bibit adalah adalah nama tempat wisata ini dan menjadi ciri khas Desa wisata Jambu. Jadi ketika melakukan perjalanan wisata di desa wisata Jambu, harus berhenti di sini sebelum bepergian dan menjelajahi desa wisata ini.

Di sini, pengunjung ditawarkan berbagai kunjungan ke desa wisata Jambu dan paket wisata edukai. Ada panduan yang siap menyambut wisatawan dengan baik dan ramah.

Tabulampot Indonesia Desa Wisata Jambu Kediri

Di Tabulampot, wisatawan bisa berkeliling dan melihat-lihat berbagai tanaman. Tanaman buah tabullampot adalah hasil dari budidaya desa -desa wisata jambu, yang tanamannya rapi dan disimpan untuk dijual ke luar kota.

Perjalanan tidak hanya di di sini saja, desa wisata Jambu juga memiliki edukasi wisata dan tabulampot. Pengunjung diedukasi mengenal buah-buahan lokal, mulai dari karakteristik fisik setiap tanaman buah, hingga cara menanam biji di polybag.

Adapun gazebo besar dan gazebo sedang menjadi tempat beristirahat setelah melakukan tur atau mengikuti kegiatan edukasi okulasi dan tambulampot. Saat beristirahat di gazebo, pengunjung bisa memandang suasana di sekitar tambulampot dan hamparan sawah.

Sungai Sejuta Ikan

Sungai Sejuta Ikan ini adalah salah satu fasilitas desa wisata Jambu yang dengan hewan peliharaan ikan. Objek wisata ini adalah wisata air pertama yang dibentuk di desa wisata Jambu menggunakan Sungai Irigasi.

Seperti namanya, sungai ini adalah sungai yang memiliki banyak ikan di perairannya. Ada berbagai jenis ikan, seperti nila, ikan mas, ikan koi, ikan komet dan beberapa jenis ikan lainnya.

Di sungai sejuta ikan, wisatawan dapat berinteraksi dengan ikan, bahkan bisa memberi makan mereka, dengan mambayar Rp 2000. Tempat wisata ini dianggap aman untuk anak -anak, karena sungai dangkal, kira-kira tinggina selutut orang dewasa.

Tubing Sungai Niagara Desa Wisata Jambu Kediri Jawa Timur

River Tubing atau lebih dikenal dengan Tubing Sungai Niagaraadalah wahana air di desa wisata Jambu. Namanya Tubing Sungai Niagara, karena melalui air terjun besar, terinspirasi air terjun Niagara di Amerika Utara.

Sungai ini memiliki nama asli Serinjing atau Harinjing, yang dulunya daerah kumuh. Tetapi penduduk berhasil menyulap daerah kumuh di salah satu seri wisata yang bersih.

Destinasi wisata mengajak wisatawan berkeliling di sepanjang Sungai Serinjing sepanjang 2 km. Sepanjang jalan, akan merasakan pemandangan hutan bambu yang masih sangat alami.

Sebagai bonus di jalan setapak, di ujung trek, para peserta dalam tubing akan meluncur di bendungan hingga 20 meter dengan kemiringan 45 derajat.

Wisata Pasar Papringan Desa Wisata Jambu

Pasar Papringan adalah salah satu tempat di Desa Wisata Jambu, yang terletak di belakang kebun bibit. Tempat wisata ini disebut “Pasar Papringan” karena merupakan pasar tradisional yang ditumbuhi oleh “Papringan” atau pohon bambu.

Pasar yang dikelilingi oleh bambu hijau, setiap akhir pekan dan semua hari libur nasional sering dikunjungi banyak orang. Pengunjung dapat mengajak teman-teman dan keluarga mengisi waktu liburan.

Dibandingkan dengan pasar tradisional lainnya, pasar Papringan adalah hanya menjual makanan. Tempat wisata ini memiliki daya tarik menjual berbagai camilan pasar tradisional, seperti Ampoke, kicak, Cenil, dll.

Daya tarik lain yang dimiliki oleh pasar Papringan, selain menjual makanan ringan pasar tradisional, adalah pakaian penjual di pasar ini. Penjual pasar Papringan ini, semuanya memekai pakaian tradisionalJawa. Ini bertujuan untuk memberikan suasana “pedesaan” atau “ndeso”.

Peternakan Kambing Etawa

Lokasi peternakan kambing Etawa ini ada di sekitar lingkungan tempat tinggal masyarakat. Ketika datang ke tempat ini akan dipandu oleh Tour Guide wisata Jambu.

Wisatawan akan mendapat pengalaman perdagangan kambing Etawa. Selain itu, kami juga dapat minum susu yang telah diolah sebelumnya. Bagaimana jika kita tidak menjadi merah? Tentu saja, kami masih memiliki kesempatan untuk memanfaatkan susu kambing Etawa, karena ada juga susu segar di sana.

Lokasi Desa Wisata Jambu Kediri Jawa Timur

Alamat Desa Wisata Jambu berada di sebuah desa di kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Secara geografis, desa ini berjarak sekitar delapan kilometer dari pusat Kabupaten Kediri, sebelah utara Kantor Pemerintah Daerah, yang berbatasan dengan Kecamatan Pare. Di desa ini, ada enam dusun, yaitu Semut, Semanding, Jambu, Kedungcangkring, Suren dan Sumberjo.

Destinasi wisata desa wisata Jambu Kediri tidak jauh dari pusat kota , kurang lebih 30 kilometer atau membutuhkan perjalanan sekitar 1 jam perjalanan. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Artikel menarik lainnya: Desa Wisata Pulesari Jogja dengan Daya Tarik Wisata Budaya, Outbond, dan Sejarah

Harga Paket Wisata

Berikut harga paket wisata Desa Jambu Kediri:

  • Tradisi Tubing Sungai Niagara Harga Rp 35.000,00
  • Edukasi Sungai Sejuta Ikan: Harga Rp 5.000,00
  • Agro Petik Kelengkeng: HargaRp 15.000,00
  • Edukasi Okulasi dan Tabulampot: Harga Rp 10.000,00
  • Kegiatan Edukasi Perah Kambing Etawa: Harga Rp 5.000,00
  • Edukasi Menanam Padi (Tandur): Harga Rp 15.000,00
  • Kegiatan Edukasi Angon Kerbau / Memandikan: Harga Rp 10.000,00
  • Wisata Petik Alpukat: Harga Rp 5.000,00. Desa wisata jambu kediri alpukat. Bibit alpukat aligator desa wisata jambu kediri.
  • Taman Baca (Kampung Literasi): Harga Rp 5.000,00
  • Edukasi Gamelan (Karawitan): Harga Rp 5.000,00
  • Pengolahan Limbah Kayu Ask Craft: Harga Rp 5.000,00
  • Edukasi Pembuatan Rengginang: Harga Rp5.000,00

Demikianlah penjelasan tentang desa wisata Kediri, Jawa Timur. Jika ingin mengunjungi tempat wisata ini, itu lebih baik di pagi hari, karena suasana alami di sekitar desa wisata Kediri cukup indah dan keren. Ketika sinar matahari juga tidak panas. dan bisa menikmati suasana wisata alam Kediri ini.

Artikel menarik lainnya: 7 Wisata Zona Garden Binjai Destinasi Populer dan Instagramable

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *