Wisata Indonesia

Desa Wisata Edelweis Wonokitri Bunga Abadi Bisa Dibeli dan Bawa Pulang Wisatawan

Desa wisata Edelweis Wonokitri adalah spot wisata yang dikelola oleh masyarakat lokal dan terletak tidak jauh dari kawasan wisata Bromo. Wisatawan yang memetik edelweis di area pegunungan yang dilindungi tentu menjadi perhatian serius.

Karena dilindungi oleh undang-undang dengan ancaman dan denda pidana. Meski begitu selalu ada mereka yang berani mengambil bunga itu.

Lokasinya di desa Wonokitri, tidak jauh dari pintu pemeriksaan ke kawasan Bromo dari jalur Pasuruan, Desa Wisata Edelweis bisa menjadi tempat rekreasi dengan panorama bunga Edelweis. Selain itu, terdapat berbagai jenis tanaman, mulai sayuran, buah-buahan, dan bunga edelweiss yang tampak indah dan menarik.

Cerita Tentang Desa Wisata Edelweis Wonokitri

Seperti namanya, daya tarik utama yang ditawarkan oleh tujuan wisata di area Bromo ini adalah taman bunga Edelweis. Harap diingat bahwa bunga Edelweis yang tumbuh di Desa Wonokitri ini tidak alami atau dibudidayakan.

Dengan demikian, ada kelompok petani khusus yang berperan penting dalam budidaya bunga yang sering digunakan sebagai sumber penghasilan. Grup tani ini dinamakan Hulun Hyang.

Kemunculan objek wisata ini adalah banyak warga Tengger mengambil yang mengambil bunga di area Bromo Tengger Semeru. Seperti kita ketahui, bunga Edelweis adalah tipe bunga yang dilindungi.

Daya Tarik Desa Wisata Edelweis Wonokitri Bunga Abadi

Tempat ini pernah menjadi perkebunan bunga Edelweiss, selain itu banyak tanaman lain yang ditanam di tempat ini. Namun, karena mendapatkan dukungan dana dari salah satu perusahaan Indonesia, lalu dikelola komunitas lokal. Lalu, didirikan cafe untuk pengunjung untuk menikmati makanan dan minuman.

Di lokasi ini, bunga edelweis berhasil menjadi daya tarik yang mendatangkan banyak pengunjung. Hamparan bukit dan pohon-pohon hijau tampak lebih cantik dengan kabut membuatnya terkenal dan menjadi hits di media sosial.

Banyak orang pergi ke tempat ini untuk bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah. Sebelum kembali ke rumah mereka, wisatawan dtaang ke tempat ini untuk berfoto dan membeli bunga edelweis. Tempat ini bisa dikatakan menjadi spot instagramable yang ikonik, apalagi ketika turunnya kabut tipis.

Tempat Belajar Budidaya Edelweis

Bunga Edelweis selalu berhasil menarik hati banyak orang, terutama pendaki gunung yang sering bertemu bunga-bunga ini di ketinggian. Nah, di desa wisata Edelweis Wonokitri, wisatawan dapat belajar budidaya Edelweis.

Dari pemilihan biji, penyapihan bunga Edelweis, hingga menanam bunga dapat dipelajari di tempat ini. Bagi yang penasaran, bisa belajar tentang budidaya bunga abadi ini.

Bunga-bunga Edelweis Desa Wonokitri dapat dibawa pulang ke rumah, karena bukan diambil dari gunung. Kelompok Petani Hulun Hyang dan Pihak Taman Nasional sudah mendapatkan izin pembudidayaan.

Selain itu, wisatawan dapat membeli Souvenir Bunga Edelweis yang dijual dalam bentuk gantungan kunci, boneka, kalung, dan lainnya. Harganya cukup bervariasi, dari 20.000 Rp ke 50.000 IDR.

Santai Sejenak di Café yang Terdapat di Desa Edeilweis Wonokitri

Di tempat wisata alam ini digunakan sebagai tempat pertemuan sambil bersantai. Pengelola desa wisata Edelweis tersedia kopi yang siap melayani berbagai hidangan untuk pengunjung. Seperti kopi, teh teh, taro, Matcha, hazelnut, karamel, hazelnut , karamel atau camilan. Menu yang berbeda dengan harga Rp 10.000 – Rp 20.000.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Edelweis Wonokitri

Tiket masuk Desa Wisata Edelweis membayar Rp10.000 dan dapat memperoleh entry drink gratis, misalnya es teh atau teh hangat. Selain itu, membayar pakir mobil Rp Rp 5000 dan motor Rp 2.000.

Fasilitas yang disediakan oleh tempat ini tidak terlalu banyak, tetapi sudah cukup nyaman untuk digunakan sebagai tempat relaksasi. Fasilitasnya termasuk. Area parkir, toilet, kopi, taman bunga, toko suvenir, gazebo, Tas Kacang, bean bag, mushola dan lainnya. Tempat wisata ini buka mulai pukul 10:00 hingga 16:00 setiap hari.

Artikel menarik lainnya: Wisata Kawah Ijen Trip Tour Gunung di Banyuwangi

Lokasi Desa Wisata Edelweis

Desa Wisata Edelweis Wonokitri adalah kawasan penyangga Taman Nasional Bromo Tengger (TNBTS). Lokasi tempatnya di pintu masuk desa Gunung Bromo dari arah Pasuruan. Tujuan wisata memiliki luas sekitar 7.000 meter persegi.

Desa Wonokitri terasuk bagian Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan Bagi yang ingin berwisata ke sana, bisa membawa ke kendaraan langsung ke Desa Edelweis Wonokitri.

Posisinya ada di sisi jalan besar dan secara otomatis terlihat dengan mudah. Kalau dari pintu masuk Bromo, desa ini berjarak sekitar 500 meter di utara Desa Sedaeng.

Desa Wisata Edelweis Wonokitri dengan Desa Wisata Edelweiss di Ngadisari diresmikan pada 10 November 2016. Peresmian dihadiri jajaran pemerintah, pihak terkait, dan kelompok tani yang mengelola tempat wisata.

Selain berfungsi sebagai menjadi tujuan wisata alam, destinasi ini juga berfungsi sebagai sarana melestarikan dan mengelola Edelweiss untuk berbagai keperluan termasuk dukungan souvenir untuk wisatawan.

Demikian penjelasan tentang Desa Wisata Edelweis Wonokitri Bunga Abadi Bisa Dibeli dan Bawa Pulang. Jadi tidak usah memetik bunga abadi di gunung, karena wisatawan bisa membelinya di Desa Wonokitri.

Artikel menarik lainnya: 10 Kuliner Lombok Yang Wajib Dicicipi Ketika Berkunjung ke Mandalika Lombok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *