Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Wisata Indonesia

Curug Telu Banyumas Destinasi Tempat Mandinya Para Bidadari

Curug Telu Banyumas yang letaknya tidak begitu jauh dari Wana Wisata Baturraden dikenal sebagai tempat mandinya para bidadari. Air terjun ini bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang menikmati suasana gunung slamet dengan harga murah dan fasilitas yang memadai.

Curug yang memiliki arti air terjun dan telu berarti tiga. Oleh karena itu, air terjun ini memiliki tiga aliran air terjun. Selain itu, ada air terjun lain yang bisa kita hargai sebelum mencapai curug telu.

Keindahan alaminya, seperti lukisan alami. Kombinasi air terjun menawan yang indah dengan tanaman hijau, lumut hijau dan tanaman paku yang menghiasi area air terjun air. Ornamen alami dengan berbagai batu yang dapat digunakan untuk bermain anak-anak dan melompat di air terjun juga telah disediakan oleh alam.

Daya Tarik Curug Telu Banyumas dengan Ketinggian 7-8 Meter

Pengunjung melewati Kedung Pete dan masih harus melanjutkan perjalanan untuk pergi ke Curug Telu. Tiba di Curug Telu, terlihat air terjun yang jatuh dari ketinggian 7 hingga 8 meter. Satu alirannya sangat berat dan dua lainnya tidak begitu besar. Ada dua air terjun kecil yang memiliki dua air terjun kecil keluar dari tebing.

Wisata Curug Telu di Banyumas Jawa Tengah adalah tempat wisata yang harus dikunjungi karena pesona keindahannya tidak tertandingi. Penduduk lokal di wilayah Baturaden juga sangat ramah datang, begitu pula wisatawan dari luar kota.

Bukan rahasia lagi, Kota Banyumas terkenal dengan keindahan destinasi wisata. Contohnya adalah pariwisata dari Curug Telu Banyumas Jawa Tengah.

Selama kunjungan ke Curug Telu dapat melakukan kegiatan renang, foto, dan melihat air terjun. Selain itu, harus berhati-hati, terutama yang berenang di daerah air terjun. Air terjun tidak terlalu tinggi, mungkin sekitar 10 meter. Debit air yang tidak terlalu deras.

Wisatawan dapat menikmati kesegaran air terjun Curug Telu yang memiliki sumber air berasal dari Gunung Slamet. Terutama bermain air di siang hari, ketika panas masuk langsung ke air yang bikin segar. Air terjun ini juga sangat jarang terpapar matahari kecuali pukul 12 ketika matahari.

Pengunjung air terjun telu dilarang melompat tebing karena banyak batu dan hanya bisa mandi atau hanya mencuci kaki serta mengambil foto di antara bebatuan. Juga perhatikan bagi orang ingin berenang atau bermain air, selama musim hujan, air bisa tiba-tiba dan banjir.

Harga Tiket Curug Telu Banyumas

Tiket masuk Curug Telu Banyumas hanya membayar Rp 5.000 rupiah/ orang. Pengunjung dapat datang dari jam 8:00-16:00 WIB Setelah masuk, wisatawan harus berjalan untuk tiba di Curug Telu dan beberapa tempat lainnya. Tangga air terjunnya bagus, jadi tidak perlu khawatir licin atau kotor.

Alamat Curug Telu Banyumas

Lokasi Curug Telu terletak di Desa Karangsalam Kecamatan Baturraden. Sebelum memasuki pintu gerbang pertama Baturraden, wisatawan dapat berbelok ke kanan, lalu ikuti petunjuk. Lokasi air terjun Curug Telu dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor atau mobil. Namun, jalannya bergiliran dan berbelok,  dengan kondisi baik dan mudah dilewati.

Jika mengunjungi Curug Telu memang agak jauh dan pusat kota, sekitar 30 menit untuk mencapai lokasi. Perjalanan dari pintu gerbang sampai ke curug memakan waktu sekitar 250 meter.

Selain curug ini, ada beberapa tempat yang bisa dinikmati, antara lain:

Sendang Bidadari

Sekitar 5 menit dari pintu masuk, wisatawan bisa berhenti di Sendang Bidadari yang memiliki air terjun agak tersembunyi di gua. Dari penamaannya, bisa diartikan lokasi bidasari mandi agar tidak tampak dari luar. Banyak bebatuan dengan aliran air dingin dan udara segar, membuat Sendang Bidadari ini sulit untuk tidak dinikmati.

Artikel menarik lainnya: Harga Tiket Masuk Pulau Komodo Naik Rp 3,75 juta Karena Konservasi, Setujukah Anda?

Kedung Pete

Lanjutkan perjalanan dengan suara binatang hutan yang khas dan kalau beruntung bisa melihat pohon yang bunganya berbunga kuning. Kedung Pete memiliki air terjun aliran rendah dan batu kecil. Tempat ini sering digunakan untuk melompat dan berenang.

Di Kedung Pete, ada juga banyak dudukan, kamar mandi, dan masjid. Dengan demikian, pengunjung dapat beristirahat lebih lama di Kedung Pete untuk merasakan lanskap atau untuk mengobrol dengan teman-teman.

Demikian artikel tentang Curug Telu Banyumas Destinasi Tempat Mandinya Para Bidadari. Tempat wisata yang dapat merasakan keindahan air terjun dan lokasi bidadari mandi.

Artikel menarik lainnya: Bukit Pandang Munggang Banyumas Destinasi Wisata Camping di Purwokerto

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close