Wisata Indonesia

Coban Bidadari Malang Lereng Gunung Wisata Alam Kaki Gunung Bromo dan Semeru

Coban Bidadari Malang merupakan tempat wisata yang sangat direkomendasikan. Tempat wisata alam ini ditemukan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Wisatawan seolah akan merasakan keindahan alam yang  memikat para bidadari. Dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan suara air terjun yang menarik hati.

Coban  adalah nama Jawa Timur dan berarti air terjun. Seperti namanya, keindahan alam kawasan Coban Bidadari juga menawarkan banyak spot foto menarik dengan latar belakang alam.

Coban Bidadari merupakan objek wisata dengan konsep kolaborasi antara keindahan pesona alam dan nilai kreativitas seni yang tinggi. Kolaborasi tersebut menjadikan Coban Bidadari sebagai destinasi wisata alam modern dan Instagrammable.

Mitos Coban Bidadari Lereng Gunung

Dikisahkan seorang petani yang kebetulan melihat seorang wanita cantik  di bawah air terjun. Penasaran dan kagum dengan keindahannya, petani itu pun bergegas menuju air terjun tersebut. Namun, setelah pergi ke lokasi air terjun, ternyata seorang wanita yang sangat cantik telah menghilang.

Wanita itu dipercaya sebagai bidadari. Kisah bidadari juga merupakan mitos Coban Bidadari. Selanjutnya, asal mula nama Coban Bidadari adalah kisah bidadari.

Daya Tarik Wisata Di Coban Bidadari

Ada beberapa daya tarik wisata Coban Bidadari, antara lain:

Merasakan Udara Sejuk Air Terjun

Air terjun tempat  para bidadari turun dari surga. Wisatawan dapat melihat panorama matahari terbit atau terbenam, indahnya melihat fenomena pelangi di Coban dan pemandangan air terjun. Kondisi Air Terjun Bidadari masih sangat alami, udara sekitar sangat sejuk, dan pemandangan pegunungan yang  memanjakan mata merupakan kenikmatan tersendiri berada di tempat ini.

Spot Foto Coban Bidadari

Dengan konsep pariwisata masa kini, tempat wisata Coban Bidadari menjadi surga bagi para pecinta fotografi. Spot-spot instagrammable  dimulai dari panorama alam pegunungan selama perjalanan. Hal ini sangat  berbeda dengan pandangan dunia perkotaan.

Spot foto pantai di kawasan Bolang sangat berbeda sehingga tidak boleh mainstream. Total ada empat  wahana, berbentuk seperti spot foto anti mainstream yang dikejar-kejar wisatawan. Dua di antaranya kaca dan begitu menarik.

Setibanya di situs Coban Bidadari,  terdapat banyak  spot foto dengan berbagai latar belakang karya yang menarik, unik dan  keindahan alam. Spot foto adalah:

  • Sayap Bidadari
  • Rumah Pohon
  • Ayunan
  • Rumah Hobbit
  • Gardu Pandang

Spot Foto juga menghasilkan bidikan indah dalam berbagai latar belakang. Terutama ketika kabut masuk dan akan membuat merasa seperti berada di atas awan.

Camping di Coban Bidadari Malang

Di kawasan wisata Coban Bidadari terdapat tempat bagi camping. Suasana ketika malam menuju subuh luar biasa dingin bikin menggigil. Jadi jangan lupa bawa jaket jika ingin berkemah. Cobalah menikmati momen saat sinar matahari perlahan hadir menyinari tubuh dan menanti malam dengan cuuca yang sejuk.

Harga Tiket Masuk Coban Bidadari

Wisatawan yang datang ke tempat wisata alam Malang ini, harus membayar uang sejumlah sebagai berikut :

  • Tiket Masuk : Rp. 10.000 per orang
  • Parkir Motor : Rp.  000
  • Parkir Mobil : Rp.  000
  • Flying Fox : Rp.  000 per orang
  • Tiket Camping : Rp. 25.000 per orang

Jika ingin berkemah di kawasan wisata Koban Bidadari, wisatawan perlu melakukan reservasi terlebih dahulu.  Coban Bidadari buka dari pukul 08:00 hingga 17:00.

Sebagai desa wisata, desa Gubkuraka sendiri memiliki sejumlah penginapan dengan berbagai fasilitas dengan harga Rp.250.000 hingga Rp.500.000 per malam.

Artikel menarik lainnya: Apa yang Dimaksud Wisata Bahari dan Potensi di Laut di Indonesia

Lokasi Coban Bidadari Malang

Untuk bisa mencapai  tempat wisata ini dengan mobil atau motor yang berjarak sekitar 30 kilometer dari kota Malang. Secara administratif, Coban Bidadari berada di Desa Gubu Kuraka, Kecamatan Pongkoksumo, Kabupaten Malang.

Objek wisata ini sangat mudah ditemukan karena berada di jalan menuju  Gunung Bromo, persis di luar gerbang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).  Ketika menuju air terjun,  medan yang licin dan terjal membuat perjalanan semakin energik namun menantang. Bagi penggemar wisata alam terbuka di medan yang menantang, jalur menuju air terjun di kawasan Coban Pelangi patut  dicoba.

Setelah menapaki jalan  yang licin dan terjal, pemandangan alamnya menyembuhkan penat. Keringat yang mengalir tergantikan oleh kesejukan air terjun dan rimbunnya tanaman hijau di sekitarnya. Oleh karena itu, pelajari tempat wisata ini sebelum menuju ke Coban Bidadari.

Jadi pastikan bepergian di hari yang cerah dan membawa baju ganti. Karena akan basah ketika berada di dekat air terjun, pakaian dan celana Anda akan basah terkena percikan air.

Artikel menarik lainnya: Pulau Lengkuas Belitung Tujuan Wisata Snorkeling dan Terdapat Mercusuar Megah

One thought on “Coban Bidadari Malang Lereng Gunung Wisata Alam Kaki Gunung Bromo dan Semeru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *