Sun. May 19th, 2024
    Candi Borobudur Tarif 750 Ribu. Sumber https://discoveryourindonesia.com/Candi Borobudur Tarif 750 Ribu. Sumber https://discoveryourindonesia.com/

    Candi Borobudur Tarif 750 ribu dinilai mahal karena alasan mulai terjadi kerentanan dan ancaman. Atas dasar studi berbagai ahli kepada pemerintah, keadaan situs bersejarah saat ini mulai mengalami kondisi pelapukan.

    Menteri Koordinasi Bidang Maritim dan Investasi,  Luhut Binsar Pandjaitan membuka wacana harga Rp750 ribu bagi wisatawan domestik untuk naik di wilayah Stupa Kuil Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

    Tujuannya demi kebijakan dan Keamanan candi untuk mengurangi kuota yang diberikan bagi pengunjung. Sehingga harga tiket ditujukan untuk naik di wilayah stupa Kuil Borobudur adalah upaya oleh pemerintah.

    Tarif Candi Borobudur Tarif 750 Ribu, Begini Penjelasannya

    Meski begitu, Luhut menjelaskan bahwa harga itu masih rencana kenaikan. Tarif wisatawan lokal Rp750 ribu masih didiskusikan dan turis asing menjadi 100 dolar AS (sekira Rp1,4 juta) sudah pasti atau tidak akan berubah. Hal yang sama untuk tarif untuk pelajar tetap Rp5 ribu.

    Nilai Tarif Tiket Candi Borobudur

    • Tiket Masuk: Rp 50.000
    • Tarif Siswa: Rp 5.000
    • Tiket wisatawan lokal: Rp 750.000
    • Tarif wisatawan asing: 1.400.000

    Untuk diketahui, Kuil Borobudur adalah pelestarian budaya Indonesia yang ditetapkan sebagai situs warisan budaya dunia oleh UNESCO.

    Dengan relief yang bermakna, terutama bagi umat Buddha dan penting bagi 0rang Indonesia sehingga harus diberikan perhatian khusus untuk melestarikan kekayaan sejarah dan budaya Indonesia.

    Namun, rentan terjadi pelapukan dari risiko perubahan iklim, erupsi gunung berapi, dan gempa bumi. Selain itu, adapula perilaku pengunjung yang suka melakukan vandalisme, menyelipkan benda tertentu di sela-sela batu candi, dan buang sampah sembarangan yang bisa merusak Candi Borobudur sebagai situs umat Buddha

    Luhut menjelaskan bahwa nantinya semua wisatawan yang ingin mengunjungi Kuil Borobudur diharuskan membuat reservasi online untuk mengatur jumlah pengunjung.Semua wisatawan harus menggunakan pemandu wisata dari penduduk setempat di wilayah Candi Borobudur.

    Selain itu, wisatawan harus menggunakan sandal “Upanat” khusus agar tidak merusak tangga dan struktur bangunan di kuil. Sandal diproduksi oleh penduduk sekitar dan UMKM di sekitar Candi Borobudur.

    Artikel menarik lainnya: Marawa Beach Club Padang Makanan Dibilang Mahal Cocok Buat Wisata Para Sultan

    Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Ikut Jelaskan soal Tiket Naik Borobudur Rp 750 Ribu

    Kata Gubernur Jateng Ganjar Pronowo, orang-orang yang pergi ke Borobudur hingga saat ini tidak naik ke canti. Tujuan kenaikan tarif Candi Borobudur Rp 750 ribu agar orang yang berkunjung bisa dikendalikan. Sehingga bisa dikontrol melalui harga yang naik. Yang pergi ke sana benar -benar diatur. Tidak Semua orang yang datang dapat naik ke atas candi.

    Antara tiket masuk dan kenaikan tiket naik ke candi adalah dua hal yang berbeda. Dari halaman Borobudurpark, Minggu, tiket masuk ke Candi Borobudur saat ini dibagi menjadi dua jenis. Tiket pertama untuk orang dewasa hanya Rp 50.000 dan tiket bundling untuk orang dewasa adalah Rp 65 ribu. Sedangkan untuk anak-anak, harga tiket adalah Rp 25.000. Untuk wisatawan asing, saat ini tiket dewasa USD 25 dan tiket USD 13 USD.

    Demikian penjelasan tentang Candi Borobudur Tarif 750 Ribu, Ini Alasannya Kenapa Mahal. Jadi tujuan kenaikan harga tersebut demi menjaga kelestarian wisata candi tersebut.

    Artikel menarik lainnya: Tegal Simbah Girimarto Tempat Wisata Baru Wonogiri Instagramable

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *