Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Wisata Indonesia

Yuk Naik Bus Bandros Bandung Warna Warni Wisata Keliling Kota

Bus Bandros Bandung dengan corak warna warni diluncurkan oleh Ridwan Kamil pada Bulan januari 2018. Dari akun resmi Instagram, Ridwan kamil menuliskan kalau ada 7 juta wisatawan per tahun di Kota Bandung pada tahun 2018.

Ridwan Kamil tampaknya ingin memaksimalkan dunia wisata Kota Bandung dengan kehadiran bus ini. Bus Wisata Bandros bertema Art Deco. Dia ungin pengunjung yang datang ke Kota Bandung lebih bergembira dan bahagia.

Bus Bandros Bandung Sangat Menarik Wisatawan Bandung

Bandros dijadikan nama dari bus wisata di Kota Bandung. Nama bus tersebut merupakan singkatan dari Bandung Tour on The Bus. Bus yang dibuat bertingkat difungsikan bagi wisatawan yang hendak berkeliling kota Bandung.

Sejak Bulan Januari 2018, Pemerintah Kota Bandung mengenalkan 12 bus Bandros Bandung. Bus ini dibeli dengan menggunakan dana APBD sekitar 12,4 milyar. Bus ini memang berbeda dari 6 bus sebelumnya yang dari dana CSR.

12 bus wisata bandros diputuskan dari dana APBD, karena Pemkot Bandung sudah merasa kesulitan untuk memintanya dari dana CSR perusahaan. Bayangkan saja, Ridwan Kamil menyatakan membutuhkan waktu 3 tahun untuk menyediakan 6 bus.

Dari rencana penyediaan bus wisata ini, Bandros warna-warni akan melayani 5 rute wisata ke berbagai tempat di Kota bandung. Rute bus akan disesuaikan warna masing-masing.

Bandros Wisata Biru

Bus Bandros Bandung berwarna biru direncanakan melaju di rute Alun-alun Bandung, ke Cibaduyut, Taman Leuwi Panjang. Lalu menuju Museum Sri Baduga, Alun-alun Regol, dan Kawasan Buah Batu.

Bandros Wisata Kuning

Sedangkan, Bandros kuning melalui rute Lapangan Gasibu, ke Taman Cibeunying. Selanjutnya melaju ke Taman Superhero, Taman Foto, Gedung Merdeka, Alun-alun Bandung, dan Braga.

Bandros ungu

Bus yang berwarna ungin direncanakan melewati jalan ke arah Gasibu, menuju Taman Cikapayang. Perjalanan dilanjutkan ke Alun-alun Ujungberung, Museum Geologi, dan Pusdai.

Bandros Hijau

Wisatawan dapat menikmatiBus Bandros Bandung Hijau melewati Chinatown, menuju Pasir Kaliki, Alun-alun Cicendo, Karang Setra, UPI, dan GOR Padjadjaran. Sebagai informasi, Chinatown terletak di Jl. Kelenteng No. 41, Bandung. Pengunjung bisa melihat banyak bangunan dengan gaya arsitektur khas China.

Bandros Merah Muda

Jalur Bandros Merah Muda melewati Gasibu, terus berjalan menuju Taman Pasupati (Taman Jomblo), Teras Cikapayang, Teras Cihampelas, hingga Taman Budaya. Teras Cikapayang ini sebagai tempat hits di Bandung juga loh. Jadi boleh dicoba juga untuk mencoba melihat lihat Teras Cikapayang.

Bandros Hitam

Bus Wisata Bandros hitam difungsikan untuk melayani tamu VIP yang mengunjungi Kota Bandung. Tamu pemerintah nantinya bisa menikmati bus berwarna hitam ini.

Dari penyediaan bus wisata tersebut, Pemkot Bandung ingin wisatawan datang ke Bandung tidak perlu memakai kendaraan bandung berkeliling Kota Bandung. Mereka bisa berkeliling kota yang di sediakan dengan berbagai rute seperti yang disebutkan di atas.

Baca juga :

Pemuda Laskar Sampah Sukaraja Butuh Mobil Pengangkut Sampah yang Tidak Mudah Rusak

Tempat Wisata Lembang Bandung yang Selalu Meninggalkan Berjuta Kenangan

Bersabar ya, 12 Bus Bandros Dijalankan Mulai Februari 2018

Dinas Perhubungan akan menjadi pengelola 12 bus tersebut. Ada rencana bus warna-warni akan dilelang pengelolaannya, agar dapat dimanfaatkan dengan lebih baik lagi bagi wisatawan.

Dari informasi Dinas Perhubungan, Bus Bandros direncanakan mulai beroperasi pada Februari 2018. Saat ini, Pemkot Bandung sendang melakukan kajian rute dan rute, agar tidak mengganggu angkutan kota.

Bus ini nantinya tidak gratis, namun biayanya relative murah. Dishub membuat dua jenis tarif, yaitu tarif sekali jalan dan paket seharian (one day pass). Tarif sekali jalan harus membayar Rp 10.000-Rp15.000. Sedangkan paket seharian membayar Rp25.000-Rp50.000.

Bahagia. Ya Walikota yang sedang mencalonkan diri sebagai gubernur Jawa Barat ini ingin menjadikan Bandung lebih bahagia. Kota yang dihiasi dengan senyum dan tawa. Menarik sekali ya rencana Pemkot Bandung ini, sampai memikirkan agar wisatawan lebih bahagia ketika jalan-jalan di Kota Bandung.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close