Wisata Indonesia

Fakta Tentang Bunga Tabebuya Mekar Cantik di Surabaya Indahnya Bukan Main

Bunga Tabebuya Mekar Cantik di sejumlah jalan protokol Surabaya. Bunga dari Brasil ini mempercantik wajah Kota Pahlawan biasanya dari musim kemarau sampai akhir musim hujan. Begitu hujan turun, bunga-bunga yang bermekaran semakin sedikit.

Bunga Tabebuya banyak terdapat di Jalan A Yani, Mayjen Sungkono, Embong Malang, Bubutan dan Soekarno Hatta. Warna Bunganya  kuning, putih dan merah muda menghiasi terlihat di jalan protokol. Jadi setiap kecamatan di DKRTH ada Tabebuya, dan Surabaya sebarannya cukup banyak.

Tanaman dan bunga Tabebuya tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, cukup sirami dengan baik dan gunakan pupuk organik secara teratur. Bunga ini menggunakannya untuk kompos organik dari penebangan pohon di Surabaya.

Bunga Tabebuya di Surabaya Sedang Mekar Seperti di Jepang

Taman bunga Tabebuya membuat Surabaya serasa berada di Jepang. Oleh karena itu, banyak masyarakat mengambil gambar dan hunting foto berlatar bunga. Suasananyaseindah bunga sakura Jepang, dan sangat pas untuk berfoto ala Instagramable.

Ada beberapa fakta tentang Tabebuya Surabaya, antara lain:

  1. Tabebuya adalah jenis pohon yang memiliki tinggi sekitar 6 hingga 8 meter. Bunga ini berasal dari Amazon, Brasil dengan nama Handroanthus chrysotrichus.
  2. Bunga Tabebuya bermekaran waktu musim kemarau. Jadi, musim hujan tidak berbunga, ketika pada bulan Desember-Januari. Sedangkan, musim kemarau kondisi sedang terik-teriknya, pada Juli-Agustus atau September-Oktober. Semakin banyak hujan, kondisi bunga mulai berguguran. Karena bunga Tabebuya mulai bermunculan saat cuaca panas.
  3. Daun tabebuya sulit rontok. Bunganya dapat terlihat lebat bahkan di musim kemarau. Keunggulan lain: Akar tabebu tidak merusak rumah atau dinding, meskipun memiliki batang yang keras.
  4. Penanganan Seperti pohon lainnya menggunakan pemupukan misalnya agar bunganya makin subur. tapi pengobatan masih normal.
  5. Biaya perawaran Tabebuya cukup murah untuk dirawat, dan bahkan cabang yang kering pun perlu dirawat.
  6. Setelah habis berbunga, lalu kering dan ranting-rantingnya perlu dipangkas agar musim berikutnya bisa tumbuh bagus lagi.

Artikel menarik lainnya: Travel Jogja Surabaya via Tol Terdekat

Lokasi dan Jumlah Bunga Tebebuya Surabaya Mencapai 16.263 Pohon

Mengutip www.republika.co.id, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebi Juniantoro mengatakan, sejak 2010, sebanyak 16.263 pohon Tabebuya rosea (berdaun lebar) dan Tabebuia chrysantha (berdaun kecil) telah ditanam.

Jumlah Pohon Tebebuya lima spesies, warna putih dan pink sekitar 11.392 pohon, 4.609 tanaman Tabebuya kuning. Sementara itu, ada 100 pohon Tabebuya ungu dan 162 pohon Tabebuya merah.

Ribuan pohon Tabebuya yang ditanam merupakan ruas jalan Kota Pahlawan Surabaya, antara lain Jalan Ahmad Yani, Jalan Ir Soekarno, Jalan Mayjend Sungkono, Jalan Manyar, Jalan Kertajaya, Jalan Sulawesi, Jalan Ngagel, dan Jalan ada di Dari Diponegoro ke Jalan Gentengkali.

Pohon Tabebuya ini membutuhkan lebih banyak sinar matahari, jadi ditanam lebih banyak di jalan protokl di Surabaya. DLH secara teratur merawat pohon asli Amerika Selatan/Latin ini. Perawatan rutin berupa penyiraman dan pemupukan.

Pemerintah kota terus menambah jumlah pohon Tabebuya di Kota Surabaya. Fokus pada jenis dan warna yang masih langka, seperti merah dan ungu. Karena selain keindahan kota, keberadaan pohon ini juga bisa menaikkan kadar oksigen Surabaya.

 Artikel menarik lainnya: Punthuk Setumbu Magelang  Tempat Wisata Menarik Melihat Matahari Terbit

4 thoughts on “Fakta Tentang Bunga Tabebuya Mekar Cantik di Surabaya Indahnya Bukan Main

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *