Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Wisata Indonesia

Bukit Tranggulasih Banyumas Tempat Camping di Purwokerto

Bukit Tranggulasih Banyumas adalah tempat wisata dengan pesona alam yang tersembunyi di kaki Gunung Slamet. Bukit dengan ketinggian 750 meter di atas permukaan laut menghadirkan keindahan matahari terbit di pagi hari dan matahari terbenam di sore hari.

Sementara di malam hari, dari daerah puncak, panorama gunung dan kota Purwokerto terlihat di kejauhan. Bukit di area seluas 6,7 hektar terletak 1,5 jam di perjalanan ke arah barat Lokawisata Baturraden.

Lokasi ini sering merupakan tujuan untuk berkemah dan mengambil foto dengan latar belakangnya yang cantik. Buat Bukit Tranggulasih Banyumas, Jawa Tengah untuk dimasukkan ke dalam daftar tujuan wisata.

Daya Tarik Menikmati Panorama Bukit Tranggulasih Banyumas Purwokerto

Di daerah kaki gunung Slamet, Bukit Tranggulasih mempunyai panorama alam yang cantik. Tranggulasih merupakan bukit yang tidak memiliki banyak pohon besar. Sehingga membuat wisatawan untuk melihat hamparan alam yang besar.

Wisatawan dapat melihat sawah terasering dengan bentang alam dan air sungai yang bersih. Gunung Slamet yang gagah di utara berdiri secara harmonis dengan bukit Cendana di depannya. Momen yang paling ditunggu-tunggu bagi wisatawan adalah ketika matahari terbit dan terbenam. Sehingga bisa berkunjung selama 24 jam.

Apbila menghadap ke arah selatan di malah hari terlihat kerlap-kerlip lampu kota Purwokerto. Hingga membuat area rekreasi ini sering disebut Purwokerto Lantai II. Wisatawan juga dapat berkemah untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk menikmati keindahan Panorama alam.

Pada sore hari, langit barat akan menjadi kuning ketika matahari mulai tenggelam. Panorama Sunset Bukit Tranggulasih terlihat sangat cantik.

Menikmati Pesona Empat Bukit nan Indah

Menuju wilayah berbukit, wisatawan dapat menemukan tiga bukit lainnya. Ada bukit Datar, Bukit Cinta, Bukit Tinggi, dan tujuan utamanya adalah Bukit Tranggulasih. Keempat bukit ini memiliki pemandangan yang tidak kalah dari satu sama lain.

Bukit Datar bentuknya datar digunakan untuk beristirahat, setelah melakukan perjalanan di jalan yang curam. Sementara itu, Bukit Cinta tepat di atas Bukit Datar. Selain itu, Bukit Tinggi yang merupakan tempat favorit bagi wisatawan yang ingin berkemah.

Keempat bukit ini memiliki pemandangan yang indah di tempat, tetapi bukit Tranggulasih lebih populer daripada bukit-bukit lainnya. Menurut ketinggian bukit ini, tidak hanya dapat melihat wilayah Banyumas, melainkan juga daerah  di ketinggian Purbalingga dan Pemalang.

Tempat Camping Bukit Tranggulasih Banyumas

Bukit Tranggulasih sejak awal, destinasi wisata ini terkenal sebagai lokasi untuk Camping. Wisatawan dapat menghabiskan malam di Bukit Tinggi, lokasi tertinggi melihat semua keindahan pemandangan terlihat.

Dengan berkemah, wisatawan dapat menikmati pemandangan di malam hari dan ketika matahari terbit. Umumnya, wisatawan datang secara kelompok sekitar 4 hingga 8 orang. Dengan jam buka 24 jam, yang bisa meningkatkan jumlah wisatawan yang ingin camping.

Wisatawan dapat membawa alat camping  sendiri atau menyewa kepada pengelola dengan jumlah yang lengkap. Ada berbagai kegiatan menarik selama camping. Seperti menyalakan api unggun, BBQ, bernyanyi bersama, hingga melakukan penjelajahan sederhana bersama orang-orang terdekat.

Tersedia Tempat Berfoto di Tempat Wisata dengan Latar yang Menarik. Wisatawan dapat mengambil foto dengan panorama alami yang menawan. Berbagai spot foto tersedia di latar belakang bukit dan langit biru.

Wisatawan dapat mengambil foto Selfie dengan latar tulisan Bukit Tranggulasih, jembatan rakit, dan banyak spot lainnya. Tujuan wisata Bukit Tranggulasih adalah bukit yang tidak banyak pohon dan membuat siapa pun yang berkunjung dapat melihat hamparan luas dari atasketinggian.

Harga Tiket

Tiket masuk ke tempat wisata alam Bukit Tranggulasih Banyumas ini adalah:

  • Senin – Minggu:               Rp 5.000.
  • Sewa Tenda untuk camping dengan kapasitas 3-4 orang: Rp 50.000 / malam

Jam buka Bukit Tranggulasih abisa didatangi setiap hari dari hari Senin hingga Minggu selama 24 jam.

Artikel menarik lainnya: Bukit Pandang Munggang Banyumas Destinasi Wisata Camping di Purwokerto

Alamat Bukit Tranggulasih Banyumas Tempat Camping di Purwokerto

Wisata alam bukit ini terletak di Dusun III, Windujaya, Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Lokasi Bukit Tranggulasih berjarak sekitar 14 km dari Alun-alun Purwokerto. Bagi yang ingin datang ke tempat ini dapat memakai motor, mobil bahkan sepeda.

Dari Alun-alun Purwokerto ke Bukit Tranggulasih dengan waktu perjalanan selama sekitar 33 menit. Yaitu dengan mengambil arah utara di Jalan Masjid menuju jalan Kabupaten hingga 3,2 km. Kemudian belok kiri menuju Jalan Candrawijaya atau Jalan Raya Beji.

Setelah sampai lokasi, wisatawan akan lewat jalan kaki melalui undakan anak tangga. Daerah wisata gunung ini memiliki suasana yang teduh dan cenderung dingin. Bahkan pada siang hari, angin selalu menghembuskan udara segar. Berada di ketinggian, kabut sering menutupi area ini dan kerap ditemani rintik hujan.

Artikel menarik lainnya: Curug Telu Banyumas Destinasi Tempat Mandinya Para Bidadari

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close