Wisata Indonesia

Bukit Klangon Jogja Tempat Wisata di Kaki Gunung Merapi

Bukit Klangon Jogja adalah tempat wisata di kaki Gunung Merapi. Tujuan wisata yang dikelola oleh pemuda lokal yang berlokasi pada ketinggian sekitar 1.100 mdpl. Sehingga, membuat kondisi udara terasa dingin.

Awalnya, tempat wisata alam Jogja ini bernama Bukit Glagaharjo. Seiring waktu berganti nama menjadi Bukit Klangon. Setelah dikelola dengan baik dengan menata lokasi warung, merapikan tempat, dan membuat jembatan kecil, pengunjung semakin banyak yang berdatangan.

Cuaca yang sejuk dan pemandangan ala kaki gunung menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi yang ingin melihat puncak Gunung Merapi dari dekat.

Bukit Klangon Yogyakarta Tempat Melihat Puncak Merapi dari Dekat

Pengunjung bisa merasakan keindahan bukit dan melihat dari dekat puncak Gunung Merapi dari dekat ketika cuaca sedang cerah. Selain itu, dari Bukit Klangon Merapi terlihat jelas perkebunan dan aktivitas warga yang sedang mengambil rumput dan bercocok tanam di sekitar kawasan tempat wisata di Sleman ini.

Wisatawan juga bisa mendaki melihat panorama alam di sekitar alam kaki Gunung Merapi. Selain itu bisa pula memandang keindahan puncak Merapi dari gardu pandang yang sudah dibangun setelah peristiwa melestusnya gunung pada tahun 2010.

Gardu pandang dengan tinggi lima meter bisa menjadi spot bagi yang ingin memotret Gunung Merapi yang terkadang menyemburkan asap putih dari puncaknya. Selain itu, terkadang terdengar suara dan melihat binatang liar, seperti monyet, burung kepodang, dan musang di sekitar lokasi.

Bukit Klangon Jogja Sebagai Tempat yang Cocok untuk Camping

Wisatawan juga bisa berkemah atau camping di Bukit Klangon Jogja ini. Kawasan perbukitan yang landai dan rata menjadi lokasi yang pas untuk mendirikan tenda. Suasana yang dingin Bukit Klangon malam hari sembari melihat pemandangan Gunung Merapi menjadi daya tarik yang khas dari tempat wisata Jogja ini.

Oleh karena itu, Bukit Klangon Yogyakarta menyediakan arena camping yang di antara hamparan rumput. Tempat wisata bukit ini cukup luas untuk tempat mendirikan puluhan tenda. Ada banyak orang yang camping di sini, terutama di akhir pekan.

Jika bermalam dengan berkemah di bukit ini, ketika pagi hari akan disambut udara sejuk dan matahari pagi yang keluar malu-malu. Selain itu, bisa melihat pohon-pohon yang segar di kaki Gunung Merapi yang membuat jiwa dan raga lebih merasa tenang dan tenteram.

Olahraga Ekstrim Downhill Cycling di Bukit Klangon Kaliurang Jogja

Bukit Klangon Jogja juga terdapat tempat olahraga ekstrem, yaitu downhill cycling dan hill tracking. Pengelola setempat membangun fasilitas sirkuit downhill sepanjang 20 meter  dengan trek menyusuri jalur di kaki gunung.

Lokasi olahraga yang sangat pas bagi wisatawan yang suka memacu adrenalin. Track yang didirikan berupa jalan naik turun dan terjal di beberapa bagian. Banyak orang yang sudah mencoba sirkuit downhill cycling, bahkan sudah menjadi lokasi event lomba sepeda.

Lokasi Bukit Klangon Cangkringan Sleman Jogja

Wisata alam Yogyakarta dengan tema perbukitan terletak tepat di kaki Gunung Merapi. Alamatnya termasuk dalam wilayah Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman.

Bagi yang ingin berkunjung, wisatawan bisa menghabiskan waktu sekitar 30 menit dari pusat Kota Yogyakarta. Lokasinya juga mudah dijangkau dengan sepeda motor dan mobil, dengan mengikuti petunjuk arah menuju ke Bukit Klangon dengan menggunakan google maps.

Artikel menarik lainnya: Desa Wisata Panusupan Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah Destinasi Panorama Alam yang Indah

Harga Tiket Masuk Bukit Klangon Jogja

Pengunjung yang ingin merasakan kesejukan di tempat wisata ini cukup mengeluarkan biaya Rp 5.000/orang dan Rp 10.000,00 untuk biaya camping. Selain itu, hanya membayar biaya parkir Rp 2.000,00/motor dan Rp 3.000,00/mobil. Pengunjung bisa datang kapan saja, karena terbuka selama 24 jam.

Fasilitas yang tersedia juga sudah memadai, yaitu disediakan toilet, tempat parkir, musala, serta spot foto instagramable. Bagi yang ingin makan, ada banyak warung yang menyediakan masakan berat dan ringan. Para penjualnya menyediakan makanan dan minuman yang cukup banyak untuk dibeli oleh wisatawan.

Demikian informasi mengenai Bukit Klangon Jogja Tempat Wisata di Kaki Gunung Merapi. Karena udara yang cukup dingin, bagi wisatawan yang ingin datang pastikan memakai baju yang tebal. Terutama bagi yang ingin berkemah dan bermalah di sana.

Datanglah saat saat cuaca cerah dan menggunakan kendaraan yang dipastikan baik untuk dibawa ke tanjakan. Ingat untuk selalu menjaga kebersihan dan mengikuti protokol kesehatan ketika datang ke Bukit Klangon.

Artikel menarik lainnya: Pulau Pisang Lampung Destinasi Wisata Pantai, Rute dan Harga Tiket Yang Dikeluarkan Wisatawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *