Wisata Indonesia

Bikin Miris Bobby Nasution Akan Menutup Medan Zoo

Wali Kota Medan, Bobby Nasution membuat keputusan untuk menutup Medan Zoo sebagai respons terhadap kondisi yang semakin memprihatinkan.

Keputusan ini diambil setelah pertemuan dengan Ketua Umum Lembaga Konservasi Perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia (PKBSI), Rahmat Shah. Keduanya sepakat untuk menutup Medan Zoo, meskipun belum ada batas waktu pasti untuk penutupan tersebut.

Artikel menarik lainnya: Tempat Wisata di Boyolali Punya Replika Kota Suci Mekkah

Keputusan Bersama Menutup Medan Zoo

Keputusan Bersama untuk menutup Medan Zoo diambil setelah pertemuan antara Bobby Nasution dan Rahmat Shah. Berikut beberapa hal penting terkait penutupan sementara Medan Zoo:

  • Tanpa Batas Waktu Pasti: Meskipun sudah ada keputusan untuk menutup, belum ada batas waktu yang pasti untuk penutupan Medan Zoo.
  • Penyebab Penutupan: Penutupan disebabkan oleh kondisi memprihatinkan dan keputusan untuk melakukan pembangunan, meskipun rincian pembangunan belum dijelaskan.

Kondisi Memprihatinkan dan Viralnya Kematian Harimau

Medan Zoo menjadi sorotan setelah tiga ekor harimau Sumatra dan satu ekor harimau Benggala mati, yang diduga akibat pengelolaan yang tidak memenuhi standar. Rahmat Shah menyarankan penutupan sementara karena kondisi kebun binatang yang tidak layak dan tidak memadai.

Pemko Medan juga dinilai tidak mengalokasikan dana APBD untuk pengelolaan kebun binatang tersebut. Kejadian yang memprihatinkan yang perlu diketahui terkait Medan Zoo:

  • Viral Kematian Harimau: Kematian harimau Sumatra dan Benggala membuat kondisi Medan Zoo semakin memprihatinkan dan viral.
  • Saran Rahmat Shah: Rahmat Shah menyarankan penutupan sementara untuk menghindari masalah lebih lanjut.
  • Kritik Terhadap Pengelolaan: Pengelolaan yang dianggap tidak profesional menjadi kritik utama terhadap kondisi Medan Zoo.

Bobby Bertanggung Jawab Menutup Sementara Medan Zoo Meski Tidak Ada Anggaran

Bobby Nasution menegaskan bahwa Medan Zoo akan ditutup karena tidak ada anggaran untuk pengelolaannya. Meskipun dia menyadari bahwa orang-orang yang ditempatkan di kebun binatang tidak memahami kesejahteraan hewan, dia tetap merasa bertanggung jawab karena mereka adalah pilihan dari dirinya.

  • Pengelolaan Tidak Profesional: Bobby menilai bahwa pengelolaan Medan Zoo tidak profesional, mungkin disebabkan oleh kurangnya pemahaman, pengalaman, atau pendidikan.
  • Tanggung Jawab Wali Kota: Meskipun pengelola kurang kompeten, Bobby merasa bertanggung jawab sebagai Wali Kota terhadap kondisi kebun binatang.
  • Penutupan Menandai Akhir Sejarah: Penutupan Medan Zoo menandai akhir dari sejarah kebun binatang yang telah ada sejak tahun 1968.

Kondisi Memilukan Sampai Menutup Medan Zoo

Wisata Medan Zoo kembali menjadi pusat perhatian setelah Harimau Sumatera yang mati. Sayangnya, Kebun Binatang ini menunjukkan tanda-tanda semakin prihatin.

  • Hewan-hewan di Medan Zoo semakin berkurang, dan fasilitasnya dianggap tidak memadai. Beberapa kandang hewan bahkan terlihat tidak terawat.
  • Pengelolaan Medan Zoo tampak terlantar dan kurang perhatian. Sehingga terjadi kerusakan pada dari segi fasilitas dan membuatnya kurang menarik bagi pengunjung.
  • Kritikan keras dari para pemerhati satwa kepada pengelolaan Medan Zoo karena tidak memenuhi standar animal welfare. Kandang-kandang sempit dan kotor menjadi tanda pengelolaan yang sesuai standar.
  • Isu kelaparan satwa, tingginya angka kematian, kurangnya pengayaan kandang, dan masalah lainnya yang bikin reputasi kebun binatang ini semakin buruk.
  • Balai Besar KSDA Sumatera Utara telah memberikan dua kali teguran agar pengelolaan Medan Zoo mematuhi peraturan dan standar animal welfare.

Paska penutupan sementara oleh Pemerintah Kota Medan, diharapkan adanya rencana pembangunan. Harapannya dilakukan perbaikan. Sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih positif di masa mendatang.

Artikel menarik lainnya: Lembah Pandawa Pandaan Destinasi Wisata Menikmati Pesona Bali di Jawa Timur

One thought on “Bikin Miris Bobby Nasution Akan Menutup Medan Zoo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *