Berlibur Ke-5 Tempat Wisata di Yogyakarta Menarik ini Yuk

tempat wisata di Yogyakarta

Sudah lama enggak pelesiran dan bosan dengan rutinitas pekerjaan, coba vakansi ke tempat wisata di Yogyakarta yuk. Kota Yogyakarta yang kental dengan budaya jawa dan khas dengan keistimewaan sistem kerajaannya, merupakan tempat yang sering dikunjungi wisatawan.

Dikota yang kental dengan budaya, sejarah, tradisi, dan peninggalan sejarah zaman kerajaan dulu, wajib menjadi tujuan berlibur buat kamu.

Kota Yogya atau disebut Jogjua ini memiliki keragaman tempat wisata menarik bagi wisatawan asing juga loh. Apalagi penduduknya ramah sekali. Agama dan budaya tidak pernah berbenturan dan menyatu dalam kehidupaan masyarakatnya.

Di Jogja pula kretivitas seni menjadi kekayaan tak terpisahkan dari keseharian warganya. Menariknya lagi, makan pun tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, seperti kalau mau wisata kuliner di kota bandung.

Baca juga : Pantai Karang Bolong Sukabumi Tujuan Liburan Bagi Para Petualang

Mari jalan-jalan dan menikmati tempat wisata di Yogyakarta.

Candi Borobudur Tempat Wisata di Yogyakarta yang Paling Populer

Candi Borobudur. Foto : https://www.ngeksplore.com
Candi Borobudur. Foto : https://www.ngeksplore.com

Tidak afdol rasanya kalau pergi ke Jogja, kamu tidak mengunjungi candi Borobudur. Candi yang dikenal sebagai peninggalan agama Budaya Budha terbesar di dunia.

Meski letaknya di Magelang, Jawa Tengah, orang yang pergi ke Jogja pasti ingat candi Borobudur. Enggak bakal sia-sia deh menyediakan waktu demi melihat kemegahan candi nan megah yang temboknya dihiasi oleh 2.672 panel relief dan 502 patung Budha.

Setidaknya terdapat stupa utama dan terbesar yang berada di tengah dan dikelilingi 72 stupa berlubang yang terdapat patung budha di dalamnya.

Berdasarkan perkiraan sejarah, tempat wisata di Yogyakarta yang sangat popular ini dibangun ketika abad 8 dan abad 9. Candi Boroburu merupakan Situs Warisan Dunia yang diakui dan dilindungi oleh UNESCO.

Jalan-Jalan ke Malioboro Aja

Jalan Malioboro. Foto : Eksotisjogja.com
Jalan Malioboro. Foto : Eksotisjogja.com

Bagi kamu yang melihat orang berpergian ke Yogyakarta pasti tidak asing melihat orang berfoto di bawah nama jalan Malioboro. Kawasan Malioboro memang jalan yang sangat terkenal sebagai pusat berkumpulnya para seniman.

Para muda-mudi pun sering berkumpul di Jalan Malioboro untuk menghabiskan waktu. Di Maliboro pula, lokasi para penjual aksesoris untuk oleh-oleh khas dari Jogja.

Para wisatawan tidak pernah sepi menapaki tempat wisata di Yogyakarta sambil berburu beragam pernak pernih, dari gelang, baju, hingga ragam perhiasan karya para seniman.

Kamu bisa membeli souvenir lokal, seperti batik, kerajinan rotan, perak, bambu, hingga wayang kulit. Harga pernak-pernik di Malioboro cukup murah loh sebagai oleh-oleh setelah liburan.

Tidak Hanya Borobudur, Ada Candi Prambanan Juga

Bedasarkan reliefnya, candi perambanan merupakan peninggalan agama Hindu yang sangat indah. Candi ini juga diakui sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

Keindahan struktur bangunannya diperkirakan dirancang ketika abad ke-10 pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dan Rakai Balitung.

Tempat wisata di Yogyakarta ini sebagai symbol pernah berjayanya kerajaan Hindu di Yogyakarta. Candi Perambanan memiliki tinggai mencapai 47 m dan terletak 17 km dari  pusat kota. Ada 3 candi utama terletak di kawasan wisata ini, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa sebagau wujud trumurti dalam kepecayaan Hindu.

Jangan terburu-buru pulang dari candi prembahan, karena bisa melihat matahari terbenam dari tempat wisata ini.

Suka Pantai, ke Parangtritis Dong

Pantai parangtritis memang sangat indah dengan deburan ombak dan angina kencangnya. Di sana meleganda tentang Ratu Pantau Selatan (Ratu Kidul).

Orang Jawa mempercaiau bahwa pantai tersebut merupakan gerbang Ratu Kidul sang penguasa laut.

Tempat wisata di Yogyakarta ini popular pula dengan fasilitas lengkap, berupa penginapan, masjid, toilet umm, dan tempat makan.

Bagi yang suka wisatawa ekstrim, cobalah olahraga panjat tebing dan paralayang di kawasan pantai ini.

Baca juga : Gara-Gara Sistem Zonasi Sekolah Banyak Anak Berprestasi Tidak Masuk Sekolah Favorit

Menikmati Alam nan Sejuk di Kaliurang

Taman Wisata di Kaliurang. Foto : https://www.klikmania.net
Taman Wisata di Kaliurang. Foto : https://www.klikmania.net

Kawasan wisata Kaliurang terletak 900 m diatas permukaan laut. Lokasinya di dataran tinggi membuat udaranya terasa sejuk dan segar. Suhu rata-rata antara 20-25 derajat celcius.

Di lokasi wisata ini, wisatawan bisa bersantai di Taman Rekreasi Kaliurang. Lokasinya sangat cocok sebagai tempat berlibur bagi anak-anak.

Kaliurang memiliki luas sekitar 10.000 m persegi dengan fasilitas permainan anak seperti perosota, ayunan, dan terdapat kolam renang ini.

Ada pula Taman Wisata Plawangan Turgo yang berada 300 m ke arah timur laut. Di sana ada kolam renang Tlogo Putri yang airnya dari lereng Bukit Plawangan.

Lokasi wisata Kaliurang juga dihiasi alam yang indah, diisi oleh beberapa ekor monyet, dan kicauan burung bernyanyi. Dari tempat ini, wisatawan bisa melihat langsung Gunung Merapi dari bukit Pronojiwo.

One thought on “Berlibur Ke-5 Tempat Wisata di Yogyakarta Menarik ini Yuk”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.