Sun. Apr 14th, 2024
    air terjun tumpak sewu lumajangair terjun tumpak sewu lumajang

    Air Terjun Tumpak Sewu adalah Ciptaan Tuhan nan indah yang dapat ditemukan di lereng Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang. Nama “Tumpak Sewu” berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti “seribu air terjun.”

    Air terjun ini mempunyai banyak sumber mata air dan tingginya hingga 120 meter. Air terjun ini memiliki kelebihan aliran airnya melebar seperti tirai. Sehingga terlihat seperti tirai dari air. Bahkan, banyak yang menyabutnya bak Air Terjun Niagara di Amerika Serikat.

    Air Terjun Tumpak Sewu sangat menarik karena lokasinya yang berada di dalam hutan yang masih sangat asri. Di sana akan terasa sejuknya udara di antara pohon pohon di sekitarnya. Pengunjung bisa mendengar burung berkicau dan suara hewan lainnya.

    Artikel menarik lainnya: Desa Wisata Tanah Kuning Kaltara Sebagai Peraih Juara Harapan ADWI 2023

    Daya Tarik Air Terjun Tumpak Sewu

    Air Terjun Tumpak Sewu memiliki pemandangan yang luar biasa. Berbeda dengan air terjun lainnya, yang  punya satu aliran, Tumpak Sewu memiliki beberapa aliran seperti Air Terjun Niagara. Sehingga, menghasilnya wujud seperti tirai lebat dari air yang jernih dan memikat. Ada beberapa cara menikmati keindahan Air Terjun Tumpak Sewu.

    Melihat Keindahan Air Terjun Dari Gardu Pandang

    Untuk menyaksikan keindahan air terjun, dapat dilakukan dari gardu pandang, dengan berjalan sekitar 400 meter dari lokasi parkir. Di sini, ada gardu pandang seluas 30 meter persegi mampu dengan kapasitas sekitar 50 orang pengunjung.

    Gardu ini dilengkapi dengan pagar besi untuk pengaman. Dari gardu pandang ini, pengunjung dapat melihat air terjun dari ketinggian sekitar 100 meter. Ketinggian air terjun dari lembah hingga atas berkisar antara 50 hingga 70 meter dan tampak megah. Sehingga tidak mengherankan apabila Tumpak Sewu diartikan sebagai “seribu air terjun yang menumpang di dinding.”

    Merasakan Uniknya Air Terjun Tumpak Sewu dengan Petualangan Menyusuri Lembah

    Perjalanan menuju air terjun menjadi pengalaman berbeda. Rutenya cukup ekstrem dan memerlukan kehati-hatian ekstra. Jalanannya licin dan curam di beberapa titik. Sehingga Wisatawan harus berhati-hati agar tidak terpeleset.

    Untuk mencapai lembahnya, pengunjung jalan menuruni dinding-dinding air terjun. Bahkan, ada beberapa titik yang tidak memiliki jalan, jadi melewati bagian tengah air terjun kecil. Curamnya jalan semakin menantang, namun aman karena jalan tersebut telah dilengkapi dengan pengaman.

    Pengamannya seperti pegangan besi, kayu, dan tali. Meskipun beberapa tangga bambu mungkin sudah rusak, namun tetap dapat diandalkan.

    Melihat Beberapa Air Terjun Kecil di Kawasan Tumpak Sewu

    Selain Air Terjun Tumpak Sewu, kawasan ini juga terdapat banyak air terjun kecil yang tidak setinggi Tumpak Sewu. Air terjun kecil yang mempunyai aliran air yang jernih dan dingin, sesuai dengan karakteristik.

    Air umumnya bermuara di kolam kecil di bawahnya, tempat pengunjung dapat menikmati kesegaran air. Karena kejernihan air kolam, pengunjung dapat melihat dasar kolam hingga ke dasarnya.

    Harga Tiket Masuk Air Terjun Tumpak Sewu

    Untuk merasakan keindahan Air Terjun Tumpak Sewu, pengunjung dapat membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Selain itu, bayar tarif parkir mobil sebesar Rp 10.000 dan parkir motor sebesar Rp 5.000. Kawasan wisata alam ini buka mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

    Alamat Air Terjun Tumpak Sewu

    Air Terjun Tumpak Sewu memiliki dua alamat yang berdekatan. Secara administratif, lokasi wisata alam ini berada di Jalan Raya Sidorenggo, Sidomulyo, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur.

    Keindahan air terjun ini bisa disaksikan dari daerah Jagalan, Sidorenggo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur. Walaupu berada di Lumajang, banyak orang mengira bahwa air terjun ini berada di Malang.

    Selama perjalanan menuju Air Terjun Tumpak Sewu, pengunjung sebaiknya pakai alas kaki yang tepat. Jalanannya licin karena tanah liat yang basah. Pengunjung berjalan di dekat sungai yang memiliki aliran air sepanjang waktu.

    Oleh karena itu, pengunjung sebaiknya memakai sandal gunung yang kokoh atau sepatu trekking yang dapat memberikan pegangan. Untuk meminimalkan risiko terpeleset.

    Air Terjun Tumpak Sewu merupakan destinasi wisata yang cocok bagi pencinta alam dan petualangan. Dengan harga tiket yang terjangkau, wisatawan dapat menikmati pesona alam yang luar biasa ini di lereng Gunung Semeru, Jawa Timur.

    Artikel menarik lainnya: Danau Paisu Pok Banggai di Sulawesi Tengah Wisata Air Bening dan Foto Instagramable

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *