Tue. Apr 16th, 2024
    Air Terjun Sedudo Nganjuk. Foto Nganjuk Kota AnginAir Terjun Sedudo Nganjuk. Foto Nganjuk Kota Angin

    Air Terjun Sedudo adalah objek wisata populer di wilayah Nganjuk, Jawa Timur. Lokasinya berada di lereng Gunung Wilis dan alamatnya di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Pemandangan air terjun ini hulunya  berada pada ketinggian 1.438 mdpl. Kondisinya mirip seperti air terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu.

    Air terjun meluncur dari ketinggian 105 meter. Dari kejauhan jalan menuju lokasi pariwisata ini tampak menawan. Ademnya udara pegunungan Gunung Wilis di tambah hempasan air terjun yang membuat suasana begitu tenteram dan nyaman. Sehingga wisatawan merasa lebih rileks. Tepat di bawah jatuhnya air, terdapat kolam yang dapat dipakai untuk mandi  dan berenang.

    Pada hari-hari kerja, Tempat liburan air terjun Sedudo tak begitu ramai. Hari akhir pekan dan libur nasional, pengunjung semakin. Tetapi harap dicatat, pengunjung biasanya sangat ramai di bulan Sura tanggal satu. Sura ialah bulan pertama penanggalan jawa. Setiap tanggal 1 Sura dilakukan ritual siraman. Benda yang disiram yaitu arca. Ritual ini dinamakan Parna Prahista.

    Asal mula Air Terjun Sedudo Nganjuk

    Berdasarkan legenda Air Terjun Sedudo, Tempat ini dijadikan oleh salah satu tokoh warga sekitar bernama Sanak Pogalan. Dia bekerja sebagai petani tebu yang telah menelan kecewa dari penguasa jaman itu. Oleh karena kekecewaannya tersebut, dia menjadi pertapa di sekitar sumber Air Terjun Sedudo. Dari hasil pertapaannya, dia berniat untuk menenggelamkan Kota Nganjuk dengan membikin sumber air yang amat besar.

    Disebabkan kesucian Sanak Pogalan tersebut, beberapa warga meyakini kalau sumber air terjun Sedudo mengandung sebagian khasiat. Salah satunya sebagai obat awet muda.

    Pada era kerajaan dahulu kala, tokoh bernama Resi Curigonoto mengasingkan diri ke atas lokasi air terjun Sedudo. Ia berniat untuk menciptakan hutan itu sebagai kebun rempah-rempah. Oleh karena menilai kalau tanah hutan dapat menjadi media yang maksimal untuk menanam rempah-rempah. Waktu itu menjadi keperluan pokok masyarakat. Resi Curigonoto langsung meminta Raja Kerajaan Kediri untuk mengirim ke daerah pengasingannya.

    Tetap, hasilnya jauh dari tujuannya, tiba-tiba gerobak-gerobak yang mengangkut rempah-rempah tersebut terguling diantara sumber air. Lalu rempah-rempah ini tumbuh subur sampai memenuhi hutan yang menjadi sumber Air Terjun Sedudo Nganjuk. Sehingga air yang mengalir ke air terjun Sedudo banyak mengandung rempah-rempah.

    Manfaat rempah-rempah ini mampu menjadi obat yang multi khasiat, salah satunya ialah membikin wajah menjadi tampak bersih. Sehinggamenjadi terlihat awet muda.

    Jalan Masuk Air Terjun Sedudo Nganjuk

    Air terjun kebanggaan warga Nganjuk ini berlokasi sekitar 30km dari Kota. Lokasi wisata Sedudo dapat dimasuki sepeda motor yang memakan waktu selama 45menit saja. Sedangkan, jarak Nganjuk berada ±110km dari Surabaya dan ±200km dari Yogyakarta.

    Akses jalannya menuju Air terjun Sedudo Nganjuk sudah baik, tetapi kondisi jalannya masih didominasi oleh tanjakan curam. Pengendara sebaiknya berhati-hati saat kemari dan memastikan kondisi mesin dan rem kendaraan supaya tidak berbahaya.

    Tiket Air Terjun Wisata Sedudo: Rp11.000-Rp16.000

    Jam Opersional: 07.00 – 17.00

    Alamat berada di Jalan Raya Sedudo, Hutan, Sawahan, Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia, 64475

    Artikel menarik lainnya: Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar Sukabumi dan Kehidupan yang Mengikuti Perintah Para Leluhur

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *