Sun. May 26th, 2024
     Foto Air Terjun Kedung Kayang Magelang. Sumber IG @reza_afr Foto Air Terjun Kedung Kayang Magelang. Sumber IG @reza_afr

    Air Terjun Kedung Kayang merupakan salah satu air terjun tertinggi di Jawa Tengah dan masih menjadi objek wisata indah. Daya tarik Air Terjun Kudung Kayang adalah pemandangan langit, gunung, sungai dan air terjunnya.

    Tempat wisata Magelang ini memiliki suasana yang tenang karena tidak terlalu ramai. Air Terjun Kedung Kayang memiliki ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut dan ketinggian sekitar 40 meter.

    Air terjun ini sangat istimewa karena berdekatan dengan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Di kawasan ini, wisatawan bisa duduk-duduk di bebatuan dan menikmati ketenangan sambil mendengarkan suara air terjun. Aliran air terjun tampak seperti tirai putih besar.

    Daya Tarik Air Terjun Kedung Kayang Magelang

    Ada banyak pemandangan alam yang indah yang sangat memanjakan mata memandang. Secara khusus, begitu Anda tiba di kawasan wisata, wisatan akan disambut dengan panorama air terjun yang eksotis. Berikut daya tarik dari tempat wisata alam Magelang ini:

    1. Kawasan di sekitar air terjun telah dikembangkan menjadi objek wisata dengan fasilitas pendukung seperti fasilitas penginapan dan tempat perkemahan. Suasana di cekungan air terjun tidak terlalu ramai, sehingga Anda bisa menikmati berkah alam dengan lebih santai.
    2. Spot foto kekinian terbaru lainnya dibangun dalam bentuk perspektif yang keren dengan menonjolkan latar belakang alam yang memukau. Destiniasiini  memiliki spot foto yang Instagrammable untuk kegiatan hunting foto. Berfoto-foto keren dengan keindahan Air Terjun Kudung Kayan di Magelang, Jawa Tengah.
    3. Wisatawan bisa menyusuri sungai di kawasan wisata ini. Mandi di air dingin di objek wisata merupakan kegiatan yang seru dan tentunya sangat menyenangkan.
    4. Pengunjung bisa Berenang atau sekedar meletakkan kaki ke kolam alami di bawah air terjun. Rasanya air yang dingin alami akan membuat badan terasa segar.

    Harga Tiket Air Terjun Kedung Kayang Magelang

    Tiket masuknya Rp 4.000/orang. Wisatawan dikenakan biaya tambahan Rp 5.000/orang, Parkir Rp 2.000/motor, perlu biaya tambahan Rp 5.000/mobil. Pengunjung bisa datang dari pukul 7 pagi hingga 5 sore.

    Setelah itu, wisatawan bisa menikmati keindahan magis air terjun dan menjelajahi destinasi wisata seru. Biaya tiket masuk tersebut akan dimasukkan ke kas desa untuk biaya kebersihan atau menambah fasilitas baru untuk mengembangkan tempat wisata.

    Artikel menarik lainnya: Punthuk Setumbu Magelang Tempat Wisata Menarik Melihat Matahari Terbit

    Alamat Air Terjun Kedung Kayang Magelang

    Lokasi tepatnya berada di antara Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Provinsi Magelang dan Desa Klakah, Kecamatan Selo, Provinsi Boyolali. Selain itu, tempat wisata alam Magelang ini terletak di tengah Jalan Magelang-Boyolali, di jalur wisata SSB (Solo-Selo-Borobudur). Lokasinya berada di utara objek wisata Ketep Pass.

    Jarak dari Magelang ke Air Terjun Kedung Kayang sekitar 34 km dan memakan waktu satu jam menggunakan mobil. Untuk mencapai Air Terjun Kudung Kayang, wisatawan bisa melalui Jalan Raya Boyolali Magelang. Ada penunjuk arah dari jalan yang membawa wisatawan langsung ke tempat tujuan.

    Kondisi jalan sangat licin dengan banyak lumut tipis. Sehingga wisatawan harus berhati-hati. Wisatawan juga harus menyeberangi sungai yang merupakan aliran air terjun.

    Selain itu, wisatawan bisa menyeberangi sungai dan melompat di bebatuan. Berhati-hatilah saat menyeberangi sungai karena kalau salah mengambil langkah, maka bisa kehilangan keseimbangan dan jatuh ke sungai.

    Wisatawan sebaiknya memilih bagian sungai yang dangkal dengan bijak agar lebih mudah dilalui. Air Terjun Kedung Kayang terletak di dekat sungai kedua. Ada banyak bebatuan di sekitar lokasi.

    Demikian penjelasan mengenai Air Terjun Kedung Kayang Magelang Tempat Wisata Alam Menarik Eksotis. Destinasi yang bisa menjadi tempat spot foto yang menarik dan tampilan alam yang bikin wisatawan betarah berada di tempat ini.

    Artikel menarik lainnya: Bunga Tabebuya Mekar Cantik di Surabaya Indahnya Bukan Main

    2 thought on “Air Terjun Kedung Kayang Magelang Tempat Wisata Alam Menarik Eksotis”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *