Tue. Apr 16th, 2024
    Agro Edukasi Wisata Ragunan Destinasi untuk Keluarga di JakartaAgro Edukasi Wisata Ragunan Destinasi untuk Keluarga di Jakarta

    Agro Edukasi Wisata Ragunan merupakan perluasan dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Ragunan sebagai pusat penyediaan bibit tanaman milik Sudin (Suku Dinas) Kelautan Perikanan, dan Ketahanan Pangan.

    Hal itu memberikan kontribusi yang memberikan upaya mewujudkan ketahanan pangan di DKI Jakarta. Kawasan wisata berada di lahan seluas 2,2 hektare, kompleks ini tidak hanya menjadi sarana pembelajaran teknologi budidaya pertanian, peternakan, dan perikanan.

    Namun, menjadi destinasi wisata edukasi keluarga yang mengajak masyarakat umum, komunitas, dan siswa sekolah. Sehingga layak menjadi tempat belajar dan berpartisipasi dalam kegiatan praktis.

    Artikel menarik lainnya: Wahana Permainan Rainbow Adventure Park yang Wajib Dicoba di Jepara

    Agro Edukasi Wisata Ragunan Belajar dengan Berbagai Tanaman

    Agro Edu Wisata Ragunan mememiliki tanaman yang beragam dengan menanam buah-buahan, sayuran, serta mengelola budidaya ikan, peternakan ayam, dan sapi. Program dikelola dengan kompleks Ragunan Zoo di Jakarta Selatan.

    Tujuannya mendidik pengunjung tentang pentingnya pertanian berkelanjutan, mengenalkan spesies tanaman langka, dan mendorong partisipasi pengunjungnya. Program ini bukan hanya menjadi sarana pembelajaran teknologi budidaya, tetapi juga menekankan pentingnya kesehatan tanah, penggunaan pupuk organic dan keanekaragaman hayati.

    Upaya untuk meningkatkan kesadaran pertanian berkelanjutan. Agro Edukasi Wisata Ragunan memfasilitasi pengunjung untuk berpartisipasi dalam kegiatan menanam, memanen, dan memahami pertanian berkelanjutan.

    Destinasi Wisata Edukasi Keluarga yang Wajib Dikunjungi

    Selain itu, program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk membawa pulang bibit-bibit tanaman dan bisa adopsi teknologi pertanian. Wisatawan bisa mempelajari aplikasi di lingkungan sekitar mereka.

    Hal ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan di bidang pertanian dan mempromosikan ketahanan pangan di masyarakat.

    Agro Edukasi Wisata Ragunan tidak Cuma memberikan pengalaman pembelajaran. Namun, memberikan akses kepada pengunjung untuk membeli produk segar seperti sayuran, susu sapi, dan ikan. Selain produk segar, Agro Edu Wisata Ragunan mengelola olahan hasil bumi dari UKM binaan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Selatan.

    Destinasi ini bukan hanya merangkum aspek edukasi pertanian, melainkan juga menyediakan kegiatan seru lainnya, seperti membeli hasil sayuran segar, susu sapi segar, dan ikan, memberikan pengalaman wisata yang berkesan.

    Alamat Agro Edukasi Wisata Ragunan

    Lokasi destinasi ini berada di Desa Wisata di Jalan Poncol RT 1/ RW4 Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Administrasi Jakarta Selatan.  Luas area wisata edukasi mencapai kurang lebih 2,2 hektare, menjadi pusat edukasi percontohan pertanian perkotaan di Jakarta Selatan.

    Secara keseluruhan, Agro Edukasi Wisata Ragunan memberikan kontribusi positif dalam mendukung ketahanan pangan di DKI Jakarta. Dengan membuat pengalaman belajar yang menyeluruh, program ini tidak hanya membantu meningkatkan pengetahuan tentang teknologi pertanian.

    Destinasi ini diharapkan menginspirasi generasi muda untuk mengejar karir di bidang pertanian. Melalui penerapan praktik pertanian berkelanjutan, Agro Edu Wisata Ragunan membantu menciptakan kesadaran menjaga keseimbangan ekosistem pertanian.

    Artikel menarik lainnya: Fasilitas Bukit Kinasih Selo Boyolali Wisata Alam yang Menawan

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *