Wisata Indonesia

11 Tempat Wisata Banyuwangi yang Menarik Didatangi Libur Natal dan Tahun Baru

Wisata Banyuwangi belakangan menjadi ramai diburu wisatawan. Banyuwangi sendiri merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur sekaligus sebagai gerbang menyeberang ke pulau Bali. Kontur wilayahnya sangat beragam dari daratan rendah hingga pegunungan. Banyuwangi termasuk kota di bagian selatan Jawa Timur sehingga berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Berbeda dengan umumnya pantai di pesisir utara pulau Jawa, pantai di Banyuwangi tergolong relatif bersih dan banyak terdapat pantai wisata di Banyuwangi.

Banyak wisata Banyuwangi berupa keindahan alam seperti pantai, cagar alam, dan gunung. Berikut adalah daftar tempat wisata Banyuwangi yang ramai diburu wisatawan:

Cagar Alam Baluran Tempat Menyaksikan Hewan Liar di Padang Rumput nan Luas

Cagar Alam Baluran atau tempat wisata yang lebih dikenal memiliki sebutan Taman Nasional Baluran. Lokasinya berada 35 km di utara Banyuwangi. TN Baluran diputuskan sebagai salah satu konservasi flora dan fauna yang mempunyai padang rumput luas dan dihuni banyak binatang liar, seperti Banteng, rusa dan lain lain. Pengelola telah membuat menara pengawas yang membuat wisatawan akan menyaksikan feomena ekosistem padang rumput dengan hewan liar yang lengkap. Dari menara ini pula dapat memandang matahari terbit (sunrise) dari balik laut pantai Bama.

Wisat Banyuwangi Pantai Bama dengan Hutan Bakau yang Eksotis

Tempat wisata Pantai Bama merupakan bagian dari TN Baluran. Pantai ini terdapat hutan bakau yang rimbun. Wisata pantai Banyuwangi ini cocok sekali untuk wisata keluarga sebab pantainya bersih, airnya yang bersih dan dangkal. Salah satu keunggulan pantai Bama ialah mempunyai terumbu karang di dasar laut. Wisatawan bisa melakukan penyelaman (snorkling) dan mengatamati secara dekat terumbu karang. Selain itu, bisa melihat monyet liar seperti di air terjun Tawangmangu. Bagi wisatawan yang ingin pergi kesana, sebaiknya siapkan stamina jika ingin berjalan kaki menuju pantai Bama. Jalan masuk menuju pantai Bama relatif jauh dari pintu gerbang TN Baluran, namun bisa memandangi panorama menarik hutan tropis belantara dan burung liar beterbangan.

Pantai Watu Dodol Bisa Melihat Batu Raksasa dan Patung Penari Gandrung

Nama Watu Dodol menjadi sebutan pantai ini karena terdapat begitu banyak batu berserakan di pantai seperti dodol. Pantai watu dodol Berada di bagian utara Banyuwangi yang berbatasan dengan Situbondo. Posisi pantai ini tepat di sebelah jalan raya provinsi Indramayu yang tampak dari jalan Pantura. dari Pantai Watu Dodol dapat melihat dua landmark yaitu batu raksasa dan patung penari Gandrung. Batu raksasa tersebut posisinya di tengah jalan raya pembatas jalan berlawanan. Landmark kedua yaitu Patung penari gandrung letaknya di bibir pantai. Air pantainya berwarna bening dan terdapat juga mata air tawar yang mengalir ke pantai yang bisa diminum.

Agrowisata Kalibendo dengan Udaranya yang Sejuk

Agrowisata Kalibendo adalah wisata perkebunan Kalibendo berlokasi di barat Banyuwangi, sekitar 20km dari pusat kota. Pas sekali sekalian ingin mengunjungi kawah Ijen, karena letaknya sejalur. Tempat wisata Kalibendo ini terletak di dataran tinggi yang membuat udaranya teduh dan masih natural seperti Songgoriti di Malang. Panorama khas yang bisa dilihat yaitu cengkeh, karet, dan kopi. Agrowisata Kalibendo terdapat sungai bening nan asri yang menjadi daerah unggulan pengunjung. Jangan heran, bukan hanya sungai, adapula air terjun di sana. Di Agrowisata Kalibendo, sebelum turun menuju sungai ada Lapangan sepak bola yang dimiliki warga masyarakat Kalibendo.

Pemandian Tamansuruh dengan Udara Pengunungan yang Khas

Taman Suruh merupakan tempat pemandian yang terletak di desa Taman Suruh kecamatan Glagah. Dari kota Banyuwangi diperkirakan jaraknya adalah sekitar 10 km ke arah barat. Enggak usah kebingungan kalau telah masuk kawasan Glagah, orang pasti membantu menunjukkan tempat ini. Kelebihan Pemandian Taman Suruh yakni mempunyai mata air alami, seperti Ekowisata Etasia di Boyolali. Pemandian Tamansuruh menjadi tempat yang menyenangkan dan akan merasakan udara pegunungan dan asri khas pedesaan.

Wisata Banyuwangi Air terjun Lider

Grojogan Lider berlokasi di desa Sumber Arum, kecamatan Songgon. Lider dapat dikatakan sebagai air terjun terbaik dan tertinggi di Banyuwangi. Pengunjung Wisatawan harus berjalan kaki menuju lokasinya. Ketika sampai di bibir jurang, masih menempuh jalan yang sulit dan tebing curam plus terjal. Sebelum sampai di Air terjun utama Lider akan melewati beberapa anak sungai dan air terjun kecil. Di sisi air terjun Lider juga ada air terjun kecil yang alami dan indah.

Wisata Pantai Pulau Merah (Red Island) di Pesisir Selatan Banyuwangi

Pantai Pulau Merah Red Island berlokasi di pesisir selatan Banyuwangi memiliki ombak yang ideal untuk surfing. Tidak jauh dari lokasi bibir pantai, wisatawan dapat menemukan sebuah pulau kecil dengan tanahnya berwarna kemerahan. Pantai Pulau Merah cukup bersih dengan pasir putih yang menarik.

Pantai Rajeg Wesi dengan Pasir Putih dan Pemandangan Pegunungan

Lokasi Pantai Rajeg Wesi di desa Sarongan kecamatan Pesanggaran dan berjarak cukup jauh dari kota Banyuwangi. Pantainya bisa dibilang bersih dengan pasir putih yang cantik dan di batasi bukit bukit hijau yang menawan. Bagi wisatawan yang mau datang ke tempat ini tidak akan bosan. Pengunjung bisa melihat pegunungan dan udaranya tidak terlalu panas. Kondisi Ombaknya tidak terlalu tinggi sehingga pengunjung bisa berenang di pantai Rajeg Wesi ini. Kawasannya termasuk bagian Taman Nasional Meru Betiri.

Wisata Banyuwangi Pantai Sukamade di Taman Nasional Meru Betiri

Lokasi Pantai Sukamade adalah bagian wilayah Taman Nasional Meru Betiri di pesisir selatan provinsi Yogyakarta. Kawasan pantai ini merpakan penangkaran penyu. Jalan menuju pantai Sukamade . Airnya yang hijau dan jernih serta pantai yang bersih akan memanjakan mata pengunjung. Bagi yang menyenangi mengabadikan foto-foto, siapkan kamera untuk merekam bermacam-macam panorama yang menarik. Karena jalannya yang relatif curam, ada baiknya menggunakan sepeda motor sport.

Pantai Plengkung (G- Land) Tempatnya Bagi Pecinta Surfing

Bagi pecinta surfing, Plengkung adalah surga para peselancar dunia. Sebagian peselancar mengatakan termasuk terdapat ombak terbaik kecuali di Plengkung G-Land ini. Turis luar negeri sangat tertarik mencoba tantangan Plengkung. Daerah yang punya ombak yang menantang ini masih di wilayah Banyuwangi selatan tepatnya di wilayah Taman Nasional Alas Purwo yang di kelilingi hutan lebat dan keindahan alamnya.

Wisata Banyuwangi Kawah Ijen (Ijen Crater)

Lokasi Kawah Ijen adalah di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Situbondo. Daerah ini dapat dikunjungi memakan waktu 1-2 jam dari Kota Banyuwangi. Lalu mendaki ke puncak antara 1-2 jam (untuk pemula dan jalan santai).Tak perlu cemas, rute pendakian dan treknya tidak terlalu sulit dan gampang untuk untuk menempuh puncak. Rasa lelah selama pendakian akan terbayar dengan nuansa cantik di puncak. Ketika memandang lebih dekat ke kawahnya, ada “Blue Fire” yang cuma ada dua di dunia dan salah satunya itulah yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia.

Demikian penjelasan mengenai Wisata Banyuwangi yang sangat menarik menjadi tempat tujuan liburan. Mumpung libur sudah dekat, jalan-jalan dong, tetapi tetap menjaga protokol kesehatan.

Artikel menarik lainnya: Kepulauan Derawan Sebagai Obyek Wisata Indonesia di Kalimantan Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *