Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Uncategorized

Cara Mendapatkan Kartu Pra Kerja, Sudah tahu belum?

Kartu Pra Kerja merupakan Program Pemerintah untuk pengembangan kompetensi kerja yang dirancang bagi pencari kerja. Selain itu, ditujukan juga bagi pekerja telah di PHK, atau pekerja yang ingin peningkatan kompetensi. Ada tiga manfaat kartu pra kerja, antara lain: Dapat mengikuti pelatihan, mendapatkan sertifikat pelalatihan, dan diberikan insentif.

Seseorang dapat mengikuti pelatihan dan membayarnya dengan mamakai kartu prakerja baik online maupun offline. Lalu, mendapatkan sertifikat pelatihan yang  diakui dari pelatihan online atau secara offline. Selanjutnnya, akan memperoleh dana insentif yang dikirim ke wallet kartu dan ditransfer dalam tiga tahap.

Syarat Penerima Mendapatkan Kartu Prakerja dan Metode Pelatihan

Seseorang bisa memproleh Kartu Pra Kerja dengan persyaratan, sebagai berikut :
  • Sebagai Warga Negara Indonesia
  • Telah Usia minimal 18 tahun
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

Pelatihan yang akan diikuti nantinya denngan metode Pelatihan secara Online (E-Learning) dan  Offline (Tatap Muka).

Cara Memperoleh Kartu Pra Kerja yang Harus Kamu Ketahui 
Berikut cara yang harus dilakukan untuk memperoleh Kartu Pra Kerja, antara lain :
  1. Mendaftarkan diri melalui Website Kartu Prakerja. Dilakukan pendaftaran dengan melakukan input data dan mengikuti seleksi secara online. Petugas Pengantar Kerja/ Antar Kerja di Disnaker bertugas dalam mendampingi peserta melakukan pendaftaran melalui website. Dilakukan secara kolektif dan seleksi online ditentukan berdasarkan kemampuan dasar dan motivasi.
  2. Memilih Pelatihan yang Diinginkan Industri. Jenis pelatihan yang dipilih berdasarkan layanan SISNAKER dan pembayaran memakai saldo Kartu Prakerja secara online maupun offline
  3. Mengikuti proses pelatihan di Sisnaker. Peserta terpilih akan mengikuti pelatihan secara online maupun offline. Lalu memperoleh sertifikat pelatihan dari lembaga.
  4. Berikan ulasan dan rating kepada lembaga pelatian. Rating dapat diberikan melalui SISNAKER setelah melaksanakan proses pelatihan.
  5. Akan mendapatkan insetif setelah pelatihan. Insentif akan ditransfer dalam tiga tahapan ke saldo wallet Kartu Prakerja.
  6. Peserta diminta untuk mengikuti survei kebekerjaan dalam rangka feedback efektivitas program. Proses survei dilakukan dalam 3 tahap dengan insentif sebesar Rp150.000. Survei diilakukan dengan tujuan sebagai feedback efektivitas program, kesesuaian pelatihan dan penempatan kerja, dll.

Ida Fauziah, Menteri Tenaga Kerja menjelaskan bahwa Kartu Pra Kerja akan diberikan kepada para pencari pekerjaan atau pekerja untuk mendapatkan layanan pelatihan vokasi (skilling dan re-skilling). Pelatihan Vokasi Skilling dimanfaatkan bagi pencari kerja berstatus fresh graduate yang lulus sekolah maupun kuliah. Sedangkan re-skilling ditujukan bagi pekerja ter-PHK atau berpotensi ter-PHK.

Program tersebut diharapkan dapat menjadi program yang mampu memberikan pembekalan keterampilan  yang berbeda atau baru bagi orang-orang ang ingin bekerja.

Baca juga : Menggunakan Masker Kain itu 4 Jam Bukan 24 Jam

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close