Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Uncategorized

Bahaya Merokok di Pesawat, Rugi Pula Bagi Hidup Anda

Ingatlah sangat bahaya merokok di pesawat. Pihak maskapai penerbangan pasti akan menurunkan anda segera dan dipastikan keberangkatan akan tertunda karena perilaku Anda merokok di dalam pesawat terbang. Merokok tidak baik bagi kesehatan, apalagi di dalam pesawat.

Segitu banyaknya tanda sebagai petunjuk bahaya merokok di pesawat, ya masih ada saja yang menyeburkan asap di dalam kabin. Kejadian tersebut terjadi pada penerbangan Citilink Tujuan Halim-Denpasar pada 26 Februari 2018. Seorang penumpang langsung diturunkan oleh awak penerbangan tersebut.

Kegiatan merokok yang berbahaya bagi kesehatan bukan rahasia lagi, tetapi meski sudah banyak peringatan ya tetap aja terus menelan asap rokok ke dalam tubuh. Nah selain bahaya bagi tubuh sendiri dan risiko terhadap orang lain, ya merokok itu bahaya sekali kalau dilakukan dalam pesawat terbang.

Bahaya Merokok di Pesawat dipelopori Federal Aviation Administration (FAA) Amerika pada tahun 1989

Federasi Penerbangan Amerika melarang merokok di pesawat sejak tahun 1989. Alasannya cukup logis, karena semua benda yang mengeluarkan api berbahasa bagi penerbangan.

Jadilah tindakan bahaya merokok di pesawat menjadi peringatan yang diadaptasi oleh semua maskapai penerbangan lokal dan internasional.

Penerbangan Indonesia pun mengadopsi tanda bahaya merokok tersebut, setiap pesawat dengan penumpang lebih dari 20 orang mempunyai pendeteksi asap. Hal itu sesuai dengan aturan CASR 25.854, bahwa pesawat bermuatan penumpang 20 orang atau lebih, Maka diwajibkan memiliki smoke detector system di setiap lavatory, dan lengkap dengan fire extinguisher pada setiap disposal.

Begitu pula, di Indonesia sudah memiliki aturan yang jelas tentang merokok, Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2009 mengenai Aturan keselamatan penerbangan. Siapa yang melanggar dapat dikenakan pidana maksimal 5 tahun penjara dan denda Rp 2,5 miliar.

Bahaya Merokok di Pesawat : Mengganggu Semua Penumpang

Bayangkan saja kalau Anda merokok dalam kamar yang sempit, asap pasti mengumpul dan ruangan menjadi pengap asap rokok. Begitu pula kejadiannya kalau ada yang merokok di pesawat. Asap rokok akan berputar-putar di area kabin.

Penumpang tentu saja akan terganggu karena asap tersebut. Ya akibatnya tentu saja semua orang menjadi terpapar asapnya.

Jadi bagi penumpang yang merokok harap ditahan kegiatan menelan asap rokoknya hingga sampai pada tujuan. Kejadi merokok di pesawat memang bukan sekali saja terjadi, tetapi tingkah ini merokok ini aneh sekali. Karena pihak bandara pun telah melarang merokok sejak di ruang tunggu penerbangan. Kalau sampai di pesawat merokok juga ya, ini namanya tidak membaca aturan.

Baca juga :

Ketika Perempuan Kangen Mantan Pacarnya

Alur Pelayanan Pernikahan yang Wajib Kamu Ketahui

Ada Baiknya Penumpang Dilarang Membawa Rokok Ke Bandara

Orang yang ketergantungan merokok tampaknya tidak bisa menahannya, meski sudah begitu banyak peringatan dilarang merokok di tempel di bandara. Mereka punseolah acuh akan bahaya merokok di pesawat.

Apalagi tanda larangan merokok pun diterakan di dalam kabin pesawat. Ada saja orang tetap merokok. Untuk mengurangi perilakumenghisap asap dan menghindari bahaya merokok, pihak maskapai penerbangan tampaknya harus melarang membawa rokok ke dalam kabin pesawat.

Begitu pula di bandara, pihak pengelola bandara juga bisa menerapkan aturan di larang merokok pada semua area banda. Area luar bandara pun harus dilarang, serta tidak perlu disediakan lagi ruang merokok di dalam area bandara.

Kalau tidak ya begitu, ada saja yang ngeyel atau tidak tahu aturan tetap mengepul asal dan tidak sadar bahaya merokok di pesawat.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close