Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini
Literasi DigitalTRENDING TOPIK

Waktu Puasa Ramadhan 2019 Terlama Negara-Negara di Dunia

Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini

Rata-rata negera di dunia mulai puasa pada tanggal 6-7 Mei 2019, tetapi tahukah kamu waktu puasa Ramadhan terlama di Dunia? Perhitungan waktu berpuasa di semua negara berbeda dan negara di eropa umumnya memiliki waktu berpuasa yang lebih panjang. Kenapa hal tersebut terjadi?

Menurut website ruang guru, negara di Eropa memiliki waktu puasa jauh lebih lama, karena waktu siangnya memang lebih panjang dibandingkan waktu malam. Hal tersebut terjadi, karena bumi berputar tidak tegak lurus, namun memiliki kemiringan 23,5 derajat.terhadap potongan bidang ekuator bumi dan bidang orbit bumi terhadap matahari.

Bumi ternyata berputar pada poros yang tidak tegak lurus. Melainkan, terdapat kemiringan sebesar 23,5o terhadap perpotongan bidang ekuator bumi dan bidang orbit bumi terhadap matahari. Akibatnya, satu sisi bumi terpapar cahaya matahari lebih lama dan dan sisi lainnya lebih pendek. Sehingga waktu siang siang dan malam di setiap negara bisa berbeda.

Ada negara-negara di dunia yang menjalankan puasa hanya 11 jam, tetapi ada beberapa negara yang akan memiliki puasa sekitar 19 jam tahun ini. Lama banget ya?

Baca juga: Jadwal Imsak Sukabumi Hari ini

Infografis Waktu Puasa Ramadhan 2019 Terlama dan Tercepat Negara-Negara di Dunia

Waktu puasa Ramadhan 2019 terlama dan tercepat di dunia
Waktu puasa Ramadhan 2019 terlama dan tercepat di dunia. Sumber: Seyyed Llata, GN Designer

Dari infografis di atas kita dapat mengetahui waktu puasa Ramadhan 2019 terlama dan diurutkan dengan negara dengan waktu puasa tercepat. Perhitungan waktu puasa berdasarkan jarak waktu atau interval dari jadwal shalat subuh (sebelum matahari terbit) hingga waktu shalat magrib di bulan Ramadhan (ketika matahari terbenam).

Dapat dilihat di Murmansk, Rusia mempunyai waktu puasa sekitar 20 jam 45 menit. Jadi di Murmansk, Rusia cuma mempunya memiliki 3 jam malam sebelum matahari terbit lagi pada pukul 1.41 pagi. Sementara di Argentina mempunyai waktu puasa Ramadhan 2019 tercepat yaitu hanya 11 jam.

Baca juga: Mari Menjalankan Shalat Tarawih Ibadah yang Digemari Rasullullah

Waktu puasa lainnya di dunia tahun ini seperti di India akan berlangsung selama 14 jam dan 09 menit. Negara lainnya: Pakistan, Kanada, Yunani, Iran, Lebanon, Irak, Palestina, Mesir, AS, dan Peru akan memiliki waktu puasa selama hampir 15 jam.

Kalau puasa Ramadhan 2019 di Indonesia biasanya 12 jam, karena negara kita berada digaris khatulistiwa yang membuat waktu siang dan malamnya seimbang. Jadi enggak bakal merasakan puasa sampai 20 jam seperti di Rusia. Kalau kamu bakal kuat enggak, puasanya lebih dari 12 jam seperti di negara lainnya?

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close