Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini
kabar indonesiaTRENDING TOPIK

Pesan KemenKes: Gawat Darurat Hubungi 119

Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini

Kementerian Kesehatan, Nila F. Moeloek berpesan apabila terjadi kondisi gawat darurat Hubungi 119 Saat Mudik. Pemudik diimbau tidak ragu menghubungi nomor tersebut. Nomor 119 adalah layanan cepat tanggap darurat Public Safety Center (PSC) 119 yang dapat digunakan dalam kejadian gawat darurat kesehatan pada saat perjalanan mudik.

Dihimpun dari website kemenkes. kementerian kesehatan telah menyiapkan 188 PSC 119 untuk mendukung kelancaran dan keamanan musim mudik pada tahun 2019. Pemudik dapat menghubungi 119 selama 24 jam.

Menteri kesehatan memberi pernyataan tersebut saat melakukan peninjauan mudik bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur (25/2).

Gawat Darurat Hubungi 119 Terdapat di Beberapa Daerah

Kesiapan PSC 119 dengan mempunyai jaringan yang terintegrasi dan terpadu yang terdapat di beberapa daerah. National Commando Centre (NCC) PSC 119 dipusatkan di Kementerian Kesehatan. Sehingga, kalau terjadi kejadian darurat di daerah, komando pusat akan menghubungkan PSC 119 terdekat dari titik peristiwa.

Jija di daerah terjadinya kondisi gawat darurat tidak mempunyai PSC 119, maka komando pusat melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian setempat dan puskesmas/rumah sakit terdekat. Jadi, upaya pertolongan pertama gawat darurat dan stabilisasi bagi korban dapat dilakukan dengan cepat.

Baca juga:

Sedekah Menyembuhkan Penyakit Kita Sebuah Pesan dari Guru Saya

Kisah Sukses PSM Sinfonia Universitas Muhammadiyah Sukabumi di Ajang Internasional

Nomor 119 yang dibuat untuk gawar darurat juga diupayakan untuk diadakan di Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Sehingga PSC dapat diintegrasikan dengan komando pusat di Jakarta. Pernyataan pihan Kementerian Kesehatan sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2013 mengenai Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan yang menyatakan bahwa setiap Kabupaten/Kota harus membentuk PSC.

PSC 119 mulai dikembangkan sebagai layanan cepat tanggap darurat sejak tahun 2016. Pelayanan kesehatan gawat darurat tersebut dengan menyediakan ambulans roda dua, tujuannya untuk mempercepat jangkauan ke lokasi peristiwa gawat darurat kesehatan.

Upaya penyelematan kesehatan dengan ambulans roda dua dinilai efektif saat lalu lintas sedang padat. Selain itu dapat menjagkau area yang sulit, kalau menggunakan kendaraan roda empat. Jadi, ambulan roda dua sebagai kendaraan pertolongan pertama, setelah itu ambulans roda empat yang melakukan tindakan evakuasi selanjutnya.

Nah bagi para pemudik, kalau dalam kondisi gawat darurat hubungi 119 di mana pun dan kapan pun Anda berada.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close