Wed. May 15th, 2024
    Waktu Mustajab Untuk Berdoa Menurut Nabi MuhammadWaktu Mustajab Untuk Berdoa Menurut Nabi Muhammad

    Waktu Mustajab Untuk Berdoa harus diketahui agar sebagai manusia bisa mendapatkan apa yang kita inginkan. Kita harus berupaya dengan semaksimal mungkin agar apa yang diinginkan bisa tercapai. Tetapi semua itu tetap berdasarkan izin atau kehendak Allah SWT (Tuhan Yang Maha Kuasa).

    Namun yang perlu di ingat, selain berupaya dengan maksimal atau sungguh sungguh, kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah Swt agar dapat memberikan kemudahan kepada kita untuk memperoleh keinginan kita. Allah sangat menyukai hambanNya untuk memohon atau meminta kepada Allah. Kalau seorang manusia tidak pernah berdoa, maka orang tersebut termasuk orang yang sombong.

    Waktu Mustajab untuk Berdoa Agar Dikabulkan oleh Allah Swt

    Hal yang menjadi permasalahan atau kegaluan kita sering berdoa, tetapi belum dikabulkan oleh Allah. Meskipun doa belum dikabulkan, sebaiknya harus berprasangka baik kepada Allah dan terus bermunajat. Selain berprasangka baik, kita juga harus mengoreksi diri sendiri, apakah masih sering melakukan maksiat sehingga doa belum dikabulkan.

    Oleh karena itu, kita perlu ketahui bahwa doa memiliki tata cara sendiri dan ada waktu yang mustajab untuk berdoa kepada Allah. Berikut ini saat yang tepat melakukan untuk doa kepada Allah Saw.

    Doa Mustajab untuk Berdoa Pada Sepertiga Malam Terakhir atau Saat Sahur

    Waktu mustajab untuk berdoa kepada Allah yang pertama yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Seperti Firman Allah pada QS. Adz Dzariyat 18, bahwa Allah sangat menyukai hambaNya yang berdoa ketika sepertiga malam.

    Saat Berbuka Puasa

    Waktu mustajab lainnya ketika berdoa kepada Allah yaitu saat berbuka puasa.  Ada yang bertanya kenapa waktu buka puasa waktu yang mustajab untuk berdoa? Menurut Nabi Muhammad Saw, bahwa waktu berbuka puasa merupakan waktu yang penuh dengan keberkahan.

    Saat Malam Lailatul Qadar

    Selain ketika sahur dan berbuka puasa, doa kepada Allah yaitu pada malam lailatul qadar. Seperti yang sudah tahu bahwa, malam lailatul qadar merupakan malam yang paling istimewa dan selalu diidam idamkan oleh umat Islam. Karena di malam lailatul qadar adalah waktu apabila seseorang berdoa kepada Allah, insyaallah doanya akan terkabul.

    Saat Adzan Berkumandang.

    Sebagai orang Islam, kita dianjurkan untuk menjawab adzan, apabila mendengar kumandang adzan. Selain dianjurkan untuk menjawab kumandang adzan, pada waktu adzan juga merupakan waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah.

    Waktu Mustajab untuk Berdoa di antara Adzan dan Iqamah

    Waktu mustajab selanjutnya untuk berdoa kepada Allah yaitu di antara adzan dan iqamah. Kita bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk berdoa kepada Allah SWT.

    Demikian artikel tentang waktu mustajab Untuk berdoa kepada kepada Allah. Bagi anda yang merasa doa doanya belum dikabulkan oleh Allah Swt, cobalah melakukan doa di waktu mustajab tersebut. Tetapi jangan lupa, doa tanpa upaya adalah hal yang percuma saja.

    Artikel menarik lainnya: Hukum Memberikan Mas Kawin Dalam Islam

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *