Tips Kehidupan

Belajar dari Kecelakaan Beruntun di Jalan Tol Cipularang, Baca Tips Menghindari Kecelakaan Ini

Tabrakan di jalan tol kerap kali terjadi bahkan menyebabkan korban kematian, oleh karena itu sebagai pengguna jalan sebaiknya mengerti tips menghindari kecelakaan. Agar dapat sampai di tujuan dengan selamat.

Tahukah kamu bahwa penyumbang kematian terbanyak dari kecelakaan lalu lintas, termasuk di jalan tol. Dari website NTMC Polri dijelaskan bahwa penyebabnya adalah kesadaran pengendara dalam tertib berlalu lintas yang masih rendah.

Setiap kendaraan harus dengan kondisi keamanan yang harus diperhatikan oleh para pengemudi. Kalau abai terhadap kondisi kendarana, maka siap-siap masalah akan menanti.

Tips Menghindari Kecelakaan dengan Memperhatikan Selalu Mengawasi Kondisi Kendaraan

Kendaraan harus tetap dijaga kondisinya untuk agar tetap prima. Kendaraan yang terus dipelihara dapat memperpanjang usia mobil dan sangat peting untuk keselamatan berkendara.Kondisi Kendaraan yang selalu diawasi membuat pemiliknya sadar dan dapat mengetahui sejak awal kondisi mobil apakah ada kerusakan atau tidak.

Jangan-jangan terjadi masalah di mobil yang dapat menjadi penyebab kecelakaan. Kalau tabrakan terjadi karena kerusakan mobil, maka akibatnya bakal sangat fatal sekali.

Kondisi mobil yang tidak dipelihara menjadi penyebab kecelakaan, seperti tekanan ban tidak tepat yang berpengaruh terhadap kinerja mobil. Mobil dapat tak terkendali apalagi dalam kecepatan tinggi.

Hal yang paling penting diperhatikan adalah rem mobil. Rem yang tidak baik membuat mobil bisa tabrakan. Pemilik kendaraan lebih baik rutin memeriksa kendaraan, sebelum kejadian rem blong menjadi penyebab kecelakaan.

Ingat Lebih Baik Mematuhi Rambu Lalu Lintas

Pengemudi sering melajukan kendaraan sesuai kehendak hati. Kalau bisa sekencang-kencangnya. Enggak peduli rambu lalu lintas di jalan raya. Padahal, rambu lalu lintas itu bukan hanya sekedar penunjuk jalan saja, tetapi demi melindungi para pengguna kendaraan dari risiko kecelakaan.

Jagalah Kecepatan Agar Tidak Lebih Dulu Bertemu Tuhan

Pengemudi sebaiknya menjaga kecepatan, apapun alasannya. Mau itu karena kesibukan atau ada agenda penting, pengemudi tidak boleh abai tehadap keselamatan. Jangan karena waktu yang mendesak, tidka memperhatikan keamanan dan keselamatan selama perjalanan. Laju kendaraan yang tinggi sangat bebahaya.

Selain itu, jangan lupa menggunakan lampu sein setiap kali mau berbelok atau mengambil jalur lain. Perhatikan spion selama melajukan kendaraan agar mengetahui kondisi jalan dari semua sisi.

Gunakan Sabuk Pengaman

Sabuk pengaman harus selalu digunakan saat mengemudikan kendaran. Karena menjadi alat paling penting di dalam mobil karena berfungsi dapat menyelamatkan nyawa.

Penggunaan sabuk pengaman bukan untuk menghindari razia polisi, namun demi menjadi keselamatan. Jangan pernah sekali pun melepaskannya selama di jalan raya.

Selalu Menjaga Jarak Aman

Perhatikan jarak aman antara kendaraan di depan atau di belakang, agar pengemudi dapat bereaksi dengan aman saat ada mobil lain mengerem. Menghentikan kendaraan tiba-tiba acapkali menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.

Baca juga :

Pikirkan Hal ini Sebelum Kredit Motor, Jangan-Jangan Kemahalan

Cultural Diversity Ciletuh Geopark : Bukti Kekayaan Budaya Masyarakat Sukabumi

Kalau Mengantuk Istirahan Dulu Jangan Menyetir

Pengemudi yang mengantuk lebih baik berhenti dulu dan istirahat. Itu lebih baik daripada menjadi penyebab tabrakan. Tahukah kamu, supir tida disarankan mengemudi sambil mengantuk. Hal itu sangat berbahaya. Kalau sudah merasa ingin tidur, ya hentikan saja kendaraan. Tidur secukupnya sebelum mengemudikan mobil, apalagi kalau akan melakukan perjalanan panjang.

Stop, Menelpon Sambil Mengendarai Mobil itu Norak

Semenjak Handphone jadi teman sehari-hari, ada banyak pengemudi yang punya kemampuan unik. Menelpon sambil mengemudi itu sunguh unik. Kok bisa-bisanya berkendara sambil menelpon. Padahal, hal itu dapat mengganggu konsentrasi dan sangat berbahaya.

Menelponitu membuat mata tidak fokus, tidak memperhatikan kondisi sekitar, dan malah menjadi fokus mengobrol, bukan mengemudikan mobil. Dampaknya ya terjadi kecelakaan di jalan raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *