Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Tips Kehidupan

Doa Turun Hujan Mudah Dihapal Yang Menjadi Berkah dan Kebaikan dari Allah SWT

Doa Turun Hujan perlu diketahui dan dihapalkan agar kita lebih tenang ketika air turun dari langit. Tak jarang, hujan datang diiringi banjir bandang dan longsor karena turun ke bumi cukup deras. Namun tidak akan terjadi jika lingkungan dan alam tetap terjaga kelestariannya.

Hujan adalah berkah yang harus disyukuri, tapi menjadi berkah bagi umat manusia. Misalnya air sumur menjadi tidak kering dan lahan pertanian mudah disirami tanpa perlu memikul air ke sawah atau ke kebun.

Ada saatnya hujan yang turun bersama petir yang menggelegar, sehingga membuat sebagian orang ketakutan. Nah, kalau sudah begitu, sebaiknya cobalah baca doa agar hujan, petir, dan angin kencang segera reda dan tidak menimbulkan bencana.

Doa yang Mudah Dihapalkan Ketika Turun Hujan

Bacaan doa turun hujan ini sangat singkat dan mudah untuk di hapalkan, sebagai berikut: 

                                                                                                                                                                    اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Artinya doa turun hujan : “Ya Allah turunkan pada kami hujan yang memiliki manfaat.”

Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam saat turun hujan berkata, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat”. [HR. Bukhari no. 1032]. Hadits  tersebut menganjurkan untuk berdo’a agar melahirkan kebaikan dan keberkahan serta dapat memberikan banyak manfaat.” [Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 5: 18, Asy Syamilah].

Sedangkan, ketika hujan turun lebat menurut hadits riwayat Al-Bukhari di Kitab Awal Penciptaan, doa yang dibaca Rasulullah SAW masih yaitu.

Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allamumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari”.

Doa hujan itu intinya meminta hujan diturunkan bukan untuk merusak melainkan untuk menyuburkan. Alam menjadi subur, seperti di dataran tinggi, pegunungan, perbukitan, perut lembah, dan kawasan lainnya. Membaca doa tersebut berarti sedang meminta pertolongan kepada Allah SWT.

Doa Hujan yang  Disertai Angin Kencang dan Petir yang Menggelagar

Dari Hadists Imam Muslim, apabila hujan turun bersama angin kencang, maka Rasulullah SAW membaca doa: “Allahumma inni as aluka khairahaa wa khaira maa fiiha khaira maa ursilat bih, wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.”

Yang Artinya: “Ya Allah, aku memohon adanya kebaikan dari angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, serta kebaikan yang Engkau sertakan kirimkan bersamanya. Dan aku meminta perlindungan kepada-Mu dari ketidakbaikan angin ini, serta kejahatan yang Engkau berikan bersamanya.” (HR Muslim).

Sedangkan doa yang dipanjatkan saat adanya Hujan Disertai Petir dari riwayat hadits Imam Malik, Rasulullah Muhammad SAW menyebutkan doa, yaitu: “Subhanallazi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.”

YangArtinya: “Masa Suci Allah jika dengan memuji-Nya, bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena merasa takut kepada Allah SWT,” (HR Malik).

Adanya petir yang menggelegar bersama hujan yang turun sebagai tanda bahwa semua makhluk di bumi takut kepada Allah SWT. Sesungguhnya Allah maha kuasa akan setiap makhluk di bumi.

Semua doa di atas membuktikan bahwa manusia tidka lebih kuat dari kekuatan alam ciptaan Allah SWT. Bahkan, tidak bisa mengatur air hujan yang diturunkan ke bumi. Semoga Allah menjadikan hujan menjadi sumber keberkahan, bukan kerusakan, banjir,  dan mara bahaya lainnya.

Artikel menarik lainnya: Pondok Pesantren Yaspida Sukabumi Pusat Mendalami Ilmu Agama dan Lembaga Dakwah Islamiyah

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close