Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Tips Kehidupan

Anji Manji Mengajarkan Kita Harus Mencari Narasumber yang Tepat dan Tidak Membuat Konten Sembarangan

Konten Youtube Anji Manji menjadi pembicaraan publik dan publik mempertanyakan siapa sosok narasumber Profesor Hadi Pranoto itu sebenarnya. Banyak sekali netizen mencibir, karena menilai sosok yang diundang Anji tidak tepat membahas topik yang sedang dibicarakan. Akibatnya, sebagian penonton memberikan penilaian negatif hingga pihak youtube menghapus video tersebut.

Pembelajaran yang bisa dipetik dari konten Youtube Anji Manji adalah pembuat konten harus memilih narasumber yang dapa dipercaya. Narasumber selayaknya bisa memberikan informasi sesuai topik yang akan dibicarakan. Apalagi tema konten sedang menjadi pembicaraan hangat oleh publik, seperti cara mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus corona.

Pembuat konten harus mengundang narasumber yang kompeten untuk membahas suatu topik. Kalau tidak hasilnya bakal jauh dari harapan. Orang yang diajak berbicara mungkin tampak menyakinkan, namun apa yang dibicarakan ternyata ngawur dan tidak bisa dipercaya. Mari mencari narasumber yang tepat untuk konten yang akan kita garap.

Belajar dari Anji, Periksa dengan Baik Profil Narasumber yang Diajak Wawancara

Narasumber yang diundang akan lebih baik diperiksa dulu profilnya. Apakah orang yang diundang sesuai dengan topik konten yang akan dibuat. Misalnya, jika kita membicarakan tentang pendidikan di masa pandemi COVID-19, maka cari orang yang berkutat dibidang edukasi. Kita bisa memilih guru telah mengajar berpengalaman dan memiliki prestasi.

Guru yang memiliki pengalaman akan memahami kondisi dunia pendidikan dan perubahan yang terjadi setelah adanya wabah virus corona. Orang tersebut bisa menjadi narasumber yang memahami dampak dari perubahan pola pengajaran secara daring saat ini. Begitu pula dalam topik-topik lain, pastikan narasumber memiliki track record yang mumpuni dalam persoalan yang dibicarakan di konten nantinya.

Pembuat Konten Seperti Anji Harus Mengetahui Kualitas Narasumber

Ketika kita sudah merencanakan topik yang akan dibahas dalam konten mau itu blog atau youtube, sebaiknya memilih narasumber yang berkualitas. Seorang narasumber harus menguasai topic dan mampu mengukuti apa yang dibicarakan selama wawancara.

Di era dunia internet sekarang ini, orang akan dengan mudah mencari sosok pembicara yang ada di kontenmu. Apabila hal yang dibicarakan  tidak sesuai dengan topic yang sedang dibahas, maka menghasilkan informasi yang menyesatkan.

Pastikan pula, narasumber dapat memberikan informasi yang mudah dipahami oleh publik dan memberi pengetahuan yang sesuai fakta. Jangan sampai, narasumber hanya membicarakan asumsinya sendiri, tidak bisa diuji atau belum dibuktikan dan malah merugikan banyak orang.

Narasumber Mampu Memberikan Manfaat Bagi Orang Lain

Seseorang yang diajak menjadi narasumber selayaknya memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain. Ulasan yang dibahasnya bisa memberikan jawaban atas permasalahan yang sedang terjadi. Saat diwawancarai, narasumber memberikan jawaban sesuai dengan pengetahuan yang dikuasai. Narasumber yang yang tepat biasanya bisa memberikan informasi menarik tentang topik yang menjadi pembahasan. Jelaskan pula latar belakang keilmuan sang narasumber secara jelas agar lebih dipercaya oleh publik.

Demikian cara mencari narasumber yang tepat. Siapapun narasumber yang dipilih ketahui dulu seperti apa sosoknya. Apakah orang yang diajak sebagai pengisi konten harus memahami pertanyaan dan memberi jawaban sesuai topik. Ingat berhati-hati memilih narasumber. Kalau tidak kompeten ujung-ujungnya bakal apes dan diprotes oleh publik alias netizen yang maha benar.

Baca juga: 5 Cara Mengenali Tubuh Kamu Sedang Mengalami Kelelahan

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close