Tue. May 28th, 2024
    Tips Merawat Vespa TuaTips Merawat Vespa Tua

    Tips merawat Vespa tua penting diketahui bagi kamu yang suka agar tidak mudah mogok dan sulit dinyalakan. Apalagi menjaga mesin vespa tetap awet itu tidak mudah karena sesuai umur dan sering bermasalah.

    Meski ribet untuk menjaga mesin motor ini, tetapi vespa banyak disukai anak muda. Berikut tips merawat vespa agar tetap prima dan tetap aman dikendarai.

    Mencukupi Oli Samping Menjadi Tips Merawat Vespa Tua yang Penting

    Tips merawat Vespa tua agar tetap aman dan nyaman dikendarai adalah tetap mencukupi oli sampingnya. Kalau tidak mempehatikan oleh, maka jelaga akan semakin menumpuk. Sehingga, kerja mesin perlahan mulai terhambat. Oli samping mempunyai manfaat penting bagi mesin dua tak. Kalau tidak ada oli samping, akibatnya mesin akan mudah cepat panas.

    Gunakan bahan bakar beroktan tinggi

    Untuk menjaga mesin tetap bagus dan awet, gunakan bahan bakar beroktan tinggi. Sebisa mungkin kurangi penggunaan bakar motor vespa tua beroktan rendah (premium). Pakailah bahan bakar beroktan tinggi seperti Pertamax untuk motor Vespa tua kamu. Tahukah kawan Sabumi, bahan bakar yang memiliki oktan renda bisa menyisakan banyak jelaga. Akibtanya komponen pembakaran akan membuat kerja mesin terganggu.

    Biasakan Ganti Oli Mesin Setiap Satu Bulan Sekali

    Suka mengendarai vespa tetapi tidak memperhatikan oli samping sama saja bohong. Kamu sebaiknya biasakan menganti oli samping setiap satu bulan sekali. Kalaupun luma jangan kelamaan, setidaknya ganti olie setidaknya selama 2 bulan. Ganti oli mesin vespa secara rutin bisa membuat perjalanan tetap aman dan nyaman.

    Rawat Accu Vespa Agar Arus Listrik Tetap Baik

    Vespa perlu dirawat Accu secara rutin agar tersisi arus listrik tetap dalam kondisi baik. Saat arus listrik masuk ke accu membuat maka elemennya bereaksi. Cara merawat aki vespa dengan memperhatikan kutub-kutub aki dari karat. Perhatian ketinggian air aki jangan sampai kering. Ingat, apabila vespa mau ditinggal dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan aki motor vespa tua dari kutub-kutubnya.

    Tips Merawat Vespa tua dengan Sering Perhatikan Busi Agar Enggak Mudah Mogok

    Busi Vespa akan sering diganti dan menjadi elemen yang harus dimiliki cadangannya. Cara merawat vespa dengan baik, ganti busi dengan rutin. Masalah busi rusak biasanya terdapat kerak dan masalah sistem pengapian. Kerak busi muncul karena salah dalam memilih oleh samping dan pemakaian bahan bakar yang kurang pas.

    Bersihkan Karburator dengan Rutin

    Karburator yang tidak dirawat bisa membuat vespa tua kesayangan kamu mudah mogor. Cara merawat karburator dengan cara melepas dan membersihkan karburator dari kerak. Kotoran yang bisa menyumbat lobang aliran bensin dengan alat penyemprot udara atau karbu cleaner.

    Bersihkan Keran Bensin

    Vespa memiliki dua tipe tangki yaitu sebuah tangki bensin serta tangki oli berfungsi sebagai sistem pencampur oli otomatis. Cara membersihkannya dengan melepaskan keran bensin memakai kunci yang pas. Lalu, tangki dibersihkan sampai bersih menggunakan bensin. Upayakan angkat semua kotoran. Sementara, saluran keran bensin  dibersihkan dengan cara direndam dengan bensin.

    Kabel Perseneling Jangan Sampai Putus

    Perseneling terletak di bagian setir kemudi bagian kiri. Di tempat yang sama terdapat pula tuas kopling. Perhatikan kabel perseneling jangan sampai kendor, karena bisa membuat pindah gigi menjadi sulit. Cara merawat perseneling dengan menyetel kabel pada posisi gigi 4 dan satu kabel lainnya pada posisi gigi 1. Jangan sampai salah penyetelannya agar perpindahan gigi tidak kacau. Jika terasa kurang tarik bisa menjeadi indikator bahwa kabel persneling Vespa tua kamu mau putus.

    Merawat bodi Menjadi Tips Penting Merawat Vespa Tua

    Agar vespa tua tetap tampil kinclong, besihkan bodi dengan rutin. Terutama lumpur tidak dibiarkan lengket dalam waktu lama. Apabila terdapat karat, cobalah lakukan pengecatan pada bodi, karena dapat melindungi dari dari karat. Punya vespa tetapi penampilan enggak dijaga ya percuma saja.

    Vespa tua perlu dirawat dengan rutin agar tetap gesit dibawa kemana saja. Jika tidak bisa merawat sendiri, bawa saja ke ahlinya. Ada banyak bengkel khusus vespa yang bisa menjamin motor tetap prima.

    Artikel menarik lainnya: Apa Arti Boikot dan Dampaknya Terhadap Bisnis Produk Makanan, Minuman Hingga Jasa Pengiriman JNE

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *