Tips Menghadapi Sorotan Lampu Jauh Pada Malam Hari

Pengemudi harus mengerti kapan waktu yang tepat untuk menggunakan sorotan lampu jauh. Agar tidak mengganggu pengendara lain. Karena dapat memicu emosi pengguna jalan lain. Banyak pengendara yang menyalakan lampu jauh tanpa memikirkan pengendara lain.

Kendaraan dilengkapi dengan lampu depan yang dirancang untuk meningkatkan visibilitas saat berkendara di malam hari. Berkendara di malam hari biasanya membutuhkan tingkat kewaspadaan yang jauh lebih tinggi. Studi menunjukkan bahwa mengemudi di malam hari memiliki risiko kecelakaan yang jauh lebih tinggi daripada mengemudi di siang hari.

Lampu depan di kejauhan saat berkendara di malam hari untuk penerangan yang lebih baik. Namun, ingatlah untuk tidak menggunakan lampu jauh saat berada pada jarak 200-300 meter dari pengemudi lain. Saat mendekati kendaraan lain, gunakan lampu jauh sampai Anda dapat menghindarinya dengan aman.

Tips menghadapi sorotan lampu jauh pengemudi lain

Cara yang dapat Anda lakukan terhadap pengemudi yang sembarangan menyalakan lampu jauh harus dipikirkan. Pengemudi lain jangan sampai terganggu. Tujuannya untuk memberikan rasa aman dan lebih waspada saat menghadapinya.

Seperti menabrak lampu kendaraan lain saat berkendara di malam hari. Berkendara di malam hari biasanya lebih sepi karena kebanyakan orang sudah tertidur. Mobil pun bisa melaju lebih cepat tanpa gangguan. Namun, satu hal yang harus diperhatikan adalah cahaya yang datang dari arah berlawanan.

1. Bersikap Defensive Ketika Berhadapan dengan Sorotan Lampu Jauh

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah secara proaktif mengurangi kecepatan kendaraan Anda. Jika Anda berada di jalan dengan banyak jalur, pindahlah ke jalur paling kiri sehingga Anda berada sejauh mungkin dari lalu lintas yang datang.

Sebaiknya membiasakan mata kita agar tidak melihat langsung lampu mobil dari arah berlawanan. Mata digunakan untuk melihat objek lain seperti lebar jalur atau marka jalur.

2. Lihat ke arah kanan dengan Sorotan Lampu Jauh

Ketika seseorang berkendara ke arah Anda dengan lampu sorot menyala ke depan. Jadi jangan lihat secara langsung. Ini tidak disarankan karena akan memengaruhi penglihatan Anda bahkan saat mobil sedang melaju. Selain itu, hal ini juga dapat mengiritasi mata.

Anda bisa langsung buta segera setelah melihat langsung ke lampu yang berkedip. Jangan pernah merespon, apalagi menyalakan lampu sendiri. Hal ini dapat menyebabkan pengemudi lain merasakan apa yang kita rasakan, yaitu emosi dan mudah tersinggung. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa mobil akan hilang arah dan menyebabkan kecelakaan.

3. Pengemudi Bisa Mengatur Kaca Spion 

Sesuaikan atau lipat kaca spion. Ini dapat mencegah cermin memantulkan cahaya langsung ke mata Anda. Selain itu, opsi terbaik yang bisa Anda coba adalah menjauhi para pengemudi ugal-ugalan tersebut.

Perlambat mobil lalu hindari atau pindah jalur untuk menghindari tertabrak lampu depan kendaraanyang berlawanan. Saat berkendara di jalan raya, pastikan Anda berada di jalur yang benar agar tidak menghalangi kendaraan di belakang Anda.

Oleh karena itu, pengemudi harus menilai bahwa mobil berada di jalur aman saat bertemu dengan kendaraan lain yang datang dari arah berlawanan. Jika dirasa kurang pas, lebih baik pelan-pelan saja, Bila perlu anda bisa melewati kendaraan dan berhenti sejenak demi keamanan.

Artikel menarik lainnya: Motor Listrik Yamaha EO1, Kapan Mulai Dijual di Indonesia?

Aturan penggunaan Sorotan Lampu Jauh

Penggunaan sinar lampu tentu saja diperbolehkan. Hal ini dikarenakan lampu jauh bisa dipakai untuk menerangi jarak yang lebih jauh sehingga membuat penglihatan mata menjadi lebih jelas. Misalnya saat ingin melihat arah atau petunjuk lain, biasanya menggunakan lampu jauh.

Selain itu, penggunaan sorotan lampu jauh sebenarnya diperlukan ketika kondisi kendaraan cukup cepat. Hal ini Ini memastikan keadaan jalan di depan terlepas dari apakah ada hambatan atau tidak. Namun, penggunaan sorotan lampu jauh tetap etis mengingat terkadang membutakan pandangan pengendara lain.

Sinar lampu pada lampu jarak jauh diarahkan menyorot ke arah tengah-tengah jalan yang akan dilewati pengendara. Dengan begitu, pengendara gampang mendeteksi jalan maupun kendaraan yang datang dari arah yang berlawanan. Tidak seperti lampu jarak dekat dapat dinyalakan kapan saja, lampu jarak jauh Cuma bisa digunakan pada waktu tertentu.

Artikel menarik lainnya: Cara Kunci Stang Motor dan Pengaman Ganda Biar Aman Tidak Dicuri Maling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *