Tips Mengatasi Ketakutan Terbang Naik Pesawat dengan Barpikir Positif Hingga Jangan Panik

mengatasi ketakutan terbang

Kita semua suka bepergian dan melihat tempat-tempat baru, tetapi ada saja orang sulit mengatasi ketakutan terbang ketika naik pesawat. Untuk beberapa orang, terbang dapat merepotkan, tidak nyaman; hingga menakutkan.

Ketakutan terbang bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk claustrophobia atau rasa takut akan ketinggian. Tidak peduli berapa kali mereka mendengar statistik tentang seberapa aman terbang dibandingkan berpergian melalui jalur darat. Namun tidak masalah, Ada kok tips yang dapat membantu untuk mengatasi ketakutan terbang.

Ayo dong jangan biarkan terus dihantui takut terbang menaiki pesawat dan ubah cara hidup Anda. Berikut ini beberapa tips tentang cara mengatasi rasa takut terbang.

Baca juga : Jangan Sebarkan Foto Korban Pesawat Jatuh

Tips Mengatasi Ketakutan Terbang Sejak Sebelum Perjalanan Dimulai

Memahami bagaimana pesawat terbang di udara. Bagi banyak penumpang yang takut ketika berada di pesawat, ada baiknya mempelajari dasar-dasar bagaimana pesawat terbang bekerja, karena bisa sangat membantu meredakan kecemasan mereka. Misalnya, memahami bagaimana sebuah pesawat dapat terus terbang bahkan ketika terjadi gangguan di udara. Ketahui pula bagaimana pesawat terbang di udara, apa yang menyebabkan turbulensi, dan apa yang ada di balik suara menakutkan saat lepas landas dan mendarat.

Biasakan diri dengan pesawat Anda. Cobalah sering melihat gambar pesawat, Anda bisa memasangnya di handphone atau laptop. Anda harus mencoba melawan ketakutan dengan terbiasa dengan banyak hal mengenai pesawat terbang.

Pilih tempat duduk di lorong. Kebanyakan maskapai penerbangan dapat melakukan pemilihan kursi saat memesan jadwal penerbangan. Minta tempat duduk di lorong, terutama jika Anda rentan terhadap claustrophobia; Anda akan dapat bangun dan bergerak di sekitar kabin dengan lebih mudah. HIndari melihat keluar jendela jika pandangan langit biru justru membuat Anda gugup.

Hindari film bencana pesawat terbang. Liputan berita tentang kecelakaan pesawat atau gambar media yang menakutkan lainnya. Ingat bahwa sebagian besar penerbangan tiba dengan selamat, tetapi hanya penerbangan masalah yang diberitakan media massa. Jangan biarkan hal itu merusak kesan Anda tentang terbang.

Berpikir positif. Pada hari-hari menjelang penerbangan biasanya membuat rasa cemas semakin tinggi. Sebaliknya, cobalah berfokus pada hal-hal yang lebih positif-seperti semua hal menyenangkan yang akan Anda lakukan setelah mencapai tujuan Anda.

Mengatasi Ketakutan Terbang Saat Di Bandara

Jangan terburu-buru. Pergilah dengan meluangkan waktu lebih senggang ketika pergi ke bandara. Namun, bukan berarti tidak mengikuti jadwal keberangkatan. Jika pergi terburu-buru dan Berlari, karena khawatir tertinggal pesawat Anda hanya akan menambah kecemasan diri Anda.

Menanti penerbangan di ruang tunggu. Sebagian besar maskapai penerbangan memiliki ruang tunggu bandara pribadi yang tenang, Anda bisa bersantai sambil menenangkan menenangkan diri Sembari mempersiapkan diri untuk penerbangan.

Baca juga : Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan yang Tidak Kamu Ketahui

Tetap Tenang Ketika Berada Di Pesawat

Temui kru. Jika merasa was-was Anda bisa mengajak awak kabin seperti pramugari untuk berbicara. Kru pesawat sudah terlatih untuk menghadapi berbagai kondisi selama penerbangan. Hal tersebut dapat membuat Anda merasa aman, karena mereka memiliki pengetahuan dan kemampuan yang sangat kompeten.

Dengarkan musik. Pasang musik di ponsel atau tablet. Cobalah dengarkan musik menenangkan untuk membantu Anda masuk ke dalam kerangka berpikir yang damai.

Bernapas dengan tenang. Ketika kecemasan meningkat, tarik nafas dalam-dalam sebagi penghilang stres. Bernapaslah perlahan dan dalam untuk hitungan 5 atau 10 detik.

Baca atau tonton sesuatu yang menyenangkan. Membaca majalah atau buku yang bagus dapat mengalihkan pikiran Anda mengatasi ketakutan terbang.Coba juga menonton film favorit dari laptop Anda.

Hindari kafein. Kafein merupakan stimulan dapat membuat Anda semakin gelisah.

Jadi, upayakan diri Anda untuk tenang dari sebelum melakukan penerbangan hingga saat berada di dalam pesawat terbang. Jangan biarkan rencana liburan Anda terganggu karena memiliki rasa ketakutan terhadap ketinggian atau karena alasan lainnya. Atur jadwal liburan dan mari nikmati pejalanan yang menyenangkan dengan melawan ketakutan selama penerbangan.

One thought on “Tips Mengatasi Ketakutan Terbang Naik Pesawat dengan Barpikir Positif Hingga Jangan Panik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.