Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Tips dan Trik

Tips memilih Mobil Bekas untuk Keluarga yang Nyaman dan Murah di Kantong

Tips memilih mobil bekas untuk keluarga melihat kebutuhan semua orang, namun perlu teliti untuk menentukan yang berkualitas. Jumlah penumpang menjadi perhitungan utama, misalnya bisa membawa 4-8 orang.

Mobil keluarga yang dipilih biasanya berdasarkan jumlah daya tampung ini, ukuran ruang kabin luas, dan berfungsi dalam berbagai kegiatan. Varian kendaraan ini sangat laku dijual di Indonesia, karena kebiasaan pergi secara bersama. Tidak heran pabriknya terus membuat desain mobil keluarga yang menarik.

Ada banyak merek, jenis, ukuran, dan model mobil keluarga yang menarik untuk dibeli. Karena banyak sekali sampai kesulitan memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini bagian penting yang perlu dilirik ketika membeli mobil bekas.

1. Tips Memilih Mobil Bekas untuk Keluarga Perhatikan Harganya

Sebelum membel mobil bekas untuk keluarga perhitungkan lebih dulu kemampuan finansial yang dimiliki. Ada banyak mobil MPV di Indonesia dengan harga bersaing. Jadi, pertimbangkan lebih dulu kelebihan apakah sesuai dengan harga yang ditawarkan. Apabila harganya sesuai kenyamanan, bahan bakar yang irit, biaya merawatnya terjangkau, maka mobil keluarga itu bisa menjadi pilihan.

Pikirkan pula harga jual kembali, agar nilainya tidak terlalu rendah ketika ingin menjualnya kembali. Pelajari pula tingkat permintaan pasar untuk mobil bekas. Kendaraan yang banyak peminat, harga jual akan lebih tinggi. Sehingga, dapat segera dijual saat kebutuhan mendesak.

2. Pilih Mobil Bekas Keluarga Berkapasitas Besar

Mobil bekas keluarga yang dipilih harus dipastikan mempunyai kapasitas bisa menampung banyak orang. Pikirkan ruang kabin yang luas untuk membuat semua anggota keluarga nyaman, baik dari ruang kaki, ruang kepala, dan penyimpanan barang (bagasi).

Pertimbangkan pula adanya tempat duduk tambahan, digunakan jika membawa pengasuh atau asisten rumah tangga. Mobil yang dipilih sesuai jumlah anggota keluarga, misalnya memiliki 4 tempat duduk dan maksimal dua orang anak. Sedangkan, memiliki lebih dua orang anak, pilihlah mobil dengan 7 tempat duduk.

3. Pertimbangkan Fasilitas Keselelamatan Mobil

Jangan sampai abai mengecek sistem keselamatan mobil bekas untuk keluarga. Periksa fitur keselamatan, misalnya sabuk pengaman, airbag, ISOFIX (pengunci kursi bayi di baris belakang) dan lain-lain. Jika semuanya tersedia, maka akan menunjang keamanan selama dalam perjalanan.

Apabila membawa bayi, utamakan mobil yang mempunyai sistem child safety lock. Agar si kecil tetap aman di dalamnya tetap terjaga. Ketika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan, maka potensi penumpang menalami cedera dapat dikurangi.

4. Tip Memilih Mobil Bekas untuk Keluarga dengan Bagasi yang Cukup untuk Barang Bawaan

Ketika pergi bersama keluarga, barang yang dibawa pasti banyak karena jumlah banyak orang yang ikut. Sehingga, kebutuhan bagasi yang luas harus menjadi pertimbangan. Jangan sampai berpergian bersama keluarga dikabin malah penuh sesang dengan barang bawaan.

Mobil MPV untuk keluarga tidak memiliki ruang bagasi khusus, namun tempat duduk bagian belakang bisa digunakan untuk menyimpan barang, karena kursinya dapat dilipat. Pilihan mobil tipe hatchback atau SUV tepat pula untuk keluarga, sebab dilengkapi bagasi besar. Apabila pilihannya mobil van harus pintar mengatur barang bawaan, karena tempat penyimpanannya relatif kecil.

5. Beli Mobil Irit BBM dan Biaya Perawatan yang Ringan

Mobil bekas untuk keluarga akan sering digunakan, seperti membawa anak ke sekolah, pergi kerja ke kantor, hingga berwisata. Maka kendaraan irit BBM enjadi pilihannya, agar pengeluaran tidak terasa berat di kantong.

Biaya perawatan mobil juga harus diperhitungkan. Caranya dengan mengetahui informasi masalah yang biasanya dihadapi. Sehingga, pemilik mobil dapat memperkirakan jumlah biaya yang harus dikeluarkan ketika harus melakukan perawatan mobil.

Begitu banyak mobil bekas untuk keluarga yang dijual di pasaran dengan fitur menarik dan lengkap. Harga yang lebih murah dibandingkan mobil baru kualitasnya tidak akan jauh berbeda, jika memperhatikan seluruh kondisi mobil.

Artikel menarik lainnya: Persyaratan CPNS 2021 dan Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil Melalui https://sscasn.bkn.go.id/

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *