Tips dan Trik

Syarat dan Cara Mencairkan BLT BBM Rp 600 Ribu

Syarat dan Cara Mencairkan BLT BBM Rp 600 Ribu. Pemerintah memberikan subsidi kepada masyarakat dengan jumlah lebih banyak. Sebab, subsidi BBM dialihkan untuk kesejahteraan. Terakhir, pemerintah akan menyalurkan BBM BLT pada September 2022.

Bantuan Sosial BBM ini akan disalurkan kepada rumah tangga miskin di Indonesia untuk ansipasi kenaikan harga BBM partalit dan solar.

BLT BBM senilai Rp 600.000 per keluarga menggunakan sistem pendistribusian BBM BLT dengan sistem top up dari masing-masing KPM Bansos dan tidak dapat digandakan.

Jumlah dan Syarat Mencairkan BLT BBM Rp 600 ribu

BLT BBM ini merupakan tambahan bantuan pemerintah kepada rumah tangga miskin yang berasal dari bantuan minyak tanah (BBM) bersubsidi. Berdasarkan kebijakan Kementerian Sosial (Kemensos), disediakan dana  untuk 20,65 juta rumah tangga yang terdaftar sebagai penerima BLT BBM. Jumlah anggaran yang diberikan sekitar Rp 12,4 triliun.

Bantuan Rp 600.000 akan diberikan dari bulan September hingga Desember 2022. Oleh karena itu, pemerintah menyalurkan bantuan Rp 150.000 per bulan yang dibagi menjadi dua tahap.

Tahap pertama September ini Rp300 ribu dilanjutkan nanti pada tahap keduanya pada Desember ini, senilai Rp 300 ribu lagi. Karena pemerintah bekerjasama dengan PT Kantor Pos Indonesia, maka pencairan BLT BBM ini bisa dilakukan di Kantor Pos terdekat.

Syarat dan cara mencairkan BLT BBM Rp600 ribu 

Tahap pertama bantuan diberikan pada bulan September tahun sejumlah Rp 300.000 dan tahap kedua pada bulan Desember Rp 300.000 lagi. Pemerintah bekerja sama dengan Kantor Pos Indonesia dalam proses penyaluran. Sehingga penerima manfaat BBM BLT bisa mengambil di kantor pos terdekat.

Syarat dan cara penarikan BLT BBM Rp600.000 adalah sebagai berikut:

  1. Bawa Surat Undangan Pencairan, KTP dan KK ke Kantor Pos terdekat. Undangan diberikan oleh pemerintah desa atau RT / RW lokal beberapa hari sebelum kalender pencairan.
  2. Datanglah ke Kantor Pos sesuai dengan tanggal Undangan.
  3. Ambil nomor tunggu.
  4. Kasih berkas ke karyawan kantor pos.
  5. Jika valid atau sah, BLT BBM akan bisa dicairkan.

Cara Cek Penerima di Situs cekbansos.kemensos.go.id

Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari BBM Pemerintah. Penerima dapat memeriksa penerima BLT BBM dengan membuka halaman cekbansos.kemensos.go.id. Dianjurkan kepada masyarakat untuk mengetahui cara memeriksa penerima BLT BBM untuk dapat menemukan hak untuk menerima atau bukan penerima bantuan.

Berikut cara memeriksa penerima BLT BBM suapaya bisa mengetahui sebagai penerima manfaat atau tidak:

  1. Buka tautan atau link resmi https://cekbansos.kemensos.go.id/.
  2. Lalu memasukkan data pribadi dan alamat sesuai dengan KTP yang terdiri dari: Kota/ kabupaten, kecamatan, dan Kelurahan / desa
  3. Kemudian masukkan nama seperti yang ditunjukkan pada kartu identitas (KTP)
  4. Kemudian masukkan atau ketik 8 huruf dari kode chapta yang tersedia.
  5. Akhirnya, klik “Cari Data”
  6. Hasilnya akan muncul secara otomatis.

Artikel menarik lainnya: Cara Pengajuan Kredit Mobil Syariah

Apabila Sebagai Penerima Manfaat Sesuai Syarat dan Cara Mencairkan BLT BBM Rp 600 Ribu

Jika ditunjuk sebagai penerima manfaat, identitas lengkap dengan namanya akan muncul dalam data yang ditampilkan. Data yang ditampilkan secara rinci meliputi: Usia, Geser data yang disisi kanan “BLT-BBM”, dan Periksa Status dan Periode Penerimaan.

Pemerintah akan mendistribusikan bantuan BLT 600.000 BLT dua kali, pada bulan September 2022 dan Desember 2022. BLT BBM disalurkan dalam layanan kantor pos di berbagai wilayah di Indonesia.

Penerima BLTBBM adalah mereka yang termasuk dalam KPM dari dua program bantuan sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial. Antara lain, yaitu Program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Artikel menarik lainnya: Butuh CCTV untuk Rumah Simak Tips Memilih Distributor Terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *