Begini loh Pengalaman Membuat SKCK di Polres Tanpa Ribet

membuat SKCK di Polres

Bagi Anda yang ingin menjadi PNS dan keperluan kerja lainnnya diminta membuat SKCK di Polres. Jangan ragu dan bimbang, karena membuatnya memang mudah sekali. Enggak usah takut pula untuk segera pergi ke kantor polisi.

SKCK (Surat Catatan Keterangan Kepolisian) pernah dikenal dengan nama SKKB (Surat Keterangan Kelakuan Baik). SKKB sebagai keterangan bahwa pemiliknya tidak pernah melakukan kejahatan dalam masa waktu dikeluarkannya surat tersebut. Fungsi SKCK juga sama, dibuat berasarkan data diri si pemohon dan dari catatan di kepolisian.

Bagi yang belum pernah membuat SKCK mungkin berpikir membuat SKCK di Polres itu ribet padahal enggak sama sekali. Anda hanya cukup mempersiapkan semua persyaratan dan pergilah ke Kantor Polres di Kota masing-masing.

Baca juga : Jangan Buang-Buang Kuota, Ini Loh Manfaat Internet Dibidang Pendidikan

Enggak Usah Ragu Membuat SKCK di Polres itu Mudah

Sebelumnya pembuatan SKCK bisa berbeda disetiap daerah, ada yang membuatnya di Polsek (Kepolisian Sektor) atau di Polres (Kepolisian Resor). Kalau Polsek itu merupakan struktur komando Kepolisian Republik Indonesia di tingkat kecamatan. Sedangkan Polres terdapat di daerah kabupaten/kota. Jadi cari informasi dulu, pembuatan di kota Anda dilakukan di Polsek atau di Polres.

Cara membuat SKCK yang dijelaskan dalam tulisan ini proses secara offline dan langsung jadi dilakukan di Polres, bagaimana tahapannya?

Persiapkan Surat Pengantar dari Tingkat Kelurahan

Jangan langsung pergi ke kelurahan ya, Anda harus meminta surat pengantar dari tingkat RT dan mintalah ditandatangani Pak RW. Kalau di tempat tinggal saya, surat pengantar ini disimpan di Pak RT isinya memuat data diri Anda, lalu disebutkan untuk keperluan apa (misal keterangan usaha dan SKCK). Lalu, surat itu dibawa kepada Pak RW untuk ditandatangani.

Ingat enggak perlu bayar dan jangan mau kasih uang untuk proses membuat SKCK di Polres. Setelah itu, bawa surat tersebut ke kantor kelurahan atau kepala desa. Katakan kepada petugas kelurahan ingin membuat SKCK, mereka akan membuat suratnya segera dan tunggu saja. Setelah ditandatangani, surat keterangan kelurahan pun jadi, lalu bawalah ke kantor Polres. Semudah itu? Iya emang mudah.

Ingat Bawa Semua Persyaratan Membuat SKCK Sebelum ke Kantor Polres

Kalau surat keterangan dari kelurahan sudah dipegang, siapkan semua persyaratan yang dibutuhkan, antara lain : Fotokopi KTP, Fotokopi kartu keluarga, dan Fotokopi Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir/Ijazah Terakhir. Siapkan pula foto 4×6 dengan latar merah sebanyak 6 lembar.

Ketika semua persyaratan sudah lengkap, tinggal pergi ke kantor Polres sesuai tempat tinggal. Kebetulan saya mengurus SKCK di kantor Polres Cianjur sesuai alamat di KTP saya. Pembuatan SKCK ini menyesuaikan waktu kerja di Polres dan biasanya mulai pukul 08.00 WIB sudah melayani pemohon. Oh ya, jangan sampai datang di jam istirahat pukul 12.00 WIB, karena akan disuruh menunggu hingga pukul 13.00 WIB.

Setelah sampai di kantor Polres, segera ke loket membuat SKCK di Polres dan petugasnya akan menanyakan untuk kebutuhan apa. Selanjutanya, petugas akan memberikan blanko kosong berisi data pribadi yang memuat pernyataan tidak pernah melakukan kejahatan apapun.

Setelah blanko sudah diisi, Petugas akan menyuruh proses perekaman sidirik jari dan akan ditunjukkan lokasinya. Proses perekaman sidik jari juga sangat cepat dan menunggu antrian. Jika proses perekaman sidik jari usai, maka segera kembalikan hasil disik jadi dan blanko yang diisi ke loket kembali.

Baca juga : Keutamaan Hari Asyura Bagi Yayasan Annuriyah Alqasimy Sukaraja Sukabumi

Pada saat menyerahkan blanko yang sudah diisi dan hasil sidik jari, petugas akan meminta biaya pembuatan SKCK. Biayanya adalah Rp30.000. Nah, setelah menyerahkan uang tersebut, pemohon tinggal menunggu hasil SKCK sesuai data diri pemiliknya. Tunggu saja, petugas akan memanggil nama Anda dan menyerahkan SKCK yang telah selesai.

Demikianlah cara mudah pembuatan SKCK di Polres dan prosesnya cepat sekali. Asalkan, tidak terdapat antrian yang panjang. Pada masa penerimaan CPNS, antrian pembuatan SKCK akan panjang sekali. Jadi sabarlah mengantri. Kalau bingung, jangan sungkan bertanya kepada petugas kepolisian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.