Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Tips dan Trik

Manfaat Safety Belt yang Sering Tak Digunakan dan Diduga Menjadi Penyebab Penumpang Terpental dari Mobil

Manfaat safety belt masih sering diacuhkan pengguna mobil, baik itu sopir maupun penumpang. Maka, perlu memberi pengetahuan yang benar tentang memakai sabuk keselamatan ketika berada di kendaraan roda empat.

Kawan Sabumi perlu mengetahui bahwa mobil dilengkapi perangkat keamanan yang bermanfaat bagi penggunanya ketika terjadi kecelakaan. Perangkat keselamatan itu antara lain: safety belt, bantal pengaman (airbag) dan perlengkapan medis. Semua perangkat tersebut sebagai pencegahan untuk mengurangi angka kematian terutama di jalan tol.

Safety belt menjadi perangkat yang paling penting digunakan oleh pengemudi dan penumpang mobil terutama ketika melakukan perjalanan jauh. Karena sangat berisiko, dan berpotensi terjadi kecelakaan lalu lintas.

Manfaat Safety Belt atau Sabuk Keselamatan Bagi Pengemudi dan Penumpang Kendaraan Roda Empat

Penggunaan safety belt adalah suatu kewajiban bagi pengemudi dan penumpang yang harus dilakukan sebelum kendaraan bergerak. Hal itu, sesuai dengan aturan dalam UULAJ No.22/2009. Alasan utamanya, bisa melindungi pengguna dari cedera yang lebih parah ketika terjadi kecelakaan di jalan raya.

Sabuk keselamatan yang ada di mobil bukan hanya hiasan, melainkan alat yang memiliki fungsi sangat penting. Jika tidak memakai safety belt akan berdampak pada risiko cidera yang cukup parah, karena terbentur dan terpental dari kendaraan.

Sabuk Keselamatan memiliki manfaat yang sangat banyak  ketika terjadi kecelakaan. Adapun manfaat Sabuk Keselamatan/ Safety Belt, antara lain:

  1. Seat Belt mengurangi Resiko Cidera Parah Saat Kecelakaan.
  2. Mencegah kepala pengemudi membentur bagian Kaca Depan ketika mengalami Kecelakaan.
  3. Mengantisipasi pengemudi agar tidak terbentur ke Setir / roda kemudi.
  4. Mengurangi Kemungkinan Terlempar atau terpental keluar dan mencegah risiko terbentur Dasbor Mobil.

Dari penjelasan di atas, pengguna mobil harus menyadari manfaat seat belt. Jadi, sabuk pengaman wajib digunakan bukan karena adanya Polisi Lalu Lintas, melainkan karena kesadaran diri sendiri ketika akan mengendarai kendaraan.

Safety Belt Membuat Pengemudi dan Penumpang Lebih Aman

Ada banyak alasan pengguna kendaraan mobil enggak mamakai safety belt. Dari alasan cuma pergi dengan jarak dekat, lupa menggunakannya, tidak nyaman karena merasa terikat, hingga karena orang di sebelah tempat duduk tidak menggunakan sabuk keselamatan juga.

Padahal, fungsi dari menggunakan safety belt bagi sopir dan penumpang yang membuat lebih aman dan nyaman. Penggunaan sabuk keselamatan perlu terus dibiasakan ketika berkendara baik itu berjarak dekat atau jauh.

Tujuannya agar pengemudi dan penumpang tetap terjaga posisinya dan menghindari dampak buruk ketika berhenti mendadak bahkan saat ditabrak oleh kendaraan lain.

Jadi, tetap pakai sabuk keselamatan sebelum kendaraan akan melaju, karena memiliki manfaat yang sangat signifikan bagi pengguna kendaraan roda empat. Bukan karena peraturan takut terhadap aturan semata. Jangan remehkan manfaat safety belt karena sangat berfungsi penting untuk menjaga keselamatan bagi penumpang dan pengemudi.

Artikel menarik lainnya: Link Twibbon Hari Pahlawan 2021, Merayakan Semangat Kepahlawanan Secara Online

Tags

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close