Sun. May 26th, 2024
    Berapa Batas Kecepatan Berkendara di Jalan TolBerapa Batas Kecepatan Berkendara di Jalan Tol

    Kecelakaan mobil Vanessa Angel yang membuat mobilnya ringsek, membuat banyak orang bertanya berapa batas kecepatan berkendara di jalan tol? Pengeudi kendaraan tidak bisa seenaknya melaju dengan kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan. Karena sudah ada aturan yang membatasi pengendara tidak boleh terlalu kencang ketika mengendarai mobil.

    Aturan yang membatasi kecepatan berkendara di jalan tol itu bertujuan untuk menjaga kendaraan agar tetap fokus dan tidak terjadi kecelakaan. Apalagi banyak titik rawan kecelakaan yang membuat mobil tidak fokus  dan sulit terhindar dari menabrak kendaraan lain atau pembatas jalan.

    Untuk mengantisipasi pengemudi ugal-ugalan di jalan tol, maka dibuat aturan kecepatan berkendara. Aturan tersebut dimuat dalam pPraturan Pemerintah no 79 tahun 2013 mengenai jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 23 ayat 4. Selain itu, ada pula Peraturan Menteri Perhubungan tentang Tata Cara Penetapan Batas Kendaraan pasal 3 ayat 4 pada pasal 23 ayat 4.

    Adapun aturan batas maksimal kecepatan di jalan tol adalah 60 km-100 km per jam. Sedangan di tol dalam kota, pengendara hanya bisa melajukan kecepatan berkendara yaitu (60-80 Km/Jam). Sementara, di tol luar kota yaitu kecepatannya minimal (60 Km/Jam) dan maksimal (100 Km/Jam).

    Oleh karena itu, setiap pengemudi mobil harus focus tetap mematuhi batas kecepatan sesuai aturan di atas. Apalagi tetap dibutuhkan konsentrasi untuk agar tidak terjadi kecelakaan secara tunggal ataupun melibatkan kendaraan lainnya.

    Patuhi Batas Berkendara di Jalan tol Agar Tidak Mati Kemudian

    Pengemudi mobil di jalan raya harus memperhatikan laju kendaraan secara ekstra karena hanya boleh dengan kecepatan maksimal 100 km/jam. Sedangkan, kecepatan terendah 40 km/jam. Jika melewati batas kecepatan tersebut, maka sangat berisiko mengalami kecelakaan.

    Dari pemberitaan yang beredar tentang kecelakaan Vanessa Angel, sang supir diduga tidak konsentrasi dan sempat bermain instagram. Adapula dugaan pengemudi mengalami Microsleep yaitu kondisi terjadi sesi tidur singkat dalam waktu dari 30 detik yang sering membuat kecelakaan kendaraan bermotor. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berekendaraan di jalan tol.

    Hal yang Sebaiknya Dilakukan oleh Pengemudi Berkendara di Jalan Tol

    1. Jangan Mendahului Kendaraan Secara Ugal-Ugalan. Ketika ingin melewati mobil lain, atur kecepatan agar lebih cepat dibandingkan mobil lain. Perhatikan secara berhati-hati mendahului kendaraan dan gaya mengemudi jangan sampai ugal-ugalan.
    2. Melihat Spion Sebelum Menyalakan Lampu Sein. Lakukan menyalakan lampu sein untuk tanda mendahului, sebaiknya perhatikan spion untuk melihat kendaraan lain. Agar bisa memperhatikan mobil lain di jalan tol.
    3. Kembali ke Lajur Asal, Jika Melihat Kedipan Lampu. Apabila ingin melewati kendaraan di jalan tol dan melihat kedipan lampu sebaiknya kembali ke lajur awal.Karena tidak tidak boleh menghalangi kendaraan lain.
    4. Naikkan Kecepatan secara Hati-Hati jika Ingin Melewati Kendaraan lain. Apabila ingin mendahului mobil sebaiknya menambah kecepatannya jika ingin mendahuluinya. Apabila tidak bisa melakukannya, mundur kembali dan menjauh dari kendaraan lain.
    5. Bunyikan klakson atau Kedipkan Lampu jika Tidak Punya Peluang Mendahului Mobil Lain. Mobil yang lebih cepat biasanya melaju pada lajur paling kanan. Sedangkan, kendaraan paling lambat posisinya di sebelah kiri. Jika ingin mendahului dan sulit untuk mendahului mobil lain, sebaiknya menunggu lajur kosong. Jika mengalami kesulitan, cobalah menyalakan klakson atau kedipan lampu sebagai penanda agar pengendara lain di depan yang melambat agar meminggir dari lajur kanan.

    Demikian informasi mengenai berapa Batas Kecepatan Berkendara di Jalan Told an cara berkendara di jalan tol yang untuk mencegah kecelakaan. Sebaiknya perhatikan kendaraan lain kalau mau mendahului mobil lain. Jangan ugal-ugalan dan perhatikan keselamatan apalagi kalau membawa banyak penumpang di mobil yang sedang dikendarai.

    Artikel menarik lainnya: Manfaat Safety Belt yang Sering Tak Digunakan dan Diduga Menjadi Penyebab Penumpang Terpental dari Mobil

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *