Kamu Bisa Mencegah Pelecehan Seksual di KRL dan Tempat Umum Lainnya Dengan 5 Cara ini

infografis mencegah pelecehan seksual di KRL dan tempat umum

Jangan sampai terjadi pada kaum perempuan dan harus mencegah pelecehan seksual di KRL dan tempat umum lainnya. Berikut adalah seri Infografis #PerempuanBangga bersama perEMPUan sebagai upaya terhadap kepedulian untuk mencegah tindakan kekerasaan dan pelecehan seksual pada perempuan.

Sebelum tindakan buruk terjadi pada diri kita, ada baiknya melakukan pencegahan dan melindungi dari kekerasan dan pelecehan yang kerap terjadi di tempat umum.

Baca juga : Saring Sebelum Sharing Literasi Digital dari Kang Maman Bersama Tompi dan Glenn

Mencegah Pelecehan Seksual di KRL dan Tempat Umum Lainnya dengan Menutupi Dada

Saat berjalan dan berdiri di tempat umum yang ramai, tutupi dada dengan melipat tangan atau barang bawaan seperti tas, buku dan map. Apalagi kalau sedang melewati gang yang sempit dan berada dalam kendaraan umum yang sedang padat-padatnya.

Pelaku pelecehan seksual sering melakukan tindakan ketika dinilai lokasi dan situasinya dianggap membuat korbannya tidak melawan atau berteriak.

Tidak Memakai Headset

Mencegah pelecehan seksual di KRL dan tempat umum lainnya dengan tidak memakai headset. Sebaiknya Anda tidak menggunakan headset ketika berada di kendaraan umum.

Pasalnya, berdasarkan sebuah penelitian bahwa musik dapat membuat seseorang rileks dan menurunkan tingkat kewaspadaan. Apalagi kalau situasi dengan ramai, jangan sampai tidak peduli dengan kondisi sekitar tempat Anda berada.

Tidak Fokus Pada Ponsel

Upaya mencegah pelecehan seksual di KRL dan tempat umum lainnya dengan tidak memankan ponsel. Selain itu, Anda bisa terhindar dari kasus perampokan handphone yang sedang dipegang. Tidak fokus pada ponsel dapat membuat Anda juga lebih peduli dengan kondisi lingkungan sekitar.

Meski Mengantuk, Upayakan Tidak Tertidur di Tempat Umum

Jangan tidur ketika berada di kendaraan umum, terutama saat sedang duduk. Apalagi sedang bersebelahan dengan lawan jenis. Gunakan tas atau map yang bisa menutupi dada dari samping. Tangan liar pelaku pelecehan seksual sering kali tidak dapat diduga kapan melakukan aksinya.

Baca juga : Pengalaman Berobat Penyakit Asam Urat Menggunakan BPJS Kesehatan

Waspada Saat Duduk Bersebelahan dengan Lawan Jenis

Anda harus waspada ketika duduk bersebelahan dengan laki-laki, terutama kalau terus-menerus menatap ke arah Anda. Hal tersebut bisa menjadi tanda adanya niat buruk. Tatap mata pelaku apabila sudah merasa tidak nyaman dan harus menunjukkan perlawanan Anda terhadap pelaku pelecehan seksual.

Jangan ragu untuk berteriak dan melaporkan kepada petugas keamanan atau orang di sekeliling Anda, agar pelaku pelecehan seksual tidak kabur dan tidak bisa menghindar. Mari bersama tetap waspada agar terhindar dari tindakan kekerasan dan pelecehan seksual di tempat umum.

One thought on “Kamu Bisa Mencegah Pelecehan Seksual di KRL dan Tempat Umum Lainnya Dengan 5 Cara ini”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.