Tips dan Trik

Inilah 3 Cara Menghemat Biaya Pernikahan yang Perlu Diketahui Calon Pengantin

Cari tahu bagaimana cara menghemat biaya pernikahan agar tidak menyesal setelah resepsi malah kehabisan uang untuk biaya hidup sehari-hari. Menikah adalah momen terpenting dalam hidup. Namun bukan berarti harus harus mengeluarkan terlalu banyak uang untuk pesta satu hari saja.

Seperti yang diketahui, anggaran pernikahan tidak murah dan bisa disiasati dengan membuat perhitungan dana yang akan dikeluarkan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memotong biaya pengeluaran tanpa mengurangi kualitas pesta pernikahan.

Inilah Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menghemat Biaya Pernikahan

Biaya Foto dan Video 

Seorang fotografer pernikahan profesional dapat menetapkan biaya pernikahan bisa dari Rp10juta-Rp30 juta. Daripada mengeluarkan biaya terlalu mahal, Anda mungkin bisa meminta tolong teman atau kerabat Anda untuk mengambil foto pernikahan. Foto dan video pernikahan adalah hal yang dapat menghidupkan kembali momen pernikahan Anda di masa depan.

Jika Anda benar-benar perlu mengurangi anggaran, cobalah bertanya ke orang yang dikenal atau klub fotografi. Ada banyak orang yang mempunyai hobi fotografi dan tidak keberatan memberikan harga yang lebih murah. Bayarlah fotografer lebih dulu membuat foto atau video pre-wedding. Jika hasilnya memuaskan, maka bisa dibayar untuk membayar fotografer tersebut untuk hari pernikahan.

Mengurangi Biaya dari Segi Tempat Pernikahan

Jika dapat menghemat uang dengan melaksanakan pernikahan di rumah secara gratis, tidak ada salahnya tidak perlu menyewa gedung segala. Pastikan saja rumah yang menjadi tempat pernikahan bisa  tamu merasa nyaman. Pesta pernikahan tetap bisa terlaksana tanpa perlu menyewa tempat yang mahal. Kalau pun tidak, carilah tempat pernikahan yang lebih murah dan terjangkau. Tamu akan datang asalkan lokasinya mudah dijangkau dan tidak membuat tamu kebingungan ketika kondangan.

Menghemat Biaya Catering Pernikahan

Biaya makan termasuk anggaran yang cukup besar dan nilainya bisa menghabiskan setengah biaya pernikahan. Kalau biaya makan dan minum ingin murah bisa dilakukan dengan tanpa membayar catering. Masaklah di rumah dengan melibatkan saudara dan tetangga.

Dengan begitu, biaya makanan akan menjadi jauh lebih murah. Tetapi pastikan rasanya akan enak, agar tidak mengecewakan tamu yang datang ke pesta pernikahan Anda. Nah, Anda sudah bisa dapat memotong biaya yang tadinya untuk catering. Anggaran pernikahan menjadi lebih murah.

Memikirkan dan Mendiskusikan Biaya Pernikahan Bersama Pasangan

Pasangan yang melaksanakan pernikahan sangat penting untuk merencanakan anggaran resepsi yang akan dikeluarkan. Sehingga, sangat penting bagi pasangan untuk berkomunikasi secara terbuka berapa kemampuan keuangan untuk melaksanakan pesta yang mengundang banyak tamu. Jika tidak bisa melaksanakan resepsi pernikahan yang mahal, maka hematlah biaya tetapi tetap bisa melaksanakannya dengan baik dan mengundang para tamu.

Ketahuilah yang terpenting itu bukan resepsi pernikahan, tetapi masa depan setelah menikah. Ingat biaya yang lebih besar lebih dibutuhkan setelah berkeluarga. Jadi diskusikan semua yang terkait keuangan dari semenjak awal menikah.  Hidup kedepan lebih penting daripada mengeluarkan banyak uang untuk resepsi pernikahan yang cuma satu hari saja. Jadi ketahuilah cara menghemat biaya pernikahan dari sebelumnya.

Artikel menarik lainnya: Tempat Wisata di Kuningan yang Lagi Hits

One thought on “Inilah 3 Cara Menghemat Biaya Pernikahan yang Perlu Diketahui Calon Pengantin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *