Sat. May 25th, 2024
    Cara Cek Pinjol IlegalCara Cek Pinjol Ilegal

    Cara cek pinjol legal dan  ilegal perlu diketahui agar kamu tidak terjebak pinjaman yang merugikan dan bunganya malah berlipat ganda dalam waktu singkat. Pihak Kepolisian juga sedang gencar untuk menindak tegas pinjol ilegal terbukti dengan melakukan beberapa kali penangkapan.

    Kapolri Jendera Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. telah memerintahkan untuk menindak tegas pinjol. Karena terkait tindakan ilegal sangat merugikan masyarakat. Lalu, dilakukan langkah penanganan khusus. Pihak kepolisian melakukan pemberantasan dengan menangkap para pelaku.

    Tindakan tegas diambil, karena jasa pinjol ilegal melakukan penagihan dengan ancaman. Bahkan ada korbannya yang bunuh diri disebabkan bunga yang semakin menumpuk dan tidak mampu membayar. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk berhati-hati serta mengetahui cara membedakan pinkol legal dan illegal.

    4 Cara Cek Pinjol Legal Atau Ilegal

    Mengutip dari Fanpage Divisi Humas Polri, penyelenggara fintech lending atau pinjol di Indonesia, harus mendaftarkan diri di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Langkah tersebut untuk memastikan legalitas penyedia pinjaman online (Pinjol) legal dan masyarakat tidak mudah terjebak pinjol abal abal.

    Perhatikan beberapa cara berikut ini untuk cek pinjol legal atau ilegal:

    1. Cek di Website OJK: Buka laman update untuk mengetahui daftar legalitas fintech di URL http://www.ojk.go.id/…/financial-technology/Default.aspx
    2. WhatsApp OJK: Silakan simpan nomor WhatsApp OJK 081-157-157-157
    3. Telpon 157
    4. Lakukan mengirimkan E-mail OJK: surat elektronik adalah waspadainvestasi@ojk.go.id.

    Jangan sampai terjebak pinjol ilegal yang terbukti telah merugikan bayak orang, apalagi bunganya sangat tinggi. Apabila terlanjut meminjam dan terjadi teror, lakukan beberapa langkah berikut ini:

    1. Lakukan pengumpulan bukti teror dan ancaman Datang ke kantor polisi terdekat
    2. Adukan debt collector dan pinjol ilegal ke situs resmi OJK melalui situs https://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan
    3. Lakukan pembuatan Laporan polisi,jika ancaman dan teror dirasa telah melanggar peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. (Sumber: @ccicpolri).

    Perlu diigat, tetap waspada dan hati-hati melakukan pinjaman online, apalagi sampai mengunduh dan meminjam uang di fintech ilegal. Karena akan diteror dan ancaman dari penagih utang (debt collector) dari pinjaman online ilegal.

    Pihak Kepolisian Telah Menangkap Bos Pinjol Ilegal yang Membuat Nasabah Bunuh Diri

    Pihak Dittipideksus Bareskrim Polri berhasil mengungkap kasus teror pinjol kepada nasabahnya. Orang yang berutang tersebut bahkan menjadi korban bunuh diri yaitu seorang ibu di Wonogiri, Jawa Tengah. Dugaannya perempuan tersebut tidak tahan lagi diteror pihak pinjol.

    Polisi pun menangkap menangkap JS, WNA asal China sebagai pemberi dana Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Solusi Andalan Bersama. Masyarakat pun menanggapi positif langkah kepolisian dan meminta menyikat habis pelakuk.

    Seperti yang diketahui, pinjol ilegal meminjamkan uang dengan bunga pinjaman tinggi. Orang yang tak mampu membayar akan diteror dengan berbagai cara. Identitas peminjam akan disebarkan kepada semua kontak telepon. Sleain itu, akan difitnah, didatangi, sampai tertekan dan stres.

    Tahukah kamu, Polri berhasil menyita uang sebesar Rp20,4 miliar terkait pengungkapan kasus pinjaman online (pinjol) ilegal. Uang tersebut berasal dari JS selaku pendana dari pinjaman online ilegal dengan kedok Koperasi Simpan Pinjam Solusi Andalan Bersama (KSP SAB). Polisi menyita uang tersebut melalui rekening bank atas nama KSP Solusi Andalan Bersama.

    Artikel menarik lainnya: Atlet PON Sukabumi Mendapat Uang Kadeudeuh dari Bupati Marwan Hamami di Hari Sumpah Pemuda

     

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *