Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Tips dan Trik

Bagaimana cara cek sertifikat vaksin? Ayo Ikuti Vaksinasi Segera

Cara cek sertifikat vaksin perlu diketahui karena sering digunakan untuk berbagai aktifitas, seperti menggunakan transportasi kereta api dan masuk mall. Pemerintah sedang menggenjot vaksinasi agar diterima oleh setidaknya 70 persen rakyat Indonesia.

Awalnya, vaksinasi Covid-19 diperuntukkan bagi seluruh tenaga kesahatan, asisten tenaga kesehatan, dan mahasiswa kedokteran yang bekerja di fasilitas kesehatan. Lalu, tahap dua diberikan bagi lansia, pekerja sektor esensial, dan guru.

Setelah itu, vaksin disuntikkan kepada  masyarakat umum dan diupayakan bisa menjangkau seluruh warga negara Indonesia.  Sehingga nantinya terjadi pemerataan vaksinasi dan bisa terbebas dari risiko tertular virus Covid-19. Nah untuk melacak masyarakat yang telah divaksin, pemerintah mengembangkan Aplikasi PeduliLindungi.

Apa itu Aplikasi PeduliLindungi?

Aplikasi PeduliLindungi adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk membantu pemerintah dalam melacak dan menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Cara kerjanya dengan melibatkan partisipasi masyarakat dengan membagikan data lokasinya ketika bepergian. Sehingga, dapat ditelusuri riwayat berpergian dan akan memperoleh notifikasi apabila sedang tempat ramai atau di zona merah.

Setelah aplikasi PeduliLindungi diunduh, maka sistem akan meminta pengguna menyetujui untuk mengaktifkan data lokasi. Sehingga, dapat identifikasi lokasi terkait tempat keramaian dan zona penyebaran COVID-19.

Semakin banyak orang yang menggunakan aplikasi PeduliLindungi bisa membantu pemerintah untuk tracing dan tracking. Tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini akan menjaga kerahasiaan pribadi dan Data disimpan secara aman. Tidak akan dibagikan kepada orang atau pihak lain.

Jadi ada tiga fungsi Aplikasi Peduli Lindungi, sebagai berikut:

  1. Membantu Pelacakan dengan tujuan demi Menghentikan Penyebaran COVID-19.
  2. Membagikan Informasi Zonasi dan Notifikasi lokasi Keramaian.
  3. Pemeriksaan Kesehatan. Jika pengguna bisa membutuhkan bantuan tenaga kesehatan, dapat memakai fitur Teledokter untuk memeriksa kesehatan dan konsultasi dengan tenaga kesehatan.

Cara Cek Sertifikat Vaksinasi di Aplikasi PeduliLindungi

Bagi Anda yang telah divaksinasi, cara mengecek vaksinasi ternyata sangat mudah. Berikut cara mengetahui status sertifikat vaksin secara langsung.

  1. Silakan membuka situs https://pedulilindungi.id/
  2. Isi nama lengkap dan nomor induk kependudukan (NIK) sesuai kolom yang diminta.
  3. Lakukan Centang kolom captcha “I’m not a robot”.
  4. Kemudian, Klik “Periksa” dan status vaksin COVID-19 akan muncul di aplikasi di handphone Anda.

Bagi Anda yang telah divaksin, kaka sertifikat vaksian secara otomatis akan tercantum di sistem. Tetapi bila ada kendala, silakan menunggu 7-10 hari setelah vaksin. Namun, kalau tetap tidak tersedia bisa menghubungi CALL CENTER 119 dengan extension 9, sehingga dapat memperoleh bantuan.

Pemerintah selalu mengingatkan untuk tidak membagikan data atau sertifikat vaksinasi ke publik. Termasuk tidak boleh membagikannya ke media sosial. Karena  data pribadi bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sertifikat vaksin PeduliLindungi juga bisa diperiksa di beberapa plikasi lainnya, seperti Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, DANA, Livin’ by Mandiri, Cinema XXI, LinkAja, JAKI, Shopee, Loket.com, BNI, Mobile, dan MCash. Demikian cara cek sertifikat vaksin yang penting untuk diketahui.

Artikel menarik lainnya: Target Vaksinasi Sukabumi 70 Persen, Pemerintah Daerah Lakukan Langkah ini

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close