Wed. May 15th, 2024
    Tips Negosiasi Gaji dengan Pihak PerusahaanTips Negosiasi Gaji dengan Pihak Perusahaan

    Apakah Anda ingin melamar pekerjaan baru dan ingin memperoleh gaji yang lebih baik, mari ketahui tips negosiasi gaji yang sesuai dengan tugas yang akan dilakukan. Hal itu penting untuk memastikan bahwa upah yang dibayar sesuai dengan beban kerja dan kemampuan yang dimiliki.

    Meski begitu, tidak mudah untuk melakukan negosiasi gaji yang sesuai dengan harapan Anda. Nah berikut cara negosiasi gaji yang mungkin tepat untuk dilakukan bagi Anda para pekerja.

    Ketahui Nilai Gaji Pekerjaan Anda

    Carilah informasi mengenai berapa gaji rata-rata untuk orang-orang dengan pekerjaan yang serupa. Jika memungkinkan, cek dan ricek penghasilan orang-orang ditingkat atasan. Coba pula cari data di internet mengenai pendapatan pada posisi yang diinginkan. Ingat, negosiasi gaji sebaiknya berdasarkan data. Jadi Anda harus mengetahui harga yang pantas untuk kemampuan Anda.

    Gunakan waktu wawancara dengan pihak perusahaan untuk menegaskan kembali nilai dan kemampuan Anda. Berikan contoh-contoh bukti dari pekerjaan masa lalu yang menunjukkan Anda memiliki peran yang signifikan. Fokuslah pada pemenuhan kebutuhan sebagai pekerja.

    Cobalah Realistik Tips Negosiasi Gaji dengan Pihak Perusahaan

    Jangan meminta jumlah yang terlalu tinggi yang membuat Anda terlihat seperti tidak memperhatikan kondisi perusahaan. Tidak apa-apa meminta sedikit lebih dari yang diharapkan, tetapi realistis sesuai kapasitas dan standar gaji yang berlaku. Beri perusahaan ruang untuk menawarkan lebih sedikit, tetapi tetaplah agar tampak tidak terlalu ngotot. Harapan yang diinginkan dan kemampuan negosiasi yang baik memungkinkan kedua belah pihak memutuskan gaji sesuai yang diharapkan.

    Jangan Terlalu Sering Meminta Kenaikan Gaji

    Apabila Anda telah memperoleh kenaikan gaji bersyukurlah. Tetapi jangan meminta kenaikan gaji berikutnya dalam waktu yang terlalu dekat. Bekerja keras dan buktikan bahwa kemampuan Anda sepadan dengan investasi perusahaan. Bukan hal yang aneh untuk memperoleh kenaikan gaji tidak lebih dari setiap dua tahun. Bahkan mungkin lebih lama tergantung pada kinerja perusahaan.

    Tips Negosiasi Gaji dengan Pihak Perusahaan Jangan Takut untuk Bertanya

    Bertanyalah ke pihak perusahaan untuk mendapatkan gaji yang lebih baik. Jangan ragu untuk meminta kenaikan dan harus percaya diri dengan kapasitas Anda. Bisa jadi beban pekerjaan yang dilakoni, malah dibawah gaji yang diperoleh. Maka, jangan sampai rugi dan malah menjadi budak perusahaan.

    Jangan Menyebutkan Detail Gaji Sebelumnya

    Anda harus mengatakan tentang rentang gaji sebelumnya, namun tidak perlu menjelaskan angka secara detail. Sebab perusahaan akan menilai tingkat keterampilan dan kemampuan Anda dari nilai gaji yang sebelumnya. Jadi lebih baik menahan diri menyebut angka penghasilan Anda.

    Tahukah Anda, negosiasi gaji adalah keterampilan yang harus dipelajari. Anda mungkin tidak memperoleh sesuai yang diinginkan atau malah ditawari dengan angka yang lebih rendah. Ketika mengatakan nilai gaji mungkin Anda ragu dan malah takut mengatakannya, namun harus tetap dinyatakan.

    Negosiasi gaji adalah keterampilan yang harus Anda peroleh, sama seperti keterampilan pekerjaan Anda. Karena apa gunanya menjadi terbaik dalam pekerjaan Anda, namun memperoleh bayaran yang rendah.

    Artikel menarik lainnya: Cara Berkomunikasi dengan Pacar Agar Bisa Saling Memahami

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *