Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini
Taman Baca Masyarakat

Anda juga Bisa Seperti Sabumi Volunteer yang Banyak Mendirikan Taman Baca Masyarakat Di Sukabumi

Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini

Hingga saat ini, Kami tetap bersikukuh mendirikan taman baca masyarakat di Sukabumi adalah sebagai salah satu cara ampuh membangun budaya membaca. Pendirian Taman Baca terbukti membuat warga kampung menjamah buku, menariknya tak Cuma anak-anak saja. Orang tua juga perlahan tapi pasti tak sungkan membaca buku di lokasi tempat buku disimpan.

Proses mendirikan Taman Baca Masyarakat di Sukabumi  selalu berdasarkan keinginan warga yang akan menjadi pengelola dan masyarakat sekitarnya. Inisitif warga lokal menjadi kunci akan tetap bertahannya perpustakaan warga lebih lama dan usianya tak sekedar seumur jagung.

Kami dari Sabumi Volunteer ingin berbagi tips mendirikan taman baca yang selama ini telah dilakukan. Bukan untuk membanggakan diri, tetapi kami ingin langkah pendirian perpustakaan warga terus berlanjut, tak berhenti, dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Baca juga : Kamu Bisa Mencegah Pelecehan Seksual di KRL dan Tempat Umum Lainnya Dengan 5 Cara ini

Tips Jitu Mendirikan Taman Baca Masyarakat di Sukabumi, Cobalah Pasti Bisa Dilakukan di Lokasi Lainnya

Tips Pertama, Anda perlu melakukan sosialisasi terhadap semua kalangan masyarakat tentang pentingnya membaca. Libatkan calon pengelola untuk berpartisipasi menjelaskan tujuan rencana pembangunan taman baca masyarakat, terutama bagi anak-anak.

Kami sering menjelaskan kalau pendirian taman baca dapat menjadi penyeimbang dampak negatif dari kemajuan tekhnologi yang semakin canggih saat ini. Tidak lupa, kami meminta kerjasama dengan semua elemen masyarakat untuk terus menanamkan minat baca. Di suatu lingkup lingkungan masyarakat, ada banyak orang yang peduli dan mereka mau membantu karena demi kepentingan dukungan dunia pendidikan anak-anak mereka.

Tips Kedua, mengumpulkan dulu buku-buku yang menarik perhatian buat anak-anak dan masyarakat seperti komik, majalah pertanian, majalah masakan dan buku lainnya. Setelah itu buku dikumpulkan kepada pengelolanya. Ingat, pengelola sebaiknya warga lokal kampung sebagi lokasi taman baca.

Mengumpulkan buku yang menarik dapat membuat anak-anak rajin berkumpul di taman baca. Lambat laun, kalau sudah candu membaca dari buku yang disukai, anak-anak dan masyarakat umumnya akan membaca buku apa saja.

Peluang tersebut menjadi kesempatam bagi para relawan untuk terus mengajak membaca buku jenis lainnya. Anak-anak biasanya mulai membaca buku yang bermanfaat untuk pendidikan mereka.

Tips Ketiga, pendirian taman baca masyarakat membutuhkan tempat untuk menyimpan buku dan sebagai ruang bagi anak-anak dan pengunjung lainnya untuk membaca. Ketika lokasi sudah pasti, taman baca bisa didirikan.

Secara perlahan tapi pasti, anak-anak mapun masyarakat umum mau berkunjung ke tempat tersebut. Untuk mengenalkan taman baca, pengelola perlu mekakukan publikasi sederhana yang bisa menjangkau masyarakat sekitar itu sendiri. Caranya adalah dengan publikasi metode mulut ke mulut. Tips ini sangat jitu dan lebih efektif untuk menyebarkan lokasi taman baca di sekitar tempat tinggal masyarakat.

Untuk mendirikan taman baca, pengelola harus memiliki niat dari diri sendiri untuk membangun taman baca. Menurut kami, modal utama dalam pendirian taman baca adalah niat dibarengi dengan usaha untuk menyediakan buku, alat permainan pendidikan anak, dan sarana pendukung taman baca itu sendiri.

Alasan Kenapa Harus Mendirikan Taman Baca Masyarakat di Lingkungan Tempat Tinggal Anda

Semua berawal dari niat para relawan Sabumi Volunteer ingin mengubah kegiatan anak-anak yang selalu tertuju pada gadget. Menurut kami, gadget menimbulkan dua sisi yang berbeda dampak negatif dan positif. Kalau menurut kami, gadget bisa menimbulkan efek negatif bagi anak-anak. Apalagi di jaman milenial ini jarang diperhatikan oleh orang tuanya.

Selain itu, banyaknya kalangan masyarakat terutama anak-anak yang blum paham akan pentingnya membaca. Menurut kami, menjadi tantangan bagi pegiat literasi untuk terus mengingatkan soal membaca tersebut.

Misalnya, Taman Baca Masyarakat di Sukabumi, masyarakat di sekitarnya menjadi memiliki akses pada buku yang lebih dekat. Mereka yang ingin mencari ilmu pengetahuan baru bisa langsung mencarinya di perpustakaan di tempat tinggal mereka. Tidak semua ilmu diperoleh dari guru.

Baca juga : Pengalaman Berobat Penyakit Asam Urat Menggunakan BPJS Kesehatan

Oleh karena itu, para relawan akan terketuk hatinya untuk membantu masyarakat sekitar khususnya anak-anak. Ketika tidak ada perpustakaan di sekolah, Anda bisa mendirikannya sendiri di lingkungan tempat tinggal anda secara mandiri. Pendirian Taman Baca bisa membuat mendorong minat membaca buku dan masyarakat datang sendiri tanpa disuruh lagi, terutama anak-anak usia sekolah.

Seperti tujuan pendiriannya, Anda bisa merealisasikan budaya membaca di lingkungan Masyarakat. TBM dapat menjadi medium pengembangan minat baca bagi anak-anak berbagai tempat, di pelosok desa maupun daerah perkotaan. Dampak dari Taman Baca dapat membuat Masyarakat keritis, beradab, maju dan mandiri.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close