Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Tahukah kamu

Malu Dong dan Harus Tahu Aturan Menggunakan Lampu Strobo, Kendaraan Situ Kan Bukan Milik kePolisian

Selayaknya pemilik kendaraan pribadi yang menggunakan lampu strobo harus malu, karena menggunakannya dengan melanggar aturan. Pembaca budiman harus tahu kalau lampu nguing-nguing yang sering diiiringi sirine itu harus digunakan sesuai aturannya. Jadi enggak bisa sembarangan, jangan bikin malu sebagai pemilik mobil ya.

Jadi begini, Anda harus tahu kalau lampus trobo ataupun sirine hanya dapat digunakan pada kendaraan yang memperoleh hak utama. Tidak boleh dipasang di kendaraan pribadi.

Aturan Lampu Strobo Cuma Bisa Dipasang Pada Kendaraan Tertentu Seperti Kepolisian, Pemadan kebakaran, Palang Merah dan lain-lain

Sekali lagi kendaraan milik pribadi tidak boleh memasang lampu strobo. Hal itu sesuai dengan aturan Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Nah, ditulisan dalam pasal 59 ayat 3 bahwa lampu isyarat warna merah atau biru serta sirene difungsikan sebagai tanda Kendaraan Bermotor sebagai yang memiliki hak utama.

  • Adapun lampu isyarat warna biru dan sirine hanya digunakan pada kendaraan bermotor petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia. Sedangkan, lampu isyarat warna merah dan sirene dipakai pada kendaraan bermotor, antara lain :
    Tahanan,
  • Pengawalan Tentara Nasional Indonesia,
  • Pemadam kebakaran,
  • Ambulans,
  • Palang merah, Rescue,
  • Jenazah.

Karena sudah ada aturannya, maka bagi para pelanggar bakal dikenakan sanksi sesuai Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Pasal 287 ayat 4. Sanksinya adalah bagi pengemudi kendaraan bermotor tidak berhak menggunakan lampu strobo atau bukan sebagai kendaraan hak utama, dikenakan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Baca juga :

Besok Hari Pertama Sekolah, Sudah Persiapkan Semua ini Belum Ayah dan Bunda?

Inilah Alamat Kantor Imigrasi Sukabumi Bikin Mudah Mengurus Paspor

Tuh kan emang sih dendanya tidak begitu besar, tetapi hal yang harus Anda ketahui bahwa kendaraan pribadi haram menggunakan lampu strobo. Enggak perlu gaya-gayaan dan serasa jalanan milik dirimu saja. Pengguna jalan yang lain toh mengemudikan kendaraan dengan sabar juga.

Sudah banyak loh pengguna lampu strobo ditilang polisi. Kalau pun Anda tetap mamaksa memaksa memasangnya berikut sirine yang bunyinya nguing-nguing itu, jangan bimbang dan ragu Anda bakal berurusan dengan polisi. Waspadalah-waspadalah. Jangan berlaku norak sebagai pengguna jalan raya. Jalan itu bukan milik Anda sendiri.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close