Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Tahukah kamu

Menggunakan Handphone Di SPBU Bikin Meledak? Ini Faktanya!

Selama ini, ketika mengisi bahan bakar kendaraan ada saja orang yang menggunakan handphone di SPBU. Padahal kan ada larangan yang jelas menempel di mesin pengisian BBM, bahaya kan kalau gara-gara HP bikin meledak POM Bensin, bagaimana?

Namun, betulkah penggunaan hanphone mempunyai risiko membuat SPBU bakal meledak? Penjelasan terpentingnya adalah semua yang dilarang di SPBU sebaiknya tidak dilakukan, meski ada saja orang yang melanggar. Seperi memainkan HP, menghidupka mesin, bahkan ada juga yang merokok di kawasan SPBU.

Jangan ditiru karena merugikan Anda sebagai konsumen dan tentu saja orang lain juga.

Fakta Larangan Menggunakan Handphone di SPBU

Apakah Akan timbul ledakan saat menggunakan handphone di SPBU? Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mempunyai penjelasan yang masuk akal. Begini, radiasi elektromagnetik dari handphone sudah tercampur dan terurai dengan komponen diudara, sehingga kemungkinan meledak sangat kecil.

Pernyataan tersebut dari Peneliti utama Electromagnetic Design Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI, Harry Arjadi di Serpong Utara.

Lalu kenapa konsumen dilarang menggunakan telepon genggam saat mengisi bahan bakar di SPBU? Larangan penggunaan telepon genggam untuk melindungi keakuratan takaran mesin elektronik pompa BBM.

Handphone menghasilkan gelombang elektromagnetik yang mempengaruhi kinerja mesin elektrik pompa BBM. Konsumen bakal rugi kalau bahan bakar yang dikeluarkan tidak sesuai dengan jumlah pembelian.

Apabila gelombang terlampau besar, maka kinerja mesin elektrik pompa BBM dapat terganggu karena kesalahan takaran BBM. Misalnya nih ya, mau beli bensin 5 liter dan keluarnya malah 1 liter. Kalau sudah begitu kan, pembeli bahan bakar bakal mengalami kerugian.

Baca juga:

Suasana Setelah Kita Putus, Kamu Takkan Tahu Betapa Hancurnya Hatiku

Pelan Tapi Party Club Motor Pabrikan Jepang Tahun 1975-1985 Mengangkat Wisata Sukabumi Sepi Pengunjung

Sebaliknya kalau jumlah bahan bakar yang keluar lebih banyak, maka pemilik SPBU yang bakal rugi. Biar enggak rugi dari kedua belah pihak, mending enggak dilarang saja kan menggunakan HP. Bikin kesalnya itu, ada orang asyik chatting, enggak sadar antrian dibelakangnya sudah menunggu untuk isi bensin, pertamax atau pertalite.

Maka dari itu, dilarang menggunakan handphone di SPBU. Selain mengganggu takaran pengisian, konsentrasi konsumen yang membeli bahan bakar pun terganggu.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close