Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Tahukah kamu

Jangan Sampai Membeli, Ketahui Ciri-Ciri Ikan Segar Tidak Berformalin

Ikan adalah sumber protein yang mudah diperoleh dan diolah, meski begitu kita harus berhati-hati agar dapat memilih yang segar tidak berformalin.

Apalagi ikan merupakan bahan makanan yang enak sekali dan bisa diolah menjadi beragam jenis makanan. Daging ikan yang segar membuat rasanya gurih dan lembut, sehingga kita dapat puas mengonsumsinya. Berikut adalah ciri-ciri ikan segar yang tidak berformalin.

Ikan Segar Tak Berformalin Mempunyai Mata Menonjol

Ciri Ikan Segar tidak Berformalin
Ciri Ikan Segar tidak Berformalin

Ikan yang tidak berformalin mempunyai mata yang menonjol, pupilnya hitam cerah mengkilat, dan selaput matanya jernih. Warna insangnya merah cerah.

Sedangkan ikan berformalin memiliki bola mata danĀ  pupil yang tenggelam, keruh, serta tampak lendir kuning tebal. Warna insangnya pucat, kusam, agak keputihan.

Sayatan Daging Cerah

Ikan yang segar berciri sayatan dagingnya cerah dengan berwarna kemerahan sepanjang tulang belakang. Isi perutnya pun masih utuh.

Sayatan daging berformalin berwarna pucat kusam dengan isi perut yang tidak utuh. Sehingga, kualitas ikan tampak tidak bagus dipandang mata.

Warna Ikan Tidak Pucat

Permukaan pada tubuh ikan segar pun memiliki warna yang cerah. Kalau permukaan kulit ditekan, akan terasa kondisi tubuh yang elastis. Baukan pun terasa segar.

Sedangkan ikan yang sudah diformalin mempunyai warna permukaan tubuh yang pucat dan kusam. Tekstur permukaan pada ikan keras dan memiliki bau yang asam.

Baca juga :

Memilih Pendidikan Pesantren Bagi Anak Atau Sekolah Umum?

Puisi Tentang Cinta dan Dasar Kau Babi


Ikan Masih Lemas dan Tidak Tegang

Kalau ikan masih segar, tubuhnya umumnya masih lemas dan tidak tegang. Daging ikan terasa masih lembut dan elastis kalau dipegang.

Sedangkan ikan formalin, jika disentuh tubuh ikan akan keras, tegang, dan kaku. Ikan tampak jauh berbeda kondisinya dengan ikan yang masih segar.

Nah, bagi pembaca yang budiman, ingat perhatikan kondisi ikan saat membelinya. Jangan sampai mengonsumi ikan berformalin, apalagi diberikan kepada anak-anak dapat berdampak buruk bagi kesehatannya dalam jangka panjang.

Jika melihat ikan dengan kondisi keras dan berwarna pucat, waspadalah dan jangan sampai membelinya. Jangan-jangan ikan tersebut tidak sehat bagi tubuh.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close